Power Point Geografi Kelas 10 Kurikulum 2013 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, April 21

Power Point Geografi Kelas 10 Kurikulum 2013

Halo teman-teman sekalian kali ini saya akan coba berikan contoh power point materi geografi kelas 10 kurikulum 2013. Pastinya teman-teman guru maupun siswa banyak mencari contoh power point ini untuk kegiatan presentasi di kelas.

Sebelumnya saya coba berikan dulu sedikit deskripsi mengenai muatan materi geografi di kelas 10 sesuai silabus kurikulum 2013. 

Materi 1 Hakikat Geografi
Topik pertama yang dibahas di kelas 10 adalah tentang hakikat geografi. Hakikat geografi ini meliputi sejarah perkembangan geografi dan definisi geografi dari waktu ke waktu. 

Selain itu ada konsep, prinsip, pendekatan dan aspek geografi yang akan diulas. Untuk memahami tentang fenomena geosfer, siswa perlu memahami konsep-konsep dasar geografi ini.

Materi 2 Penelitian Geografi
Topik penelitian geografi diberikan di awal semester untuk memberikan fondasi tentang langkah-langkah penelitian dasar bagi siswa. Dalam hal ini siswa akan dibekali tentang bagaimana tata cara berfikir ilmiah secara sederhana.
 
Kemudian siswa dikenalkan tentang contoh langkah-langkah penelitian geografi hingga pelaporannya. Pembuatan karya tulis geografi ini tidak seberat seperti kuliah, hanya prinsip dasarnya sama yaitu membangun sikap ilmiah sejak dini.
 
Materi 3 Pemetaan Dasar
Materi pemetaan dasar ini meliputi peta, inderaja dan SIG. Siswa harus paham tentang komponen dasar pembuatan peta dan perhitungan-perhitungan standar pada pemetaan. Selanjutnya ada topik penginderaan jauh dan sistem informasi geografi yang saling berkaitan.

Materi 4 Perkembangan Bumi
Materi perkembangan bumi lebih menekankan pada bagaimana perubahan muka bumi dari semenjak bumi lahir. Dua tenaga utama yaitu endogen dan eksogen yang mengontrol perkembangan muka bumi ini. Berbagai fenomena hasil dua tenaga tersebut akan dipelajari lebih dalam.
 
Materi 5 Dinamika Litosfer
Fenomena litosfer mencakup semua hal terkait kerak bumi dan pemanfaatannya. Litosfer ini tersusun atas batuan dan tanah yang berasal dari aktifitas vulkanisme. Siswa akan mempelajari terkait lapisan kerak bumi, batuan, tanah, vulkanisme, tektonisme, seisme, pelapukan, erosi, sedimentasi dan pemanfaatan tanah.
 
Materi 6 Dinamika Atmosfer
Dinamika atmosfer meliputi segala fenomena yang ada pada lapisan udara. Siswa akan mempelajari tentang seluk beluk atmosfer, cuaca iklim hingga perubahan iklim yang sekarang sedang banyak diperbincangkan.

Materi 7 Dinamika Hidrosfer
Dinamika hidrosfer meliputi perairan darat dan laut. Rincian topik hidrosfer ini meliputi siklus air, sungai, danau, rawa, air tanah, DAS, laut, gerakan air laut, zonasi laut sampai dengan pemanfaatan hidrosfer bagi kehidupan.

Berikut ini link download power point materi geografi kelas 10, semoga bermanfaat. Silahkan share blog ini ke teman-teman lainnya.
Download materi power point geografi
3. Bab 3 Pemetaan Dasar (in progress)
5. Bab 5 Litosfer (in progress)

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close