Harga Sewa Kontrakan Rumah Cluster di Bekasi

Memiliki rumah tentunya merupakan idaman kaum milenial saat ini, namun semakin hari harga rumah semakin meroket tajam dan tidak sebanding dengan kenaikan gaji karyawan kelas menengah ke bawah. Alhasil kita jadi juragan kontraktor alias ngontrak rumah.

Kali ini saya akan berikan sedikit pengalaman pindah-pindah kontrakan rumah selama menjadi urbaner di kota Bekasi. Saya pertamakali mendarat di Bekasi pada tahun 2016 setelah pindah dari Banjarmasin. Pertamakali ke Bekasi dulu masih sendiri jadi nyari kontrakan untuk sendiri alias bujang.

Saya dapat kontrakan bagus di daerah Galaxy dengan harga 750.000 rupiah dengan fasilitas WC di dalam dan sudah ada meja kerja dan lemari. Harga segitu masih cukup ok dan bisa dicover dengan gaji saya dulu. Untuk masak disedikan dapur di bagian belakang kontrakan. Lokasi kontrakan sangat dekat dengan Kalimalang dan akses ke Jakarta, sehingga strategis untuk mobilitas.

Kurang lebih saya ngontrak di daerah tersebut 1 tahunan karena isteri dan anak mau di bawa ke Bekasi. Karena bawa isteri dan anak otomatis pasti tidak akan bisa ngontrak kamar aja, jadi saya cari kontrakan rumah. Setelah mencari-cari keliling sekitaran sekolah tempat saya ngajar, akhirnya dapat kontrakan cluster dengan ahrga cukup ok karena yang punya adalah pemilik sekolah juga.

Jadi cluster ini pada dasarnya dijual tapi karena belum semua laku maka sisanya dikontrakkan. Biaya kontrak rumah claster 9 juta per tahun saat itu. Sangat murah untuk ukuran cluster rumah dengan dua kamar tidur, 1 WC dan dapur. Untuk biaya lain di luar kontrakan adalah listrik, air dipasang pompa air dan tandon.

Seiring berjalannya waktu dan perpindahan manajemen perumahan, akhirnya harga kontrakan naik jadi 10 juta per tahun dan tahun selanjutnya 11 juta per tahun. Pembayaran kontrakan bisa dicicil 6 bulan sekali. Beginilah nasih kontraktor, harga bisa berubah-rubah tiap tahun mengikuti inflasi meski kenaikan gaji tidak seberapa.

Di awal tahun 2020 saya dan keluarga memutuskan untuk pindah kontrakan lagi. Kali ini saya mencari lokasi yang dekat dengan sekolah isteri ngajar dan sekolah anak. Hal ini untuk mengurangi biaya ojek dari rumah dulu ke sekolah anak yang saat ini bisa menjacapi 1 jutaan per bulan. Dengan cost transportasi seperti itu tentu sangat menguras dan kasihan isteri harus naik ojek terus. Belum lagi tarif ojek online yang semakin naik terus, beda dengan beberapa tahun lalu yang masih banyak promo, saat ini harga sudah menggila.
Kontrakan Cluster Murah di Bekasi
Jadi saya putuskan untuk memindahkan alokasi dana transportasi ke kontrakan baru, biar mahal tapi asal dekat ke sekolah isteri dan anak. Nantinya tinggal jalan kaki saja kesana. Saya lalu keliling-keliling lagi di sekitaran sekolah dan alhamdulillah dapat cluster kontrakan yang baru dengan harga per tahun 19 jutaan tapi bayarnya bisa per bulan (1,6 juta) belum listrik dan air. Wow banget kan, tapi berhubung rumahnya bagus dan lokasi dekat sekolahan anak jadi tinggal jalan kaki saja.

Saya langsung DP rumah dan besoknya pindahan barang dua kali bolak-balik angkut. Bila ditotal biaya sewa cluster ditambah listrik dan air bisa mencapai 2 jutaan per bulan. Perbandingan dengan biaya kontrak sebelumnya 1 juta + ongkos ojek 1 jutaan per bulan jadi sama saja sebenarnya. Untuk kontrakan tipe petakan sebenarnya ada di bagian belakang dengan harga 850 ribu tapi ukurannya kecil untuk satu keluarga dengan 2 orang anak.

Ya begitulah cerita saya pindah-pindah kontrakan di Bekasi. Kenapa tidak beli rumah KPR?. Saat ini harga rumah semakin melangit dan untuk ukuran saya, ngambil KPR masih belum bisa tertutupi oleh gaji bulanan. Selain itu lokasi perumahan baru di Bekasi sudah mulai menyebar di pinggiran dan jauh dari tempat kerja, ini akan menambah ongkos dan tentunya stamina. Jadi saya putuskan untuk tetap ngontrak saja. Itulah sedikit cerita kaum urban yang pindah-pindah kontrakan di Bekasi. Semoga kalian bisa mendapatkan rezeki untuk beli rumah cash karena nyicil itu berat bos.

Pertimbangan memilih kontrakan bisa bermacam-macam ada faktor lokasi, faktor harga, luas rumah sampai kondisi air, transportasi dan lainnya. Silahkan ukur sesuai kemampuan dan minat masng-masing karena kebutuhan setiap individu berbeda-beda.
Kontrakan cluster di Bekasi
Faktor memilih kontrakan di kota Bekasi dan sekitarnya
1. Lokasi
Faktor lokasi adalah salah satu faktor utama dalam memilih kontrakan. Lokasi yang dekat dengan tempat kerja adalah salah satu pertimbangan masuk akal bagi kaum urban sehingga tidak terlalu mengurasi ongkos transport. Selain itu lokasi kontrakan yang dekat jalan raya atau pusat keramaian akan memudahkan urbaner untuk membeli kebutuhan mulai dari makan minum dan hal lainnya.

2. Harga
Harga kontrakan rumah tentunay bervariasi tiap daerah. Semakin strategis atau semakin luas rumah maka sudah pasti harga akan semakin tinggi. Selain itu jika fasilitas kontrakan semakin lengkap maka harga akan menyesuaikan juga. Usahkan biaya kontrakan maksimal 20% dari total gaji anda. Jangan sampai lebih karena akan merusak pos anggaran kebutuhan lainnya.

3. Air
Nah ini juga faktor utama dan penting dalam memilih kontrakan yaitu sumber air. Ada kontrakan yang pakai air sumur ada juga yang PDAM atau meteran lain. Silahkan atur-atur sesuai budget, saya sendiri lebih memilih kontrakan yang airnya bayar tapi bersih. Pengalaman pernah pakai pompa air tapi kualitas air keruh dan kadang bau sehingga bisa menggangu kesehatan.

4. Kebersihan dan Keamanan
Agar hidup kita nyaman di kota besar tentu kondisi kebersihan dan keamanan kontrakan juga perlu disurvei terlebih dahulu. Saya pernah ngontrak di daerah yang tetangga depan saya pernah kehilangan motor dan banyak kasus pencurian lainnya. Tentu hal ini mengundang ketidaknyamanan bagi penghuninya. Silahkan cek ricek dengan cermat lokasi sebelum memutuskan pindah kontrakan.

Selamat berjuang untuk hidup dan beribadah. Allah senang melihat hambanya bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga. Jika kalian kesulitan cari kontrakan di Bekasi dan sekitarnya bisa melihat situs-situs penyedian info kontrakan yang sudah mulai banyak di internet.