Pembahasan OSK Geografi 2019 No 36-40 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 36-40

- 13 November
Loading...
Halo gan lanjut lagi yuk kita bahas soal OSK Geografi 2019 no 36-40. Jangan bosan untuk share blognya dan follow fanspagenya biar update terus materi geografi. Ajak teman-teman untuk diskusi bareng biar lebih seru belajarnya.

36.    Tipe pencemaran lingkungan dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis pencemarnya, yaitu pencemar biologi, kimia dan fisik. Contoh pencemar biologi adalah:
a.    pupuk
b.    deterjen
c.    sampah plastik
d.    bakteri berbahaya
e.    sedimen tersuspensi

Pembahasan:
Pencemar biologi pastinya yang berkaitan dengan mahluk hidup contohnya bakteri berbahaya. Pencemar fisik berasal dari bahan-bahan alami seperti sedimen lumpur, pencemar kimia berasal dari limbah pabrik atau rumah tangga misalnya.

37.    Aliran energi dan materi yang terjadi pada interaksi di sebuah ekosistem terjadi melalui rantai dan jaring makanan. Perbedaan paling utama dalam proses aliran energi dan materi tersebut adalah …
a.    Energi mengalir dari konsumen ke produsen sementara materi mengalir dari produsen ke konsumen.
b.    Materi mengalir dalam bentuk siklus (tidak ada yang hilang dalam rantai makanan), sementara energi dapat hilang dalam alirannya.
c.    Energi awal yang diproduksi oleh produsen dalam rantai makanan berasal dari pengurai, sementara materi berasal dari matahari.
d.    Seluruh energi akan sampai ke dekomposer sementara hanya sebagian materi yang akan sampai ke pengurai.
e.    Sebagian materi akan keluar atau terbuang dari suatu jaring makanan, sementara tidak ada energi yang akan terbuang dalam jaring makanan tersebut.

Pembahasan:
Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat berubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka energi matahari yang telah digunakan oleh makhluk hidup tidak akan kembali ke matahari lagi, tetapi akan lepas ke alam bebas karena peristiwa radiasi dan tidak dapat dimanfaatkan oleh kehidupan. Peristiwa perpindahan energi dalam ekosistem disebut aliran energi, dan karena perpindahan energi hanya satu arah saja, maka pada energi tidak ada siklus energi. Cek diagramnya dibawah.
Aliran energi dan materi
 38.    Pada siklus karbon, baik atmosfer, hidrosfer, litosfer, maupun biosfer merupakan media penyimpan karbon. Proses yang dapat menyebabkan karbon yang tersimpan di atmosfer terpindahkan ke biosfer adalah …
a.    penebangan hutan
b.    pembakaran bahan bakar fosil
c.    hujan
d.    fotosintesis
e.    proses pernafasan pada manusia dan binatang

Pembahasan:
Ketika matahari bersinar, vegetasi melakukan fotosintesis untuk mengubah karbon dioksida menjadi gula atau karbohidreat dan melepas oksigen ke atmosfer. Proses ini akan lebih banyak menyerap karbon pada hutan dengan tumbuhan yang baru saja tumbuh atau hutan yang sedang mengalami pertumbuhan yang cepat.

39.    Baku Mutu Udara Emisi adalah batas kadar yang diperbolehkan bagi zat atau bahan pencemar untuk dikeluarkan dari sumber pencemar ke udara, sehingga tidak mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien. Berikut adalah zat atau bahan pencemar yang diatur kadarnya, kecuali

a.    Oksigen (O2)
b.    Karbon monoksida (CO)
c.    Nitrogen dioksida (NO2)
d.    Sulfur dioksida (SO2)
e.    Timbal (Pb)

Pembahasan:
Oksigen itu bukan zat pencemar ya gan, jadi udah pasti gak masalah bagi lingkungan.

40.    Adanya konversi lahan dari ekosistem mangrove menjadi lahan tambak dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan kerugian antara lain, kecuali …
a.    meningkatnya erosi pantai
b.    berkurangnya penyerapan karbon di atmosfer
c.    tidak adanya tempat pemijahan ikan secara alami
d.    tidak adanya sabuk hijau peredam gelombang tinggi dan tsunami
e.    meningkatnya banjir pada saat musim hujan

Pembahasan:
Mangrove atau baku secara ekologi berfungsi menahan laju aliran air. Jadi jika mangrove dikonversi maka tidak ada lagi tanggul alami untuk menahan aliran banjir saat musim hujan. Lanjut>>>No 41-45

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search