Pidato Idul Adha 2020 Keutamaan Qurban di Masa Pandemi Covid-19

Berikut ini contoh pidato singkat idul adha 2020 tentang keutamaan berbagi di tengah pandemi COVID-19. Perayaan idul adha tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandmei Covid membuat ibadah haji dibatalkan atau ditunda demi keamanan bersama. Haji hanya diperbolehkan untuk penduduk lokal Saudi dan ekspat yang sudah lama menetap disana. Semoga kita diberikan kesabaran dalam cobaan ini dan yakinlah Allah akan memberikan yang terbaik buat umatnya.

Assalamualaikum wr.wb.

Hadirin jamaah idul adha yang berbahagia
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena hari ini kita masih bisa merayakan idul Adha di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, negeri kita tercinta. Sholawat serta salam marilah senantiasa kita panjatkan kepada junjunan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat dan tabiin yang telah membawa kita dari jaman jahilyah ke jaman penuh kecerahan dalam bingkai Islam.

Hadirin jamaah idul adha yang berbahagia
Hari ini kita merayakan hari Idul Adha di bulan Dzulhijah atau haji. Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini jamaan haji dunia khususnya Indonesia tidak bisa menunaikan ibadah haji seperti biasanya karena pandemi Covid-19. Pemerintah Saudi Arabia memutuskan untuk menutup ibadah haji dari negara luar karena pandemi Covid yang belum kunjung reda.

Tentu ada kesedihan dibalik tertundanya jamaah haji kita berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci. Akan tetapi dibalik semua itu selalu ada hikmah dan tidak ada suatu takdir terjadi tanpa adanya campur tangan Allah SWT. Yakinlah semua yang ditakdirkan Allah SWT adalah yang terbaik bagi manusia.
Contoh pidato idul adha singkat 2020
Hadirin jamaah idul adha yang berbagia
Ibadah haji merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam bagi yang mampu dan sehat secara jasmani dan rohani sebagaimana Allah sebutkan dalam QS. Al Imran 97

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًاوَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ ۗ 
"Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam."

Semoga kita semua diberikan kemudahan oleh Allah untuk bisa menjalankan ibadah haji di masa yang akan datang. Selain ibadah haji di bulan Dzulhijah ini tepatnya tanggal 10 Allah memerintahkan kita untuk menyembelih hewan kurban agar kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memupuk sifat dermawan dan berbagi kepada sesama. Terlebih di masa pandemi Covid tahun ini, sebagian besar masyarakat khususnya yang kurang mampu tentu terkena dampak signifikan dari wabah penyakit ini. Jadikanlah pandemi Covid 19 ini sebagai penyemangat kita untuk lebih sering berbagi, bersedekah kepada sesama umat. Karena sedekah merupakan salah satu amalan yang tidak akan putus sampai dengan yaumil akhir nanti. Insaallah sedekah Qurban kita akan memberikan syafaat di hari pembalasan kelak.

Disinilah peran Qurban diperlukan sebagain sarana berbagi manfaat, berbagi kasih kepada sesama manusia. Allah SWT berfirman dalam QS. Al Hajj ayat 37

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَاهَدٰىكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ 

"Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demi-kianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik."

Hadirin jamaah idul adha yang berbagia
Demikianlah sambutan idul adha kali ini, mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi diri pribadi dan umat muslim pada umumnya. Jadikanlah hari raya Qurban kali ini sebagai momentum mempererat tali persaudaraan sesama umat di Indonesia. 

Wassalamualaikum wr. wb.