45 Butir Soal Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) Geografi 2022 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 15

45 Butir Soal Kisi-Kisi Ujian Sekolah (US) Geografi 2022

Guru geografi se Indonesia nampaknya sedang sibuk membuat kisi-kisi soal US nih untuk ujian tahun ini. Kalau begitu saya akan berikan contohnya ya teman-teman.

Contoh ini didapat dari puspendik, jadi silahkan diedit-edit saja sesuai kebutuhan di sekolah karena sebaran dan kecepatan materi tiap guru beda-beda.

Selalu ingat prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam membuat soal-soal dan kisi-kisi misalnya. Kenapa sih kita harus buat kisi-kisi soal?.
Kisi-kisi soal US Geografi

Pengertian Kisi-Kisi
Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Syarat Kisi-Kisi Soal
Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen Kisi-Kisi Soal
Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. 

Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal adalah:
1. menentukan KD yang akan diukur;
2. memilih materi yang esensial;
3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif. 

Berikut ini contoh kisi-kisi mapel geografi USBN, download di bawah ini. Jangan lupa untuk share postingan ini di medsos atau grup guru lainnya. Semoga bermanfaat.

DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close