Latihan Soal UTBK Soshum Geografi Hidrosfer + Kunci 2021

Halo teman-teman pejuang UTBK, kali ini kita akan bagi lagi contoh latihan soal utbk materi dinamika hidrosfer.

Hidrosfer adalah lapisan air yang terdiri dari perairan darat dan perairan laut. Dinamika hidrosfer ini memengaruhi kehidupan mahluk di bumi.

Berbagai fenomena mulai dari siklus air, arus laut, gelombang, hujan, air tanah, gletser dan lainnya adalah salah satu bagian dari sistem hidrosfer yang kompleks.
 

Jawablah pertanyaan berikut ini!.
1. Perhatikan gambar DAS berikut!
Morfologi Bentuk DAS
DAS X dan Y memiliki luas, kemiringan lahan, jenis tanah dan tutupan vegetasi hampir sama. BIla kedua DAS terjadi hujan deras dan merata dengan intensitas sama maka DAS yang rentan banjir adalah…..karena…..
a. DAS Y, bentuknya memanjang sehingga limpasan dari air hujan mengalir pelan-pelan ke hilir
b. DAS Y, bentuknya memanjang sehingga beda tinggi hulu dan hilir yang besar mempercepat aliran limpasan
c. DAS X, bentuknya membulat sehingga limpasan air hujan dari daerah aliran terakumulasi di hilir
d. DAS Y, bentuknya memanjang sehingga anak-anak sungai pendek lambat mengalirkan limpasan yang terbentuk dari air hujan
e, DAS X, bentuknya membulat sehingga hujan sedikit meresap ke dalam tanah dan terbentuk banyak lintasan

2. Pergerakan benda langit memengaruhi fenomena hidrosfer. Contohnya adalah bila matahari, bulan dan bumi ada pada fase garis lurus maka akan terjadi ...
a. Pasang purnama
b. Pasang perbani
c. Gelombang laut tinggi
d. upwelling
e. downwelling
 
3. Lahan basah yang permukaan tanahnya relatif kering, sedangkan dalam tanah bersifat jenuh air dinamakan ...
a. swamp
b. marsh
c. Rawa pasang surut
d. estuari
e. bog

4. Faktor-faktor:
1) Ketinggian muka air laut
2) Porositas tanah
3) Kemiringan topografi
4) Jenis tanah
5) Kelembapan tanah
6) Vegetasi penutup tanah
Faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya infiltrasi adalah nomor….
a. 2) ,3), dan 6)
b. 1), 2), dan  3)
c. 4), 5), dan  6)
d. 1), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

5. Bulan lalu sebuah berita menayangkan fenomena ribuan ikan tiba-tiba naik ke daratan. Kejadian ini terjadi di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Warga Lembata yang menyaksikan hal tersebut tentu dibuat senang. Mereka berlomba-lomba menangkap ikan yang hilir mudik loncat naik ke daratan. Dengan kegirangan, mereka menyaksikan serta menangkap ikan-ikan tersebut. Faktor terjadinya fenomena tersebut adalah ...
a. Pengaruh La Nina di lautan Pasifik
b. Pergeseran sesar Flores
c. Adanya arus dingin ke perairan tersebut
d. Menurunnya kadar salinitas
e. Berkurangnya fitoplankton di perairan

Pembahasan
1. Pada DAS berbentuk bulat, limpasan dari berbagai tempat akan mengalir menuju pusat dan tiba di sungai utama di hilir dalam waktu hampir bersamaan. 
 
Akibatnya limpasan dari semua anak-anak sungai akan terakumulasi di pusat DAS dalam jumlah besar dan mengalir melalui sungai utama. 
 
Peningkatan jumlah limpasan yang besar tidak mampu ditampung dan dialirkan oleh sungai utama, dampaknya sungai meluap dan terjadi banjir di daerah hilir DAS X.

2. Pasang purnama terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus.saat itu akan dihasilkan pasang tinggi yang sangat tinggi dan pasang rendah yang sangat rendah. Pasang surut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama.

3. Berdasarkan kondisi air dan tumbuh-tumbuhan yang hidup, rawa dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
- Swamp
Swamp adalah lahan basah yang selalu digenangi air dengan jenis tumbuhan yang hidup seperti lumut, rumput-rumputan semak-semak, dan tumbuhan jenis pohon.
- Marsh
Sama halnya seperti swamp, namun tumbuhan yang tumbuh yang hidup didominasi oleh jenis lumut-lumutan, rerumputan dan alang-alang.
- Bog
Bog adalah lahan basah yang permukaan tanahnya relatif kering, sedangkan dalam tanah bersifat jenuh air. Genangan air dangkal hanya terlihat di beberapa tempat.
- Rawa Pasang Surut
Rawa pasang surut adalah jenis rawa yang airnya berasal dari pasang surut air laut. Tumbuhan yang hidup subur di jenis rawa pasang surut yaitu tumbuhan bakau.

4. Infiltrasi adalah proses menyerapnya air dari permukaan tanah ke bawah tanah. Faktor yang mempengaruhi infiltrasi diantaranya porositas tanah, topografi dan kondisi vegetasi.
Porositas tanah adalah kemampuan tanah untuk meloloskan air berlebih sehingga tanah tidak jenuh air, dengan demikian udara dapat masuk kedalam tanah dengan leluasa. Tanah yang bertipe kering akan cepat meloloskan air dibanding tanah lempung.

Kondisi topografi juga mempengaruhi infiltrasi. Pada lahan dengan kemiringan besar, aliran permukaan mempunyai kecepatan besar sehingga air kekurangan waktu infiltrasi. Akibatnya sebagian besar air hujan menjadi aliran permukaan. Sebaliknya, pada lahan yang datar air menggenang sehingga mempunyai waktu cukup banyak untuk infiltrasi

Banyaknya tanaman yang menutupi permukaan tanah, seperti rumput atau hutan, dapat menaikkan kapasitas infiltrasi tanah tersebut. Dengan adanya tanaman penutup, air hujan tidak dapat memampatkan tanah, dan juga akan terbentuk lapisan humus yang dapat menjadi sarang/tempat hidup serangga.

5. Arus laut adalah fenomena pergerakan massa air laut baik secara vertikal maupun horizontal.

Arus laut salah satunya terjadi karena perbedaan suhu antara satu perairan dengan perairan lain. Arus semacam ini disebut dengan termohalin.

Salah satu naiknya ikan ke permukaan itu disebabkan oleh arus dingin yang masuk ke Teluk Lewoleba. Kondisi tersebut membuat ikan 'syok' dan naik ke pantai untuk mencari suhu yang lebih hangat.