5 Komponen Sistem Iklim dan Interaksinya - Gurugeografi.id
Loading...

5 Komponen Sistem Iklim dan Interaksinya

- 21 November
Loading...
Geografer sebangsa se tanah air, kali ini kita akan sedikit membahas tentang bab meteorologi dan klimatologi ya!. Kalian tentu sudah tahu tentang apa itu iklim?. Iklim adalah suatu keadaan atmosfer dalam jangka waktu lama, biasanya dihitung rata-rata dalam 30 tahun minimal.

Nah sebetulnya apa aja sih yang membangun sistem iklim di Bumi ini?. Mengapa kalau dulu waktu kita kecil, musim sangat jelas dan bisa diprediksi sementara sekarang kayaknya sudah sulit dan banyak anomali-anomali atmosfer. Ada apakah gerangan di sistem iklim bumi kita, adakah yang berubah?

Sistem iklim adalah sebuah sistem kompleks yang terdiri dari 5 komponen utama yaitu atmosfer, hidrosfer, kriosfer, litosfer, biosfer serta interaksi diantara semua komponen tersebut. Sistem iklim berkembang seiring berjalannya waktu dibawah pengaruh dinamika internalnya sendiri dan faktor eksternal seperti erupsi gunung api, variasi panas matahari, hasil antropogenik seperti perubahan atmosfer karena perubahan tata guna lahan.
5 Komponen Sistem Iklim dan Interaksinya
Sistem Iklim Bumi
1. Atmosfer
Merupakan lapisan udara yang merupakan rumah berbagai macam gas dan tempat terjadinya gejala-gejala cuaca dan iklim. Cuaca iklim lebih intens terjadi di troposfer. Lapisan udara bumi melindungi bumi dari ancaman benda asing yang jatuh. Berbagai kejadian seperti angin, hujan, tornado, jetstream terjadi di atmosfer.

2. Hidrosfer
Komponen sistem iklim ini terdiri dari air permukaan dan air bawah tanah seperti lautan, laut, sungai, danau, air bawah tanah, air dalam batang pohon dan lainnya. Air senantiasa mengalami siklus yang teratur dari mulai evaporasi, kondensasi, presipitasi, infiltrasi, run off sampai perkolasi.

3. Biosfer
Biosfer adalah sistem Bumi yang tersusun atas semua ekosistem dan organisme hidup termasuk bahan organik yang mati seperti bangkai, bahan organik tanah dan detritus samudera.

4. Kriosfer
Kriosfer adalah wilayah di permukaan bumi maupun di lautan dimana air berada dalam bentuk padat termasuk es, es danau, es sungai, tutupan salju, gletser, permafrost dan lainnya.
 
5. Litosfer
Litosfer marupakan bagian Bumi yang padat baik benua dan samudera yang tersusun atas batuan kerak dan dingin. Litosfer berasal dari pembekuan magma di lapisan matel bumi. 

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search