3 Tahap Penilaian Model IRT UTBK 2022 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Desember 1

3 Tahap Penilaian Model IRT UTBK 2022


Sobat geografi dan para pejuang UTBK se nusantara, gimana nih udah siap gak menghadapi UTBK 2022?. Tentunya kalian udah searching sana sini kan buat dapetin infonya.

Salah satu info penting wajib pejuang UTBK tahu adalah tentang skoring atau penilaian UTBK itu sendiri. Sejak tahun 2018 nih LTMPT telah menerapakan sistem skoring UTBK IRT atau Item Response Theory.

Jadi kalau dulu-dulu penilaian UTBK itu kan jika benar mendapat poin 4, salah minus 1 dan tidak dijawab itu nol. Nah sekarang gak seperti itu lagi ya teman-teman semuanya, sekarang itu UTBK menggunakan model penilaian IRT alias bobot respon jawaban.

Jadi IRT adalah sistem penilaian yang mengacu pada bobot nilai pada masing-masing subtes. Jadi intinya itu jika soal itu makin banyak dijawab peserta maka berpotensi memiliki bobot nilai kecil tapi jika soal itu makin sedikit dijawab benar oleh peserta maka berpotensi memiliki bobot nilai tinggi.

Lalu skoring nilainya apakah sama +4, -1 dan nol, saya sendiri tidak tahu karena itu urusan dalam LTMPT. Metode IRT ini udah banyak digunakan oleh berbagai negara maju yang katanya dianggap model skoring paling adil.

Jadi ada 3 tahapan yang dilalui dalam penilaian UTBK model IRT yaitu:
1. Tahap Pertama
Jawaban peserta UTBK akan dikelompokan mana yang benar, salah dan kosong. Untuk skor tiap opsi tadi kita gak tahu, hanya panitia LTMPT yang tau.
2. Tahap Kedua
Analisis IRT akan dilakukan, dan soal akan diklasifikasi sesuai jumlah jawaban benar, salah dan kosong tadi. Soal yang paling banyak dijawab salah berpotensi memiliki skor tinggi dan sebaliknya.
3. Tahap Ketiga
Setelah itu baru skoring akhir dilakukan berdasarkan hasil klasifikasi pada tahap kedua.

Lalu apa dong strategi yang harus dilakukan dengan model penilaian tersebut?. Artinya kita kan gak tahu mana soal yang sulit dan mana soal yang masuk kategori mudah.

Maka dari itu hal paling penting adalah persipakan peluru sebanyak mungkin. Kuasai semua konsep dan topik-topik yang akan diujikan karena kita gak tahu soal pada jenis apa yang berbobot tinggi, kan gitu ya?.

Jadi adik-adik, cobalah untuk belajar lebih serius lagi dan pastikan memiliki bekal peluru yang banyak sehingga kita siap dengan soal model apapun. Itu kuncinya.

Yang mau belajar UTBK khusus geografi boleh subscribe chanel guru geograf di youtube ya!. Salam Sukses Pejuang UTBK.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close