Pembahasan OSK Geografi 2019 No 41-45 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 41-45

- 14 November
Loading...
Oke gan lanjut lagi ya gw akan bahas soal OSK Geografi nomor 41-45 nih. Jangan lupa like, share blognya dan kunjungi juga channel guru geografi di youtube biar update terus materi geografi dari saya. Semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan sukses OSN nya.

41.    Salah satu faktor penyebab pemanasan global adalah meningkatkan kadar gas rumah kaca di atmosfer. Gas manakah di bawah ini yang bukan merupakan gas rumah kaca?
a.    Uap air (H2O)
b.    Argon (Ar)
c.    Karbon dioksida (CO2)
d.    Metana (CH4)
e.    Ozon (O3)
 

Pembahasan:
Gas rumah kaca adalah gas-gas yang ada di atmosfer yang bisa menyebabkan efek rumah kaca. Gas-gas tersebut sebenarnya muncul secara alami di lingkungan, tetapi dapat juga timbul akibat aktivitas manusia seperti pabrik, rokok, knalpot. Gas rumah kaca yang paling banyak adalah uap air yang mencapai atmosfer akibat penguapan air dari laut, danau dan sungai. Daftar gas rumah kaca ada di tabel di bawah.

List gas rumah kaca di atmosfer
42.    Salah satu upaya untuk pembangunan berkelanjutan adalah membangun sumber pembangkit listrik yang berbasiskan energi terbarukan. Dari sumber energi terbarukan yang tersedia di bawah ini, manakah yang paling besar kemungkinannya untuk diimplementasikan di Indonesia?
a.    panas bumi
b.    gelombang laut
c.    angin
d.    arus laut
e.    bahan bakar bio (biofuel)


Pembahasan:
Kayaknya mudah dianalisa, karena Indonesia itu daerah Ring of Fire alias berada di batas subduksi lempeng dan banyak gunung api. Maka tentunya energi geotermal atau panas bumi cocok diimplementasikan di Indonesia dan paling besar potensi pengembangannya. Iya ora son?

43.    Implementasi pembangunan berkelanjutan melibatkan tiga aspek, yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi dengan tujuan perlindungan lingkungan, kesejahteraan sosial, dan peningkatan ekonomi seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh implementasi kebijakan pembangunan Tol Laut di Indonesia yang berwawasan lingkungan adalah …
a.    Pembangunan pelabuhan di kota-kota besar pesisir di Indonesia.
b.    Pembangunan pelabuhan dengan memperhatikan faktor AMDAL.
c.    Pengembangan infrastruktur jalur pelayaran dengan memperbanyak jalur pelayaran antar pulau di Indonesia tanpa melalui daerah tangkapan ikan.
d.    Penambahan armada kapal untuk meningkatkan kapasitas angkut barang antar pulau.
e.    Pengembangan infrastruktur dan peningkatan promosi pariwisata laut di seluruh wilayah Indonesia.


Pembahasan:
Kata kunci di soal adalah pembangunan berwawasan lingkungan, maka cari aja pilihan yang terkait konsep pembangunan berkelanjutan yaitu terkait AMDAL. Jadi kita bangun pelabuhan harus memiliki AMDAL dulu jangan sampai nanti ada potensi kerusakan lingkungan setelah pelabuhan terbangun.

44.    Pola pertanian subsisten yang dikomersialkan dan masih banyak dilaksanakan di kawasan Asia Tenggara adalah …
a.    persawahan
b.    ladang berpindah
c.    tegalan
d.    peternakan
e.    perkebunan


Pembahasan:
Pertanian subsisten atua subsitence farming adalah pertanian untuk konsumsi rumah tangga sendiri. Pastinya pola pertanian yang umum dilakukan di wilayah Asia Tenggara adalah pesawahan ya guys. Coba aja kamu pulang ke desa kan pastinya sawah-sawah terhampar luas dimana-mana.

45.    Dalam produksi tanaman, esensi geografi pertanian mencakup proses …
a.    mulai dari mengolah tanah sampai hasil dipanen
b.    mulai benih tanaman disebar sampai menjadi hasil yang siap dijual
c.    mulai dari membeli tanah hingga hasil siap dijual
d.    mulai dari menyediakan lahan pertanian hingga hasil dipanen
e.    mulai dari fase tumbuh tanaman hingga hasil siap dijual


Pembahasan:
Geografi pertanian adalah kombinasi antara faktor fisik dan sosial. Saya kurang paham untuk soal ini, belum menemukan literasi yang mengarah pada jawaban e. Silahkan adik-adik cari dulu sendiri nanti bisa diskusikan di komen. Lanjut>>>Soal 46-50

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search