Soal Pendalaman KSN Geografi 2022 Part 1 + Kunci Jawaban - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Februari 12

Soal Pendalaman KSN Geografi 2022 Part 1 + Kunci Jawaban

Halo para pejuang KSN Geografi se tanah air Indonesia, kali ini kita mulai lagi bahas soal-soal pendalaman buat kalian yang sedang mengincar juara di KSN tahun ini.

Soal-soal KSN ini termasuk soal yang di atas standar soal di kurikulum sekolah ya gaes, jadi pastikan banyak berlatih dan membaca materinya. Kali ini kita bahas soal no 1-5 dulu ya gaes, pelan-pelan asal klakon.

Jawaban di pembahasan bisa saja salah, silahkan didiskusikan saja kembali dengan mencari sumber-sumber yang rinci dan valid.

Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Berdasarkan jenisnya, batuan pada gambar berikut ini termasuk ke dalam jenis ....
a. sedimen organik
b. sedimen kimiawi
c. sedimen maseral
d. sedimen klastik-kompaksi
e. sedimen klastik-sementasi

2. Pemukiman di sepanjang sungai Bengawan Solo sering dilanda banjir, sehingga masyarakat membuat tanggul penahan banjir dan pada waktu banjir seringkali pemukiman ditinggalkan penduduknya. Prinsip geografi untuk mengkaji fenomena tersebut yang tepat adalah ....
a. interelasi
b. korologi
c. deskripsi
d. aglomerasi
e. distribusi

3. Menurut Preston E. James, ilmu geografi adalah induk ilmu pengetahuan yang dikenal dengan ....
a. Geography is earth science
b. Geography is analisis pattern of spatial
c. Geography is the mother of all science
d. Geography is natural attribute of place
e. Geography is spatial interaction

4. Kota X dan Y berlokasi pada lintang yang sama tapi kota M terletak di tengah-tengah benua (landlocked) dibandingkan kota N sehingga amplitudo suhu tahunan di kota M akan terlihat ....
a. besar
b. kecil
c. normal
d. tidak ada perubahan
e. semua jawaban salah

5. Siklus hidup badai petir dimana badai didominasi oleh gaya downdraft dan downburst yang menyebabkan hujan perlahan-lahan berhenti adalah ...
a. cumulus stage
b. development stage
c. dissipating stage
d. mature stage
e. juvenile stage

Pembahasan
1. Batuan sedimen itu kan terbentuk karena adanya proses pengendapan dan litifikasi (pembatuan). Ada dua jenis batuan sedimen yaitu klastik dan non klastik. Terbentuknya endapan menjadi batu juga melibatkan proses pemadatan (compaction), sementasi (cementation), dan diagenesa. Gambar menunjukkan batu breksi tipe vulkanik kayaknya. Mengingat perekatan antar butir batuannya sudah sangat padat maka sudah masuk sementasi.

2. Jawabannya adalah keterkaitan antara fenomena banjir dengan fenomena migrasi penduduk sementara.

3. Kalau ada kata "induk ilmu pengetahuan" dalam bahasa inggris adalah "mother of science".

4. Amplitudo suhu adalah perbandingan suhu suatu wilayah, kalau amplitudo harian misalnya berarti perbandingan suhu siang dengan malam apakah drastis tidak perbedaannya. Amplitudo suhu tahunan merupakan nilai perbedaan antara temperatur/suhu bulan terpanas dengan temperatur bulan terdingin dalam waktu satu tahun.  

Besar kecilnya amplitudo suhu dipengaruhi oleh keadaanfisiografis  permukaan bumi, tinggi rendahnya kelembapan udara, dan sifat arus laut pada laut/samudera sekitarnya. Daerah yang memiliki wilayah lautan yang luas atau dekat dengan laut cenderung memiliki amplitudo suhu yang rendah sebab curah hujan relatif tinggi dan kelembapan udara tinggi. Jika kasusnya landlocked artinya jauh dari lautan, maka amplitudo akan terasa besar.

5. Ini adalah soal terkait genesa awan cummulonimbus. Ciri pada soal termasuk fase dissipating, cek pada gambar di bawah.
Fase cumulonimbus
Lanjut: Soal Part 2
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close