Dinamika Penduduk: Natalitas, Mortalitas, Migrasi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 6

Dinamika Penduduk: Natalitas, Mortalitas, Migrasi

Manusia adalah mahluk yang mendominasi di ruang permukaan bumi ini sejak turun ke planet biru ini. Penduduk bumi terus bertambah dari waktu ke waktu.

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukan total populasi penduduk dunia saat ini 7,8 milyar penduduk yang tersebar di 5 benua.

Jumlah ini semakin hari semakin bertambah dan mengundang kekhawatiran akan ketidakseimbangan antara kapasitas ruang dengan populasi.

Dinamika penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan migrasi (perpindahan).
 

Faktor Natalitas
Natalitas atau kelahiran penduduk mengakibatkan jumlah penduduk semakin bertambah pada suatu wilayah. Setiap negara memiliki angka kelahiran yang berbeda-beda.

Negara maju sudah mengarah pada zero population growth untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan menghindari ledakan populasi.

Ada faktor pro natalitas dan anti natalitas. Faktor pro natalitas seperti anggapan banyak anak banyak rezeki, ekonomi mantap, kesehatan dan gizi baik dan lingkungan yang baik serta sarpras kesehatan memadai.

Faktor anti natalitas seperti program KB, anggapan anak adalah beban, ekonomi sulit, kesehatan dan gizi buruk, lingkungan dan saran kesehatan baik. 
Populasi penduduk negara di dunia
Faktor Mortalitas
Mortalitas atau kematian penduduk mengakibatkan jumlah penduduk berkurang pada suatu wilayah. Ada faktor pro dan anti mortalitas.

Faktor pro mortalitas diantaranya kesehatan buruk, pandemi penyakit, perang, bencana alam, kecelakaan dan pembunuhan.

Faktor anti mortalitas diantaranya kesehatan baik, ekonomi memadai, sarana prasana kesehatan memadai, lingkungan yang sehat dan aman.

Faktor Migrasi
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain dengan tujuan tertentu. Biasanya tujuan utama migrasi adalah motof ekonomi. 

Bangsa Eropa telah bermigrasi ke seluruh dunia terutama menginvasi Amerika Utara, Afrika, Australia sejak zaman dahulu.

Motif migrasi masa lalu didukung oleh semangat gold, glory dan gospel. Imperialisme dan kolonialisme adalah motif utama migrasi bangsa Eropa.

Migrasi terbagi migrasi masuk dan migrasi keluar. Migrasi masuk membuat jumlah penduduk pada suatu wilayah bertambah sementara migrasi keluar membuat jumlah penduduk pada suatu wilayah berkurang.

Penduduk merupakan sumber daya utama pembangunan suatu negara. Negara yang mampu mengasah skill dan karakter penduduknya dengan baik akan menguasai dunia dengan cepat.
 
Pertumbuhan penduduk alami dipengaruhi kelahiran dan kematian sementara pertumbuhan penduduk total dipengaruhi kelahiran, kematian dan migrasi.
 
advertise here

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang