Pembahasan OSK Geografi 2019 No 61-65 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 61-65

- 17 November
Loading...
Oke gan kita lanjut lagi untuk bahas soal OSK Geografi yang semakins seru aj nih materinya. Jadi pastikan untuk like, follow blognya dan share ke teman-teman lainnya ya. Kunjungi channel guru geografi di youtube juga dan subscribe.

61.    Konsepsi yang harus dipahami, dihayati, dan diterapkan agar NKRI dapat berperan dan bertahan sebagai suatu kekuatan ekonomi adalah …
a.    Wawasan Budaya Pancasila
b.    Kawasan Ekonomi Khusus
c.    Kawasan Konservasi Ekonomi
d.    Wawasan Nusantara
e.    Wawasan Ekopoleksosbud


Pembahasan:

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

62.    Organisasi Negara-negara yang berhasil melakukan embargo minyak pada tahun 1973 adalah …
a.    OKI
b.    APEC
c.    ILO
d.    ICA
e.    OPEC

 
Pembahasan:

OPEC singkatan dari The Organization of the Petroleum Exporting Countries. Krisis minyak 1973 terjadi pada 15 Oktober 1973 hinga 1975. Naiknya harga minyak yang ditetapkan oleh OPEC dan tingginya biaya yang dikeluarkan AS pada Perang Vietnam  menyebabkan terjadinya stagflasi di Amerika Serikat. Anggota OPEC sepakat untuk menggunakan pengaruh mereka atas dunia-harga minyak untuk pengaturan mekanisme untuk menstabilkan pendapatan bagi mereka dengan meningkatkan harga minyak dunia. Embargo adalah pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara.

63.    Karakteristik teori lokasi industri adalah upaya mempertimbangkan berbagai faktor untuk keberhasilan industri. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut, kecuali …
a.    bahan baku
b.    tenaga kerja
c.    bahan bakar
d.    pemerintahan
e.    teknologi


Pembahasan:

Prinsip teori loakasi industri Weber adalah bahwa penentuan lokasi industri ditempatkan di tempat-tempat yang resiko biaya atau biayanya paling murah atau minimal (least cost location) yaitu tempat dimana total biaya transportasi dan tenaga kerja di mana penjumlahan keduanya minimum, tempat dimana total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimum yang cenderung identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum. 

Pemerintahan tidak termasuk dalam faktor lokasi industri, yang masuk adalah perangkat hukum.


64.    Teori lokasi untuk penetapan hierarki pusat-pusat permukiman yang dikenal dengan istilah
Central Place Theory dikembangkan oleh …
a.    Von Thunen
b.    Christaller
c.    Weber
d.    Losch
e.    Isaard


Pembahasan:

Udah jelas ya Teori Tempat Sentral dikemukakan oleh Walter Christaller dimana Menurut Christaller, kota sentral merupakan pusat bagi daerah sekitarnya yang menjadi penghubung perdagangan dengan wilayah lain. Selanjutnya, Christaller menyebutkannya sebagai tempat sentral karena tempat yang sentral tersebut tidaklah semata-mata hanya bergantung kepada aspek permukiman penduduk.

Dalam teori in digambarkan bahwa tempat sentral merupakan suatu titik simpul dari suatu bentuk heksagonal atau segienam. Daerah segienam ini merupakan wilayah-wilayah yang penduduknya mampu terlayani oleh tempat yang sentral tersebut. Ada 3 tingkatan hierarki toeri tempat sentral yaitu K3, K4 dan K7.


K3 disebuh pasar optimum, K4 disebut lalu lintas optimum, K7 disebut pusat administrasi optimum.
Teori Tempat Sentarl
65.    Model pemasaran internasional-global yang paling tua, paling banyak dilaksanakan adalah …
a.    produksi di negara tujuan
b.    licensing
c.    ekspor-impor
d.    franchising
e.    international corporation


Pembahasan:
Ini adalah bentuk kerjasama ekonomi antar negara, dan yang paling banyak dilakukan tentu adalah ekspor impor yang merupakan barter barang antar negara. Komoditas antara negara berbeda-beda sehingga muncul perdagangan karena adanya permintaan dan penawaran. Lanjut>>>Soal 66-70

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search