Soal Pendalaman KSN Geografi 2022 Part 5 + Kunci Jawaban - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Maret 2

Soal Pendalaman KSN Geografi 2022 Part 5 + Kunci Jawaban

Halo teman-teman sekalian kita lanjut lagi ya bahas pendalaman KSN Geografi tahun 2022 bagian ke 5. Pastikan untuk tetap pantengin blog ini untuk update soalnya.

Jangan sungkan untuk share postingan ini ke teman-teman lain supaya lebih bermanfaat lagi dan menambah teman diskusi kamu. 

Baca kunci pembahasannya dengan baik dan pahami istilah-istilah penting di dalamnya, siapa tahu soal nanti mirip dengan pembahasan yang sudah kalian baca.

20. Awan ini merupakan salah satu pertanda adanya proses pelubangan ozon dan berada di ...
Awan pertanda lubang ozon

a. termosfer
b. stratosfer
c. eksosfer
d. meosfer
e. ionosfer

21. Siklon tropis merupakan sebuah fenomena cuaca yang dapat merugikan manusia secara materi. Siklon tropis adalah pusat tekanan rendah yang dapat menyebabkan suatu gelombang tinggi. Gelombang tinggi yang dimaksud adalah ....
a. banjir rob
b. gelombang pasang
c. tsunami
d. rouge wave
e. storm surge

22. Water table adalah perbatasan antara zona jenuh dan zona tidak jenuh tanah. Suatu air tanah yang diturap (digunakan) berlebihan dapat menyebabkan fenomena  ....
a. saltwater intrusion
b. drought
c. watertable depresion
d. land subsidence
e. pancuran artesis

23. Awan ini merupakan awan yang berwarna kebiruan dan jarang ditemui di wilayah Indonesia khususnya. Awan ini muncul akibat jatuhan meteor yang masuk ke atmosfer bumi. Awan in bernama ....
a. nimbostratus
b. noctilucent
c. asperitas
d. nacreous
e. lenticularis

24. Sebuah pola aliran sungai memiliki sungai yang saling menjauh ke luar. Pola aliran sungai tersebut disebut juga pola ...
a. trellis
b. pararel
c. radial sentrifugal
d. multibasinal
e. radial sentripetal

25. Sebuah peta memiliki kontur interval 12,5 m. Peta tersebut memiliki skala ...
a. 1: 10.000
b. 1:15.000
c. 1: 20.000
d. 1: 25.000
e. 1: 30.000

Kunci Jawaban
20. Ozon secara alam terbentuk ketika oksigen bertemu dengan radiasi ultraviolet matahari. Awan stratosfer kutub (Polar Stratosphere Clouds) adalah awan di stratosfer kutub saat musim dingin pada ketinggian 15.000–25.000 m (49.000–82.000 kaki). 

Awan ini bisa diamati oleh banyak orang saat senja hari,  ketika Matahari berada antara 1 dan 6 derajat di bawah cakrawala. Salah satu jenis utama PSC sebagian besar terdiri dari tetesan air dan asam nitrat yang sangat dingin dan terlibat dalam pembentukan lubang ozon. Awan yang berkaitan dengan lubang ozon ini disebut Nacreous.

21. Storm surge adalah kenaikan muka air laut yang muncul selama siklon tropis, badai yang besar atau yang sering dikenal sebagai topan. Ada kata storm kan dalam bahasa Inggris itu badai.

22. Pengambilan air tanah secara berlebihan secara terus menerus dapat mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan. Jika letaknya dekat laut maka akan memicu intrusi air laut, sementara jika di wilayah yang jauh dari laut maka bisa memicu land subsidence atau ambelesan tanah karena terdapat ruang kosong di bawah permukaan tanah karena airnya habis disedot untuk kegiatan manusia.

23. Tata surya bagian dalam dipenuhi dengan meteoroid dari segala bentuk dan ukuran - dari bongkahan batu seukuran asteroid hingga bintik debu mikroskopis. Setiap hari Bumi dihantam berton-ton material, sebagian besar berukuran mikrokopis. Ketika meteoroid menghantam atmosfer kita dan terbakar, mereka meninggalkan kabut partikel kecil yang tersuspensi 70 km hingga 100 km di atas permukaan bumi. Inilah penyebab munculnya awan noctilucent, gambarnya di bawah. Bukan kebetulan bahwa noctilucent clouds terbentuk setinggi 83 km, tepat di dalam zona asap meteor.
Awan noctilucent dari tabrakan meteorit

24. Pola aliran menyebar seperti dari puncak gunung ke segala arah adalah radial sentrifugal.

25. Ci = 1 / 2.000 x penyebut skala
12,5 = 1 / 2.000 x penyebut skala
penyebut skala = 12,5 x 2.000 = 25.000
jadi skala peta 1: 25.000
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close