Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 21

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 1-5

Halo kawan-kawan para pejuang KSN setanah air Indonesia kali ini mimin akan mulai lagi bahas kunci jawaban KSK Kebumian. Materi kebumian itu lebih luas dan kebanyakan memang diperlukan pemahaman ilmu eksak.
 
Sebenarnya soal KSK Kebumian itu lebih sulit daripada geografi namun akan saya coba bahas, kecuali yang bagian astronomi mungkin akan diskip beberapa soal yang hitungannya super sulit. 
 
Materi kebumian itu dipecah menjadi beberapa topik seperti meteorologi, klimatologi, geologi, geomorfologi, petrografi, astronomi, oseanografi sampai biogeografi. Dan ini materinya super padat dan banyak bos, rajin-rajin baca aja ya.

Silahkan share blog ini ke teman-teman lain baik itu guru maupun siswa untuk dipakai belajar bareng rame-rame sebelum KSN dihelat beberapa hari lagi.
 
1. Satuan intensitas curah hujan adalah ...
a. mm
b. mm/hari
c. mm³
d. mm²
e. mm/jam
 
kunci
Curah hujan adalah ketinggian air hujan yang terkumpul dalam tempat yang datar, tidak menguap, tidak meresap dan tidak mengalir. Biasanya untuk mengukur curah hujan itu pakai alat tampung kaya baskom.
 
Satuan curah hujan selalu dinyatakan dalam satuan milimeter atau inchi namun untuk di Indonesia satuan curah hujan yang digunakan adalah dalam satuan milimeter (mm). Intensitas curah hujan adalah besarnya jumlah hujan yang turun yang dinyatakan dalam tinggi curah hujan atau volume hujan tiap satuan waktu dan maksimum dalam jam.

2. Massa udara dengan notasi 'mP' pada peta cuaca diketahui memiliki ciri dingin, lembab dan ketika bergerak membawa banyak awan. Massa udara ini besumber dari wilayah ...
a. Maritim-Pasifik
b. Monsun-Pasifik
c. Maritim-Polar
d. Monsun-Polar
e. Monsun-Poikiloaline

Kunci
Masa udara diartikan sebagai sekelompok besar udara dimana suhu, kelembaban, dan stabilitas hidrostatiknya relatif seragam pada arah horizontal. Kawasan sumber diartikan sebagai permukaan yang homogen dimana massa udara terbentuk. Diseluruh muka bumi kawasan sumber diklasifikasi menjadi empat lokasi, yaitu :
 
1. Samudera-samudera tropis dan subtropis hangat.
2. Padang pasir continental subtropis yang panas.
3. Samudera lintang tinggi yang relatif dingin.
4. Benua lintang tinggi yang dingin dan kawasan es/salju.

Dari empat kawasan sumber terbentuk empat kelas massa udara, yaitu :
1. Maritim tropis (mT)
2. Kontinental tropis (cT)
3. Maritim polar (mP)
4. Kontinental polar dan artik (cP dan cA)

Jadi di soal kan ada singkatan mP itu artinya Maritim Polar. Jadi pastikan kamu baca dan pahami singkatan diatas, bisa jadi muncul di soal tahun ini dengan kode massa yang berbeda. Yang penting tahu kepanjangannya.

3. Sirkulasi udara dengan orientasi utara-selatan yang berada di daerah tropis adalah ...
a. sel kutub
b. sel walker
c. sel ferrel
d. sel hadley
e. sel monsun

Kunci
Atmosfer bumi kita itu memang rumit bos, dan salah atunya terdapat suatu sistem aliran angin atau sirkulasi global yang terbentuk karena rotasi bumi. Ada 3 sirkulasi global yaitu:

Sel Hadley adalah pola gerakan udara yang bergerak naik di khatulistiwa dan turun di sekitar daerah subtropis. Dampak dari adanya sel ini adalah terbentuknya angin passat.

Sel Ferrel adalah pola gerakan udara yang berasal dari daerah sekitar lintang 30° menuju daerah kutub (lintang 60°).

Sel Kutub adalah pola gerakan udara dari kutub menuju daerah lintang 60°. Gambar lengkapnya di bawah. Sumber: wikimedia
4. Alat ukur intensitas cahaya matahari adalah ...
a. Gun Bellani
b. Campbel Stokes
c. Barograph
d. Solar Tick
e. Sel Surya

Kunci
Campbell stokes adalah alat meteorologi yang berfungsi untuk mengukur lamanya matahari bersinar, dengan satuan persen. Pengamatan dilakukan dari jam 8.00 s/d 16.00 LT (selama 8 jam/True Solar Day), sehingga penyinaran matahari dikatakan 100% bila matahari bersinar selama 8 jam sehari. Gambarnya dibawah. Pastikan kamu cari alat-alat lain karena tahun ini biasanya ganti alat di soalnya.
5. Pilihlah jenis permukaan yang memiliki albeldo paling besar ...
a. salju
b. rumput
c. gurun
d. air
e. perkotaan

Kunci
Albedo adalah sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang tiba di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang (outgoing longwave radiation). Perbedaan panjang gelombang antara yang datang dan yang dipantulkan dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi. 

Pendinginan cenderung memperluas lapisan es, yang kemudian menambah albedo dan mengurangi jumlah energi surya yang terserap, yang semakin memperkuat pendinginan. Di sisi lain, jika pemanasan global menyusutkan lapisan es, albedo juga ikut turun, sehingga jumlah energi surya yang terserap pun bertambah dan semakin memperkuat pemanasan.

Lanjut: soal no 6-10
 
Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi  
 
 
Mau tips belajar KSN dan lainnya dari saya?. Subscribe chanel guru geografi di bawah ini!. Hots: Soal Prediksi KSNP Kebumian

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang