100 Soal Pedagogik Persiapan Tes PPPK Guru Honorer 2021 [Bagian 1]

Angin segar berhembus bagi dunia pendidikan khususnya guru di tahun 2021 karena pemerintah berencana akan menggelar tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Tentunya para guru khususnya guru honorer sangat menanti tes ini untuk mengadu nasib agar masa depan lebih baik.

Memang apa bedanya PPPK dengan guru honorer?. Paling utama tentu dari segi gaji akan disetarakan sesuai golongan PNS. Hanya saja PPPK ini tidak punya pensiunan seperti PNS.

Untuk dapat lulus PPPK ini tentu harus persiapan matang karena pastinya akan bersaing dengan ratusan ribu guru lain di daerah masing-masing.

Berikut ini contoh soal pedagogik untuk persiapan tes PPPK tahun 2021. Dengan berlatih banyak soal diharapkan peserta akan memahami pola soal dan lebih mudah mencari jawaban yang tepat. 

Jangan lupa untuk share blog ini ke teman-teman lainnya. Pastikan untuk banyak membaca materi ujiannya. Semoga berhasil.
 
Contoh soal PPPK Pedagogik 2021

1.  Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A.  kemampuan kognitif
B.  kemampuan interaksional
C.  kemampuan integrasi diri
D.  kemampuan komunikatif

2.  Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A.  kemampuan berkomunikasi
B.  Kemampuan untuk memecahkan masalah
C.  kemampuan berinteraksi
D.  kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3.  Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A.  0 - 2 tahun
B.  2 -- 7 tahun
C.  7 -- 11/12 tahun
D.  11/12/ -- 14/15 tahun

4.  Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.  Kognitif
B.  Sosial
C.  Emosional
D.  moral
 
6.  Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.  sosial-emosional
B.  kognitif
C.  moral
D.  spiritual

7.  Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.  sosial-emosional
B.   kognitif
C.   moral
D.  spiritual 

8. Hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A.  Behaviorisme
B.  Humanistik
C.  Sibernetik
D.  Kontruktivisme

9.  Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan

10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A.  kesulitan akademis
B.  gangguan simbolik
C.  gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A.  Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B.  Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.  Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D.  Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

13.  Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B.  Humannistik
C.  Behaviorisme
D. Konstruktivisme

15.  Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.  Humanistik
B.  Konstruktivisme
C.  kognitivisme
D.  Nativisme

16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B.  Konstruktivisme
C.  Behaviorisme
D.  Kognitivisme

17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A.  Behaviorisme
B.  Konstruktivisme
C.  Kognitivisme
D.  Sibernatik

18.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A.  Silabus
B.   RPP
C.   Silabus dan RPP
D.  SKL

19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A.  Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B.  Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C.  Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D.  Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B.  Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.  RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D.  RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.  Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.  Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C.  RPP bersumber dari silabus
D.  Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

22.Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1)        Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2)        Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3)        Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A.  Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.  Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.  Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D.  Keterkaitan dan keterpaduan

23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.   ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.   ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.   ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.   ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24.  Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.   ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.   ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.   ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.   ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
 
25.  Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.   Role Playing
B.   Inquiry
C.   Problem Solving
D.   Picture and Picture

Kunci
1.A 2.B 3.C 4.A 5.C 6.A 7.A 8.A 9.C 10.C 11.B 12.C 13.A 14.D 15.A 16.A 17.C 18.B 19.A 20.A 21.B 22.D 23.B 24.D 25.C