Pembahasan OSK Geografi 2019 No 51-55 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 51-55

- 14 November
Loading...
Halo gan kita akan coba untuk bahas lagi soal ok geografi 2019 ya. Kali ini kita akan bahas nomor 51-55. Jangan lupa like dan share blognya ke teman-teman. Kunjungi juga channel guru geografi di youtube dan subscribe.

51.    Perkotaan di masa depan akan menampung persentase jumlah penduduk yang semakin meningkat. Hal ini akan menghasilkan beberapa kecenderungan perkembangan kota yang salah satunya merupakan trend negatif, yaitu …
a.    Kota akan menjadi pusat perdagangan, keuangan, dan teknologi.
b.    Kota akan menjadi pusat konflik antar ras dan golongan.
c.    Kota akan menjadikan berkembangnya komunitas ketetanggaan yang memiliki identitas tertentu.
d.    Kota akan menjadi kawasan yang menjaga kelestarian lingkungan yang seimbang.
e.    Kota akan menjadi kota tempat berwisata dan menghabiskan hari tua.


Pembahasan:
Soal ini nampaknya agak mudah ya gan. Kota kalau makin banyak penduduknya maka akan memicu konflik akibat heterogenitasi penduduknya. Di Jakarta saja pernah terjadi konflik antara orang Ambon dan Betawi, iya kan?. Nah jadi memang sudah tidak bisa dihindari kalau kota semakin pesat populasinya.

52.    Urbanisasi merupakan konsekuensi dari strategi pembangunan kota terutama yang didasarkan pada strategi …
a.    Agropolitan
b.    Growth Pole – Growth Center
c.    Rural Development
d.    Special Economic Zone
e.    Green Belt City


Pembahasan:

Growth pole atau kutub pertumbuhan merupakan konsep ekonomi sementara growth center atau pusat pertumbuhan adalah konsep keruangan. Keduanya dikemukakan oleh Francois Perroux berdasarkan hasil pengamata perkembangan kota dan industri di Eropa. Baik kutub pertumbuhan dan pusat pertumbuhan tentu akan menarik wilayah sekitarnya karena hadirnya industri dan lapangan kerja. Jadi ini memicu urbanisasi ya gan!. Paham kan?.

53.    Kota-kota di dunia yang masih mengalami dual-identity adalah …
a.    Kota-kota di Asia Tenggara
b.    Kota-kota besar di Amerika Serikat dan Kanada
c.    Kota-kota kecil di Amerika
d.    Kota-kota di Jepang
e.    Kota-kota di Eropa


Kunci:
Identitas ganda atua dual identity  didefinisikan sebagai identifikasi atas seseorang baik dalam kelompok etnokultural minoritasnya maupun masyarakat tempat ia bermukim. Sepertinya berhubungan dengan isu rasisme, hal ini banyak terjadi kota-kota Asia Tenggara.

54.    Kasus matinya kota (the death of city) akibat ketergantungan kehidupan kota pada suatu industri tertentu dapat ditemui di kota …
a.    New York
b.    Detroit
c.    London
d.    Calcutta
e.    Bangkok



Kunci:

Kota Detroit, Michigan, menyatakan bangkrut dan meminta perlindungan kebangkrutan pada tanggal 18 Juli 2013. Ini merupakan kebangkrutan kotamadya terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, mengalahkan Stockton, California. Utang Detroit diperkirakan berkisar antara $18-$20 miliar. Hal ini karena Detroit hanya mengandalkan pemasukan dari industri otomotif, jadi pada saat terjadi resesi tidak ada backup income lainnya.
Kota mati Detroit
55.    Peremajaan kota perlu diartikan sebagai revitalisasi permukiman perkotaan sehingga penduduk kota dapat hidup semakin nyaman sesuai dengan perkembangan jaman. Pendekatan manakah yang paling tidak sesuai untuk merealisasikan hal diatas?
a.    Smart City
b.    Green City
c.    Crime City
d.    Environment Friendly City
e.    Cooperative City


Kunci:
Kata "crime" itu kan artinya kriminal bos, jadi udah pasti itu jawabannya. Masa mau jadiin kota kriminalitas, gaje banget deh!. Lanjut>>>Soal 56-60

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search