Pengalaman Beli Rumah di Grand Nusa Indah Cileungsi DP 5 Juta All In - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Maret 6

Pengalaman Beli Rumah di Grand Nusa Indah Cileungsi DP 5 Juta All In

Assalamualaikum wr, wb para pejuang rumah se Indonesia, kali ini saya akan bagikan cerita pengalaman beli rumah KPR di Grand Nusa Indah Cileungsi Bogor. 

Jadi awalnya saya kan sudah kerja jadi guru dari tahun 2016 di kota Bekasi setelah pindah dari Banjarmasin tahun sebelumnya. Selama 5 tahun ini saya sudah ngontrak dari mulai kos sampai kluster rumah dalam jangka waktu 5 tahun tersebut.

Setelah dipikir-pikir akhirnya di tahun keenam ini saya putuskan mencari rumah, tentunya dengan model KPR saja karena kalau cash belum bisa. Selain itu harga rumah setiap tahun melonjak tajam, tidak bisa diimbangi dengan naiknya pendapatan yang drastis, kecuali saya jadi sultan dadakan.

Pertama saya survey di area dekat kluster kontrakan di Jatiasih, harga rumah sudah sangat tinggi diatas 500an juta. Saya mengincar rumah komersil saja karena kalau rumah subsidi lokasinya jauh sekali dan fasilitas rumahnya seadanya, belum ada pagar, septic tank, dapur, kanopi dll.

Setelah itu saya kemudian mengalihkan survey ke wilayah Cibubur dan Cileungsi, yang penting jalur untuk kerja masih satu garis lurus. Setelah beberapa hari akhirnya ketemu Grand Nusa Indah di Cileungsi.

Lokasi Grand Nusa Indah ini berada setelah Metland, Grand Wisata dan Citraland. Dari flyover Cibubur paling sekitar 15 menit kalau gak macet. Dulu waktu saya main ke Jonggol naik motor, saya pernah berhenti di bengkel tepat di depan Grand Nusa Indah ini. Mungkin sudah takdirnya memang sekarang tinggal di sana.

Saya lalu masuk ke area cluster yang masih luas, dengan jalan boulevard besar sekitar 2 km ke arah dalam. Nampaknya pemukiman ini masih terus akan berkembang seiring waktu dan menjadi semi kota mandiri.

Dengan diantar sales marketing saya ditunjukkan area perumahan yang sedang dibangun, ada beberapa yang sudah dihuni dan ada yang masih progress. Ada beberapa blok perumahan cluster di sini, dan pas saya datang yang sedang dibangun adalah kluster Danakitri.

Ingat untuk memastikan dulu agar perumahan anda tidak berada di wilayah low land, tanpa danau penampungan dan berada di sempadan sungai. Karena pasti akan banjir seperti di Villa Nusa Indah dan perumahan lain yang didirikan di pinggir sungai.

Tipe rumah yang ditawarkan di Danakitri adalah Danendra (30/60), Dewani (31/60) dan Danadipa (33/66). Saya sendiri memutuskan membeli yang Danadipa karena progress rumah sudah 60% waktu itu (bulan November) dan ada promo dari Bank Mandiri bunga 2,3%.

Saya langsung mengajukan booking 3 jt dan sisanya 2 juta lagi dibayar belakangan. Jadi promonya itu 5 juta All In (bebas semua biaya), ya biasalah maklum marketing developer dan bank. Setelah itu satu bulan kemudian di akhir Desember akad jual beli, supaya bisa dapat bunga fix 3 tahun 2,3%, lumayan buat nabung dulu.

Ada dua macam skema KPR yaitu yang konvensional dan syariah. Saya sempat cek keduanya dan metode syariah memang cicilan dipukul rata besar dari awal, dan syaratnya masih agak ribet. Jadi bismillah saya pilih yang konvensional saja. 

Harga rumah tahun lalu 450 juta dengan tenor 20 tahun, kok lama banget?. Gak papa biar gak mengganggu cash flow harian, toh setelah itu saya masih produktif dan di rumah tersebut insaallah saya akan bangun pos pendapatan lain, jadi mindsetnya seperti itu.

Semakin lama menunda mengambil rumah maka harga semakin melangit. Tahun ini saya harga rumah saya sudah naik 30 jutaan jadi 480 juta. Bayangkan 5-10-20 tahun kemudian, berapa harga rumah?. Apakah bisa dikerjar dengan kenaikan gaji?. 

Maka strategi manajemen hidup yang diperlukan untuk menaklukan ekonomi kapitalisme seperti ini. Kalau anda punya uang banyak, ya syukur alhamdulillah belilah dengan cash. Silahkan atur strategi sebaik mungkin, kurangi mengeluh.
Cluster Danadipa Grand Nusa Indah

Lanjut ya, jadi setelah akad, saya masing menunggu finishing rumah yang rencannya mungkin awal puasa baru bisa ditempati. Artinya saya beli indent tapi pas survey, wujud pembangunan sudah ada. Banyak juga developer rumah abal-abal yang menawarkan rumah indent tapi ujung-ujungnya penipuan, entah itu pakai embel-embel syariah atau apalah. Jadi anda harus banyak membaca dan hati-hati saat membeli rumah.

Proses pengajuan KPR rumah di Grand Nusa Indah relatif cepat dengan memakai Bank Mandiri, karena payroll gaji saya Mandiri. Metode KPR sekarang adalah flat + floating,  jadi pastikan juga kalian semua paham maksudnya.

Progres pembangunan rumah sekarang sudah 99% tinggal finishing fasilitas listrik dan PDAM serta taman dan jalan utama saja. Mudah-mudahan puasa ini sudah bisa ditinggali.

Arena perumahan masih sangat luas dan terus dilakukan pembangunan unit rumah. Ada beberapa fasilitas pendukung seperti waterpark, alfamidi, danau penampung air yang luas, sekolah sedang dibangun di area Grand Nusa Indah.

Ada beberapa tipe rumah yang dijual disini, jadi silahkan cek sendiri saja di google. Bagi yang mau tau info lanjut atau pengalaman lain dan mengarahkan langsung ke marketing Grand Nusa Indah, silahkan bisa whatsapp saya di bawah.

Pengalaman setiap hari pemesanan rumah selalu ada dan semakin hari menunda maka semakin mahal harga dan lama jadinya. Lokasinya pun akan semakin jauh dari pusat keramaian. Tapi ingat sebelum memutuskan membeli rumah, analisa dulu cash flow keuangan keluarga ya, jangan main radikal saja.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close