Kunci Jawaban Tes Formatif Pedagogik KB 1 Konsep Dasar Teori Pendidikan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Februari 14

Kunci Jawaban Tes Formatif Pedagogik KB 1 Konsep Dasar Teori Pendidikan

Assalamualaikum teman-teman guru para pejuang PPG Dalam Jabatan, gimana nih masih semangat ya untuk menjalani PPG tahun ini. Semoga lulus dengan hasil terbaik.

Ingat lho jangan sampai nyesel gak lulus PPG karena akan sangat sulit lagi kedepannya untuk ngulang tes lagi.

Kali ini saya akan berikan contoh pembahasan tes formatif pedagogik kb 1 untuk teman-teman. Ingat soal ini belum tentu sama setiap LPTK, jadi jangan sampai hanya terpaku di soal ini saja. Yang penting soal ini bisa dipakai latihan dan gambaran soal, karena saya yakin gak akan jauh beda.

Soal Formatif Pedagogik KB 1
1. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia, yaitu....
a. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
b. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psikologi perkembangan peserta didik
c. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
d. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
e. Adanya program pendidikan guru dalam jabatan

2. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
a. Kejujuran dan Tenggang rasa
b. Kejujuran dan toleransi
c. Kedisiplinan dan tanggung jawab
d. Gotong royong dan tangung jawab
e. Hak dan kewajiban

3.Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah ....
a. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
b. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan
c. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan 
d. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
e. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

4. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah....
a. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
b. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun
c. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
d. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
e. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya

5. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran....
a. Rekonstuksionisme
b. Behavioristik
c. Perenialisme
d. Esenialisme
e. Humanisme

6. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik pendidikan adalah...
a. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
b. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
c. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
d. Ibu Heni dan Pak Adi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan

7. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh ....
a. Landasan religius
b. Landasan sosiologis
c. Landasan psikologis
d. Landasan yuridis. 
e. Landasan historis

8. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah ....
a. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
b. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
c. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
d. Pribadi yang berkembang dan berakal
e. Manusia merupakan makhluk otonom

9. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas perkermbangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan....
a. Ekonomi pendidikan
b. Psikologi pendidikan
c. Sosiologi pendidikan
d. Religi pendidikan
e. Ilmu pengetahuan dan Teknologi

10. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
a. Desain bangunan
b. Pancasila dan UUD 1945
c. Tujuan pendidikan 
d. Kerangka berfikir
e. Kurikulum dan silabus

Kunci Jawaban
1. Kalau ditanya historis berarti sejarah proses pengembangan pendidikan di Indonesia. Kurikulum kita itu didesain menurut perkembangan psikologi siswa dari tahun ke tahun. Perkembangan zaman terus berubah yang berakibat pada pola psikologi siswa pun berubah. Kurikulum akan menyesuikan diri dengan perkembangan zaman.

2. Kalau ibadah tepat waktu misal seperti sholat berarti udah pasti masuk kedisiplinan dan tanggung jawab.

3. Landasan pendidikan seorang pendidik perlu dipahami agar kita sebagai guru tahu dan paham bagaimana melaksanakan tugas/kerja sebagai pendidik.

4. Sila kelima keadilan sosial berarti kegiatan bakti sosial termasuk di dalamnya.

5. Menurut teori behavioristik, dalam proses belajar mengajar yang terpenting adalah seseorang akan dianggap telah belajar ketika sudah menunjukkan perubahan perilaku. Dari teori ini juga, belajar dapat diartikan sebagai stimulus dan respon.

Dengan kata lain, input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Bentuk dari stimulus berupa penyampaian materi, pembentukan karakter, nasihat, dan lain-lain yang diberikan guru kepada muridnya. Sementara, bentuk dari respon berupa reaksi atau tanggapan dari murid atau peserta didik terhadap stimulus yang diberikan oleh guru atau pendidik.  

Salah satu kekurangan teori behavioristik adalah siswa cenderung diarahkan untuk berpikir linier, konvergen, tidak kreatif, dan memposisikan murid sebagai murid pasif. Dalam proses belajar mengajar, murid hanya bisa mendengar dan menghafal yang didengarkan. 

6. Praktik pendidikan artinya ada kegiatan aktif seperti mendownload file.

7. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan udah jelas merupakan landasan religius.

8. Sebagai makhluk otonom, manusia mempunyai kebebasan untuk menentukan sikap, dengan kata lain, ia adalah makhluk yang mandiri.  Jadi setiap orang memiliki hak dan kekuasaan menentukan arah tindakannya sendiri. Ia harus dapat menjadi tuan atas diri.

9. Pendidikan harus sejalan dengan tahapan program perkembangan anak, artinya sesuai dengan kaidah psikologi pendidikan anak. Tiap jenjang memiliki goal/tujuan pendidikan berbeda.

10. Landasan adalah suatu alas atau dasar pijakan dari sesuatu hal; suatu titik tumpu atau titik tolak dari sesuatu hal; atau suatu fundasi tempat berdirinya sesuatu hal. Berdasarkan sifat wujudnya terdapat dua jenis landasan, yaitu: (1) landasan yang bersifat material, dan (2) landasan yang bersifat konseptual.

Landasan yang bersifat material antara lain berupa landasan pacu pesawat terbang dan fundasi bangunan gedung. Adapun contoh landasan yang bersifat konseptual antara lain berupa dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila dan UUD RI Tahun 1945; landasan pendidikan dan lain sebagainya.

Lanjut ðŸ‘‰ðŸ‘‰ Soal KB 2 Karakteristik Peserta Didik

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close