po Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 26-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Juli 16

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 26-30

Oke teman-teman sekalian kita lanjut lagi ya untuk membahas kunci jawaban OSP Geografi tahun 2019 nomor 26-30. 

Soal nomor ini banyak memuat topik seputar perkembangan kota dan lingkungan perkotaan. Jangan lupa juga kunjungi chanel guru geografi di youtube.

26. Tipe pertanian suatu negara sangat dipengaruhi oleh posisi lintang geografis. Berikut ini adalah tipe pertanian yang berada di negara subtropis, yaitu ...
a. persawahan, ladang berpindah, mediteran, ladang gandum
b. ladang gandum, perkebunan anggur, penggembalaan ternak ladang berpindah
c. pertanian mediteran, ladang gandum, peternakan sapi perah
d. pertanian mediteran, ladang berpindah, peternakan sapi
e. ladang gandum, peternakan sapi, perkebunan buah, peternakan nomaden
 
Kunci 
Negara subtropis berada di lintang sedang dengan variasi musim jelas dan peradaban yang sudah ajeg dan tidak ada lagi sistem nomaden. Pesawahan, ladang berpindah hanya ditemukan di negara tropis. Jadi jawabannya C.
 
27. Perkembangan daerah terbangun yang terjadi sepanjang jalan dan kadang-kadang tidak terencana dikenal dengan sebutan ...
a. central development
b. unwanted development
c. confused development
d. crazy development
e. ribbon development
 
Kunci
Kota mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring bertambahnya populasi. Proses penyebaran kota ini disebut urban sprawl. Perkembangan kota ini ada yang direncanakan dan ada yang tidak direncanakan atau almiah. Ada beberapa pola urban sprawl salah satunya ribbon development.
 

Pada umumnya perkembangan berbentuk pita/ribbon terjadi sebagai akibat peningkatan sistem jaringan jalan dan pertumbuhan lalu lintas kendaraan bermotor. Secara alamiah, kecenderungan setiap orang membangun aktivitas sedekat mungkin dengan jalur jalan utama. Jika tanpa pengendalian yang efektif dapat menimbulkan permasalahan:
 
28. Gagasan-gagasan baru yang positif dalam kaitannya dengan pengembangan kota yang akhir-akhir ini disebarluaskan tidak termasuk ....
a. smart city
b. green city
c. gambling city
d. heritage city
e. dead city
 
Kunci
Bisa diidentifikasi dari kata bahasa Inggrisnya, yang salah adalah "dead city" atau berarti kota mati.
 
29. Dokumen lingkungan yang harus dibuat sebelum membangun suatu kawasan adalah ...
a. UKL UPL
b. RTRW
c. RDTR
d. AMDAL
e. Studi Kelayakan

Kunci
Tentunya sebelum membangun kawasan maka harus dibuat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). AMDAL merupakan salah satu instrumen pengelolaan lingkungan hidup. AMDAL memiliki peranan dan fungsi yang strategis dalam upaya pencegahan dan pengendalian kerusakan lingkungan. Melalui AMDAL suatu rencana usaha atau kegiatan telah menuangkan komitmen pengelolaan lingkungan yang akan dilakukannya.

30. Proses globalisasi tidak bisa dicegah salah satunya karena kemajuan teknologi. Bentuk perusahaan yang pemilik, manajemen, pelanggannya dari berbagai negara disebut ...
a. KFC
b. BSM
c. MNC
d. UNO
e. MCD 
 
Kunci
Mungkin kalau berkaitan globalisasi maka perusahaan yang bersifat global adalah MNC (Multinational Corporation).
 

Bagikan postingan ini.

1 komentar

  1. kalau menurut saya yang nomor 30 itu jawabannya MNC (Multi National Corporation). Istilah perusahaan multinasional, yang mana keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari perkembangan era globalisasi yang memungkinkan adanya kerjasama hingga pada tingkatan internasional atau antar negara.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close