Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 24

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 6-10

Halo adik-adik, kali ini kita lanjut bahas lagi soal OSK Geografi 2018 ya, biar flash back lagi ingatnnya. Untuk soal nomor 1-5 udah dijelaskan di link berikut: Kunci OSK 2018 1-5.

Nah kali ini kita akan lanjutkan bahas soal nomor 6-10, pastikan untuk share postingan ini ke teman-teman lain di grup medsos ya!. Tetap semangat berjuang di OSN tahun ini.


6. Indonesia yang merupakan bagian dari sistem monsoon (monsun, muson) Asia-Australia mempunyai karakteristik monsoon yang luar biasa indahnya. Pada saat matahari seolah-olah berada maksimum di Utara ekuator maka terbentuk:
a. monsoon Australia
b. monsoon Asia
c. monsoon Pasifik barat
d. monsoon India
e. monsoon Asia timur tenggara

7. Peristiwa Dipole Mode (Indian Ocean Dipole Mode) terdapat di Samudra Hindia tepat di sekitar ekuator. Jenis IODM (-) menunjukkan bahwa di lepas pantai barat Sumatera:
a. Sea Surface Temperature (SST) lebih tinggi dibanding SST di timur ekuator Afrika
b. SST lebih rendah dibanding sisi timur ekuator Afrika
c. tiada perbedaan SST di kedua tempat tersebut di atas
d. Mean Sea Level (MSL) lebih tinggi dibanding di sisi pantai timur Afrika
e. MSL lebih rendah dibanding di sisi pantai timur Afrika

8. El Nino dan La Nina merupakan proses perubahan suhu permukaan laut yang tidak biasanya yang terjadi di samudra Pasifik tropis yang mempengaruhi sel sirkulasi atmosfer yang berarah Timur-Barat yang disebut:
a. Sel Hadley
b. Sel Kutub
c. Sel Ferrel
d. Sel Walker
e. Sel Rossby

9. Erosi tanah yang berlangsung secara perlahan namun kontinyu jika tidak dikelola dengan baik dapat mengundang bahaya yang lebih besar, yaitu:
a. longsor
b. sedimentasi
c. banjir bandang
d. kekeringan
e. rayapan tanah

10. Pengelolaan bencana lebih ditekankan pada usaha-usaha yang dilakukan pada saat prakejadian dengan alasan:
a. sesuai budaya masyarakat
b. ketersediaan dana melimpah
c. ancaman dapat dihilangkan
d. masyarakat mudah disadarkan
e. perencanaannya lebih matang

Kunci Jawaban 
6. Ingat prinsip angin itu terbentuk karena perbedaan tekanan. Angin muson juga sama jadi mengalir karena perbedaan tekanan diantara dua benua yaitu Asia dan Australia. Pada saat matahari berada di belahan bumi utara maka suhu udara di belahan bumi selatan akan lebih rendah sehingga tekanan udara cenderung tinggi dibandingkan Asia. Maka terbentuklah angin muson Australia, begitupun sebaliknya jika matahari berada di belahan bumi selatan maka yang terbentuk adalah muson Asia.
Pergerakan angin muson
7. Dipole Mode atau yang lebih sering disebut sebagai Indian Ocean Dipole dan Indian NiƱo merupakan suatu fenomena osilasi suhu air permukaan laut yang tak teratur yang menyebabkan wilayah barat Samudra Hindia lebih hangat dan lebih dingin dibandingkan wilayah timur Samudra Hindia. Jadi Dipole Mode itu adalah El Nino nya Samudera Hindia.

8. Sirkulasi Walker terdiri dari sel-sel sirkulasi atmosfer arah timur-barat di sepanjang sabuk khatulistiwa. Komponen yang paling dominan adalah cabang Pasifik, yang terdiri dari angin timur di troposfer bawah, angin barat di troposfer atas, gerakan naik di atas Pasifik barat, dan penurunan di atas Pasifik timur. Sirkulasi Walker memiliki variabilitas yang nyata pada skala waktu intramusiman dan antartahunan musiman, dan merupakan komponen integral dari sistem iklim El Nio–Osilasi Selatan. Fluktuasi Sirkulasi Walker dapat menyebabkan kondisi cuaca ekstrem di berbagai belahan dunia.
Mekanisme Sirkulasi Walker di Pasifik
9. Erosi tanah pada dasarnya adalah proses pengikisan tanah baik yang lambat maupun cepat. Erosi yang tidak dikendalikan maka bisa memicu longsor besar di kemudian hari. Erosi disebabkan oleh faktor pemicu dan faktor pengontrol

10. Mitigasi bencana lebih baik dilakukan sebelum kejadian atau prakejadian karena pada saat ini perencanaan lebih matang. Data-data yang dibutuhkan bisa menjadi acuan untuk memprediksi bencana dan melakukan antisipasi baik secara infrastruktur maupun adaptasi bencana kepada masyarakat. 

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close