po Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 81-85 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Maret 27

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 81-85

Haloha pejuang KSK Kebumian, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 81-85. Topiknya masih seputar geologi nih khususnya terkait batuan.

Batuan itu ternyata jika dikaji secara geologi maka akan sangat banyak sekali konsep-konsepnya. Padahal semua batuan bahan dasarnya sama yaitu magma tapi ketika muncul ke permukaan bumi bisa beranekaragam.
81. Berdasarkan kandungan SiO₂ nya, batuan beku dibedakan menjadi beberapa macam. Batuan
beku disebut sebagai batuan beku ultra basa apabila...
a. kandungan SiO₂ nya lebih dari 66%
b. kandungan SiO₂ nya antara 52% hingga 66%
c. kandungan SiO₂ nya antara 45% hingga 52%
d. kandungan SiO₂ nya kurang dari 45%
e. tidak ada kandungan SiO₂ sama sekali
 
Kunci
Berdasarkan kandungan silika (SiO₂), batuan beku dibagi menjadi 4 yaitu: ultrabasa, basa, intermediet dan asam. Jadi sifat asam basa itu dikontrol oleh kandungan silika. Sifat asam basa ini dikontrol oleh kandungan silika.
1. Batuan Ultra basa     >>>>   SiO₂   =<45%
2. Batuan Basa              >>>>   SiO₂    45%-52%
3. Batuan Intermediet    >>>>  SiO₂    52%-66%
4. Batuan Asam             >>>>  SiO₂   >=66%
Jadi jawabannya D.

82. Salah satu bagian dari proses diagenesa adalah terjadinya pembebanan akibat akumulasi sedimen atau material lain yang menyebabkan hubungan antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Proses tersebut adalah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis
 
Kunci
Sebelum batuan sedimen terbentuk, fenomena pertamakali yang terjadi adalah proses sedimentasi yang menyebabkan terjadinya timbunan sedimen. Nah timbunan sedimen itu belum bisa disebut sebagai batuan sedimen, ada proses lainnya sebelum sah menjadi batu sedimen (proses litifikasi). Urutannya adalah:

1. Kompaksi adalah beban akumulasi sedimen atau material lain menyebabkan hubungan antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Dengan demikian volume batuan sedimen yang terbentuk menjadi lebih kecil, namun sangat kompak.

2. Sementasi adalah seiring dengan keluarnya air dari ruang pori-pori, material yang terlarut didalamnya mengendap dan merekat (menyemen) butiran sedimen. Material semennya dapat merupakan karbonat (CaCO₃), silica (SiO₃), oksida (besi) atau mineral lempung. Proses ini menyebabkan porositas sedimen menjadi lebih kecil dari material semula.

3. Reristalisasi adalah saat ketika sedimen terakumulasi, mineral yang kurang stabil mengkristal kembali atau terjadi rekristalisasi, menjadi yang lebih stabil. Proses ini umumnya terjadi pada batu gamping terumbu yang porous. Mineral aragonite (bahan struktur koral hidup), lama-kelamaan berekristalisasi menjadi bentuk polimorfnya, kalsit.
Urutan proses litifikasi

83. Proses yang membedakan antara sedimen dan batuan sedimen adalah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis

Kunci
Perbedaan sedimen dan batuan sedimen adalah pada proses litifikasi. Litifikasi adalah proses perubahan sedimen menjadi batuan sedimen melalui mekanisme kompkasi dan sementasi. Penjelasannya ada di nomor sebelumnya.

84. These following sedimentary structures can be used as a marker for the upper part of the
sedimentary layer, except ...
Kunci
Ngerti ora son artine?. Gambar yang bukan menunjukkan lapisan sedimen bagian atas yang mana?. Jadi struktur sedimen itu macam-macam ya guys dan yang bukan termasuk ciri sedimen atas itu adalah laminasi. Untuk jenis-jenis struktur sedimen cek di blog berikut: Struktur sedimen
 
Cek gambar di bawah ini untuk mengimajinasikan kenapa laminasi itu bukan menjadi ciri sedimen atas.
Sedimentasi hasil tsunami
85. Istilah-istilah berikut ini yang tidak terkait dengan petrologi batuan metamorf adalah ...
a. marmer
b. fenokris
c. foliasi
d. granuloblastik
e. sekis
 
Kunci
Marmer itu adalah salah satu contoh batuan metamorf. Sekis juga sama contoh batuan metamorf. Foliasi di geologi mengacu pada perlapisan berulang di batuan metamorf. Setiap lapisan dapat setipis selembar kertas hingga setebal satu meter. 
 
Kata foliasi berasal dari bahasa latin folium yang berarti "daun", dan mengacu pada struktur planar berlembar. Foliasi disebabkan oleh gaya geser, atau tekanan diferensial 

Tekstur  yang  berkembang  selama  proses  metamorfisme  secara  tipikal  penamaanya  mengikuti  kata-kata  yang  mempunyai  akhiran  -blastik.  Contohnya,  batuan  metamorf  yang  berkomposisi  kristal-kristal  berukuran  seragam  disebut  dengan granoblastik.
 
Fenokris itu istilah untuk batuan vulkanik. Fenokris adalah mineral yang jauh lebih besar dari mineral lainnya dan dapat dilihat dengan mata atau luv. Contohnya kaya lihat kristal pada batu granit yang ada di soal sebelumnya.
 
Lanjut: Soal Nomor 86-90 

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close