Pembahasan OSK Geografi 2019 No 66-70 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 66-70

- 17 November
Loading...
Oke gan gimana masih semangat kan belajar buat OSN nya?. Kali ini langsung bahas lagi soal nomor 66-70 dengan topik materi OSK Geografi seputar geografi ekonomi. Jangan lupa share dan like blognya ya!. Kunjungi channel guru geografi di youtube dan subscribe juga biar update materi terus dari saya.

66.    Pada umumnya negara berkembang (LEDC) memiliki keberlimpahan sumberdaya alam, namun belum dapat dikelola dengan maksimal. Kendala utamanya adalah …
a.    keterbatasan modal yang tersedia
b.    kualitas sumberdaya alam yang tidak begitu baik
c.    kualitas sumberdaya manusia yang masih rendahd.    penguasaan pasar global yang tidak begitu baik
e.    penguasaan teknologi yang masih rendah


Pembahasan:

Negara berkembang bermasalah pada kualitas sumber daya manusia yang skillnya berada di bawah rata-rata negara maju. Oleh sebab itu negara berkembangan hanya bertumpu pada ekspor bahan mentah yang bernilai jual rendah. Negara maju lebih kepada ekspor bahan jadi sudah ada pertambahan nilai dari produk mentah sehingga cepat kaya. Gitu son!

67.    “Setiap pergerakan di dalam ruang selalu menghadapi hambatan atau tahanan, karena itu pergerakan dalam ruang memerlukan pengorbanan berupa biaya”. Filosofi itu oleh para ahli pembangunan disebut …
a.    Land rent
b.    Location rent
c.    Movement cost
d.    Richardian rent
e.    Transportation cost

 
Pembahasan:

Kata kunci di soal adalah pergerakan dalam ruang, tentu ini dinamakan transportasi ya bro!. Biaya transportasi tidak bisa dihilangkan dalam faktor produksi.

68.    Pola dan aktivitas perdagangan yang didominasi oleh industri di wilayah yang lebih maju (core) menyebabkan daerah pinggiran (periphery) sulit untuk mengembangkan pasar bagi hasil-hasil industrinya. Hal tersebut menciptakan fenomena …
a.    backwash effect
b.    brain drain
c.    capital out flow
d.    spread effect
e.    trickle down effect


Pembahasan:
Back wash effect adalah efek pencucian wilayah belakang oleh wilayah inti. Konsep ini dikemukakan Myrdal. Suatu daerah yang tumbuh pesat akan menyedot sumber daya disekitarnya (modal, pekerja, bahan mentah) dan lainnya sehingga daerah pinggiran cenderung sulit bersaing dengan wilayah inti.

69.    Perhatikan gambar di bawah ini!


Salah satu indikator yang dapat digunakan dalam mengukur tingkat pembangunan suatu negara adalah …
a.    daya beli masyarakat
b.    jumlah jam kerja
c.    jumlah restoran cepat saji
d.    pendapatan/gaji/upah
e.    selera konsumsi masyarakat



Pembahasan:

Dimana coba kata kuncinya?. Itu lihat istilah "working time needed to buy a Big Mac". Artinya data diatas menunjukan jumlah jam kerja yang diperlukan di tiap negara untuk membeli sebuah Burger Big Mac, gitu bro. Jadi ya artinya daya beli masyarakat yang diukur. Jadi banyak baca kamus bahasa Inggris aja ya, biar ga shock lihat kaya ginian lagi di soal OSK nanti.

70.    Formulasi sebab-sebab bertambah buruknya ketimpangan perkembangan ekonomi antar wilayah dikemukakan oleh …
a.    Christaller
b.    Gunnar Myrdal
c.    Losch
d.    Von Thunen
e.    Weber


Pembahasan:
Nah itu nyambung dengan soal sebelumnya, yaitu tentang teori backwash effect yang dikemukakan oleh Myrdal. Profesor Gunnar Myrdal berpendapat bahwa pembangunan ekonomi menghasilkan suatu proses sebab-menyebab sirkuler yang membuat si kaya mendapat keuntungan semakin banyak, dan mereka tertinggal di belakang menjadi semakin terhambat.

Dampak Balik (Backwach Effect) cenderung lebih meluas dan Dampak Sebar (Spread Effect) cenderung mengecil. Secara kumulatif kecenderungan ini semakin memperburuk ketimpangan internasional dan menyebabkan ketimpangan regional di antara negara-negara terbelakang. Lanjut>>>>Soal 71-75

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search