News Update
Loading...

Selasa, Maret 16

Pengumuman Seleksi Peserta TOT Pembina KSN SMA 2021

Kegiatan Kompetisi Sains Nasional tingkat kabupaten/kota sebentar lagi akan dilaksanakan dan semua sekolah tentunya bersiap untuk mengirimkan wakil terbaiknya.

Untuk bisa menjadi juara di KSN diperlukan daya juang dan semangat gigih baik dari guru pembina dan siswanya. Siswa harus banyak berlatih soal-soal KSN tahun sebelumnya untuk menemukan pola soal dan membaca materi di luar buku paket sekolah.

Bagi guru di Jawa Barat, Dinas Pendidikan dan Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Pembina KSN SMA. Guru yang akan diikutsertakan dalam TOT ini akan dites terlebih dahulu dan disaring hingga mendapat 3 guru terbaik dari setiap mapel KSN.

Diharapkan setelah guru tersebut mendapat pelatihan tentang bagaimana menjadi pembina KSN, mereka dapat memberikan pelatihan di sekolah sendiri dan ke sekolah-sekolah lainnya. 

Banyak guru-guru bidang studi merasa kesulitan dalam membimbing materi KSN yang level soalnya lebih sulit dibanding soal di materi kurikulum sekolah.

Seleksi TOT KSN
 

Pengalaman saya membimbing siswa KSN memang diperlukan pemahaman materi tiap topik yang lebih dalam selevel materi kuliah. Jadi jika guru tidak banyak mencari dan membaca materi di berbagai sumber yang relevan terkait KSN maka pasti akan kesulitan memberikan materi dan arahan kepada siswa.

Oleh sebab itu ini salah satu terobosan yang cukup baik oleh Disdik Jawa Barat untuk memberikan bekal bagi guru dalam menyongsong pelaksanaan KSN. Saya harap nantinya tidak hanya 3 guru saja yang jago membina KSN tapi seluruh guru mapel KSN di Jawa Barat dan Indonesia bisa menjadi traniner mumpuni di sekolahnya.

Jangan sampai nanti banyak sekolah yang mencari pelatihan berbayar yang cukup mahal, sehingga membebani siswa dalam menghadapi KSN ini. Jika sumber daya guru di sekolah sudah mumpuni makan tidak lagi kita membayar trainer dari luar, sehingga kompetisi lebih fair karena semua guru berjuang melatih siswanya.

Baca juga: 32 Materi TOT KSN Geografi 2021

Berikut ini draft pengumuman, persyaratan mengikuti tes TOT guru KSN di Jawa Barat.

PENGUMUMAN SELEKSI TOT PEMBINA KSN 2021

advertise here

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close