Contoh Gangguan Pada Otot Manusia

Halo teman-teman sekalian kali ini kita akan belajar materi biologi tentnag sistem gerak khususnya tentang otot.

Setiap mahluk hidup tak terkecuali manusia tentu punya otot yang membungkus tulang. Tanpa otot maka kita tidak akan bisa bergerak.

Lalu seperti apa contoh-contoh gangguan pada otot?. Berikut penjelasannya.
1. Hipertrofi adalah suatu gangguan akibat otot yang berkembang mejnadi lebih besar. Hipertrofi dapat diakibatkan oleh aktifitas otot yang kuat, berulang-ulang dan terus-menerus serta asupan nutrisi yang banyak. Hipertrofi terjadi pada orang yang sering berolahraga atau pekerja lapangan.

2. Atrofi adalah gangguan otot yang mengecil. Atrofi dapat terjadi jika otot jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali karena faktor kelumpuhan, pemasangan gips atau penyakit polio.

3. Distrofi otot adalah penurunan kemampuan otot karena pengaruh genetik.
Gangguan otot pada atlet olahraga
4. Tetanus adalah penyakit kejang otot karena otot berkontraksi terus-menerus hingga tidak mampu lagi berkontraksi. Tentanus diakibatkan oleh bakteri Clostridium tetani.

5. Kram adalah suatu keadaan otot tiba-tiba tegang, sulit digerakkan dan disertai rasa nyeri. Kram otot terjadi karena tidak melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga, kurang lancarnya aliran darah pada bagian tubuh tertentu, kondisi udara dingin, ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh seperti kalium dan natrium dan kekurangan vitamin B1, B5 dan B6.

6. Miastenai gravis adala ketidakmampuan otot berkontraksi sehingga penderita mengalami kelumpuhan. Miastenia gravis adalah penyakit autoimun atau kekacauan sistem kekebalan tubuh. Penyakit in idiakibatkan oleh kerusakan kelenjar timus.

7. Otot robek adalah keadaan robeknya serabut otot yang berakibat bengkak, rasa nyeri dan pendarahan. Hal ini karena gerakan tiba-tiba saat berolahraga sehingga otot luka.

8. Otot terkilir atau strain adalah robeknya otot bagian tendon karena gerakan yang berlebihan. Otot terkilir disebabkan pembebanan secara tiba-tiba pada otot.

Itulah beberapa contoh gangguan pada otot manusia baik karena faktor genetik, penyakit maupun gerakan yang salah. Ada baiknya kita menjaga kesehatan otot kita dengan menjaga asupan nutrisi tubuh dan jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga.