Virus Upgrade Part Sepeda Racuni Bikers Pemula

Halo sobat semuanya apa kabarnya nih, ditengah pandmei Covid-19 nampaknya kaum bani pedal semakin mewabah di Indonesia. Terbukti di berita-berita medsos, toko sepeda diserbu oleh para bikers bahkan ada yang rela nunggu 2 jam sebelum toko sepeda bukan karena takut gak kebagian.

Mengapa sekarang toko sepeda laku?. Penyebabnya udah pasti karena covid-19 membuat sarana transportasi terbatas jadi masyarakat kembali beralih menggunakan sepeda untuk mobilitas. Selain itu faktor kesehatan juga menjadi salah satu hal utama di balik meningkatnya kaum bani pedal.

Sekarang ini jalanan udah penuh oleh pesepeda dan tentunya toko sepeda, bengkel sepeda laris manis. Omset toko sepeda naik hingga 100% dan antrian reparasi bengkel sepeda pun semakin mengular. Bersepeda bagi kaum urban kini menjadi trend, entah sampai kapan yang jelas tentunya hal ini baik selama bersepda dilakukan dengan cara yang benar dan tidak mngundang celaka orang lain, karena di beberapa medsos banyak juga biker newbie yang gaya-gayaan dijalan raya dan akhirnya nyelakain orang lain.

Saat ini jenis sepeda yang sedang ngetrend di kota adalah sepeda lipat alias seli. Dulunya sepeda ini dipakai anak-anak tapi sekarang karena fleksibilitasnya di perkotaan maka digunakan dewasa dan pekerja kantoran. Harga sepeda seli ikut-ikutan melambung pula. Standar harga sepeda seli kualitas menengah ada di angka 4-6 jutaan, cek aja di toko online untuk perbandingannya.
Upgrade part sepeda MTB
Nah kali ini balik ke judul, saya akan bahas tentang virus upgrade, he. Maksudnya apa sih?. Ini gan jadi lu kalau beli sepeda terus biasanya bikin komunitas atau masuk komunitas maka akan lihat sepda orang lain part nya beda dan udah diganti. Lama-kelamaan lu pada pasti ngiler kan, jadilah kena racun upgrade, beli parts sana-sini, iya ga?. he. Termasuk saya juga, tapi saya memang lagi butuh bukan ikut-ikutan sih.

Jadi beruntung sekali saya beli sepeda tahun lalu Polygon Cascade 3. Harganya masih dibawah 4 juta, sekarang udah naik bos. Sebenarnya saya punya Xtrada generasi pertama tahun 2001 (the legend), tapi karena di kampung malas bawanya ke kota jadi beli lagi aja, yang dulu dipakai sama orang tua aja.

Upgrade sepeda pada dasarnya bisa macam-macam mulai dari stang, ban, pedal, crank dan lainnya. Harga part upgrade yang kualitas baik cukup menguras dompet. Saya pun hanya upgrade crank depan saja, karena crank yang orisinal agak berat dan da beberapa gearnya patah, selain itu saya nambah tas di depan untuk masukin dompet dan hp aja. Dua part itu udah habis 500 rebuan.

Banyak motif upgrade sepeda mulai dari gengsi, nafsu dan keperluan. Bagi kalian yang hobi ngoprek sepeda khususnya pemulai saran saya sebelum membeli sepeda coba compare dulu. Kalau mau upgrade maka cari sepeda yang gak terlalu menguras kantong misalnya. Atau kalau lu orang tajir maka langsung beli yang puluhan juta aja, pasti partnya nomor wahid tuh.

Jadi komponen sepeda pada dasarnya sudah didesain sesuai kebutuhan harian pesepeda, gak diupgrade pun untuk pemakaian normal is ok. Biasanya ya itu, virus upgrade sepeda menular di komunitas atua teman, he. Tapi gak apa-apa sih asal lu pade punya budgetnya dan tidak tertipu. Pastikan untuk cek harga dan tanya teman komunitas dulu untuk tahu harga part sepeda. Atau bisa jadi ada teman jual barang second tapi masih bagus, harganya kan bisa agak miring. Biasanya sekali upgrade pasti ketagihan terus tuh...wkwkkwkw. Selamat mengupgrade sepeda, tetap bijak memilih part dan jaga keselamatan lalu lintas bersama.