Rincian Afirmasi Nilai Kompetensi Teknis PPPK 2021 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Oktober 18

Rincian Afirmasi Nilai Kompetensi Teknis PPPK 2021

Para pejuang PPPK se tanah air Indonesia, tentunya kita semua berharap untuk lolos tes PPPK tahun ini bukan?. Bagi guru honorer terutama, ini adalah momen yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan.

Akan tetapi untuk lulus tes PPPK ini pemerintah mengeluarkan peraturan afirmasi atau nilai tambahan untuk beberapa peserta. Hal ini dituangkan dalam PermenPANRB Nomor 28 Tahun 2021 Pasal 28 ayat 1.
Nilai Afirmasi PPPK

Nilai afirmasi peserta tes guru PPPK tahun ini adalah sebagai berikut:
1. Pelamar yang memiliki Sertifikat Pendidik linear dengan Jabatan yang dilamar mendapat nilai paling tinggi sebesar 100% (seratus persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis;

2. Pelamar yang berusia di atas 35 (tiga puluh lima) tahun terhitung saat melamar dan berstatus aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 (tiga) tahun secara terus menerus sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis;

3.Pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah diverifikasi jenis dan derajat kedisabilitasannya sesuai dengan Jabatan yang dilamar mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis;

4. Pelamar dari THK-II dan aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 (tiga) tahun secara terus menerus sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% (sepuluh persen) dari nilai paling tinggi Kompetensi Teknis.

Catatan: Nilai kompetensi teknis maksimal = 500 meskipun pelamar mendapatkan akumulasi lebih dari satu komponen tambahan nilai.

Jadi guru yang memiliki sertifikat pendidik hasil Pendidikan Profesi Guru (PPG) mendapat keunggulan yang sangat maksimal.

Saya menjamin jika guru yang punya serdik pasti akan mengalahkan guru yang tidak punya serdik pada formasi yang sama.

Peluang guru honorer lolos di gelombang ke dua dan ketiga sangat sulit dibandingkan gelombang pertama. Hal ini karena di gelombang 2, 3 formasi bisa diisi oleh guru lain di luar sekolah induk.

Nah kebayang kan kalau yang daftar itu yang punya serdik semua, pastinya guru honor di sekolah induk yang gak punya serdik akan pusing tujuh keliling.

Jadi itu sekilas mengenai rincian nilai afirmasi pada tes guru PPPK tahun 2021 ini. Semoga berhasil.
advertise here

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang