Mengenali Ciri-Ciri Interior dan Eksterior Mobil Bekas Banjir

Saat ini pangsa mobil bekas semakin menjamur dimana-mana terutama di kota besar. Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah harganya yang lumayan miring.

Beberapa tips membeli mobil bekas tentunya banyak dishare di berbagai kanal online mulai dari cek body, odometer, mesin, kaki-kaki sampai ban. 

Namun dibalik harga miring tadi, para pembeli harus waspada jika ada yang menjual mobil bekas jauh di bawah pasaran. Bisa jadi mobil tadi bekas banjir.

Beberapa kota terutama Bekasi dan Jakarta tentu sering dilanda banjir besar saat puncak penghujan. Nah banyak para pemilik mobil lantas menjual mobil yang kebanjiran tadi agar kerugian tidak semakin banyak.

Dalam beberapa kasus, kerusakan mobil karena banjir mungkin tidak muncul dalam riwayat kendaraan. Anda harus jeli melihat ciri-ciri fisik sederhana pada mobil bekas banjir untuk mengetahui hal ini.
Hati-hati mobil bekas kebanjiran
Beberapa ciri atau komponen mobil yang diidentifikasi telah terkena banjir.
1. Bau Apek di Kabin
Bau apek atau jamur dalam interior mobil menandakan ada penumpukan jamur hasil dari paparan air yang cukup lama. Coba buka jok mobil lalu lihat apakah ada bekas karat atau jamur atau mungkin sisa lumpur di sela-sela rangka.

Waspada jika kabin mobil memiliki bau parfum yang menyengat atau bau larutan pembersih. Bisa jadi penjual berusaha menutupi sesuatu. Jalankan AC, apakah bau jamur itu berasal dari ventilasi atau bukan.

2. Karpet Mobil
Noda besar atau perbedaan warna antara bagian jok bawah dan atas dapat menunjukkan air pernah menggenang lama di area tersebut. Pelapis baru pada mobil bekas juga bisa menjadi tanda anda harus hati-hati.

3. Tanda Penumpukan Air
Cara lain melihat mobil bekas kebanjiran adalah dengan melihat embun di beberapa titik seperti lampu utama, lampu belakang sampai di selang-selang mesin mobil.

4. Rangka
Kadang kita malas melihat rangka mobil karena harus turun ke bawah, namun pada dasarnya dengan melihat rangka kita bisa melihat apakah karat mobil sangat banyak atau ada indikasi bekas lumpur mengendap.

Suspensi yang berkarat bisa menjadi indikasi mobil terendam air dalam waktu cukup lama. Jadi pastikan anda cek bagian bawah mobil.

5.Karat
Salah satu indikator yang menonjol dari kendaraan yang rusak akibat banjir adalah karat dan korosi. Periksa di bawah kursi untuk setiap logam berkarat, serta bagasi kendaraan. Juga pastikan untuk memeriksa engsel pintu, perangkat keras logam, dan bahkan pintu itu sendiri. Korosi adalah masalah yang akan berlanjut lama setelah air banjir surut, jadi itu adalah langkah penting yang harus diambil ketika mencari tanda-tanda mobil yang rusak akibat banjir.

Itulah tips melihat ciri fisik kendaraan bekas banjir, jadi kalian konsumen harus cerdas sebelum membeli agar kerugian dapat diminimalisir.