Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 36-40 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, April 26

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 36-40

Halo kawan-kawan sekalian kita lanjut lagi buat bahas kunci jawaban soal OSN Geografi 2018 nomor 36-40 ya!. Materi di nomor ini masih seputar sumber daya dan lingkungan hidup.

Jangan lupa untuk selalu share blog ini ke teman-teman di grup medsos kalian biar semakin rame dan banyak teman diskusi.

36. Fenomena yang sering terjadi di kota besar dekat lembah dan pegunungan akibat banyaknya
gas NOx hasil pembakaran bahan bakar fosil adalah:
a. Urban Heat Island
b. Pemanasan global
c. Photochemical Smog
d. Inversi suhu
e. Efek rumah kaca

37. Peran geografi pertanian dalam mempertahankan konservasi sumberdaya alam adalah:
a. Menjaga kelestarian sumber plasma nutfah yang penting dan berguna bagi manusia dan mencegah agar tidak terjadi kepunahan.
b. Peningkatan jumlah produksi dengan adanya dengan mencegah perusakan lingkungan sosial.
c. Menjaga keseimbangan flora dan fauna untuk meningkatkan produk pertanian.
d. Menjaga sumberdaya alam untuk memilih benih pertanian.
e. Meningkatkan produk pertanian melalui meningkatkan konservasi sumbedaya alam.

38. Tanah aluvial merupakan tanah yang terbentuk dari material halus hasil pengendapan aliran sungai. Persebaran tanah aluvial di Indonesia salah satunya banyak terdapat di:
a. Jawa bagian selatan
b. Jawa bagian utara
c. Sumatera bagian timur
d. Sumatera bagian selatan
e. Kalimantan tangah

39. Untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
a. pH tanah, kandungan mineral, bahan organik, keremahan tanah
b. kandungan bahan organik dan kelembaban tanah
c. kandungan bahan organik dan ketebalan humus
d. kandungan bahan organik dan keermahan tanah
e. kandungan bahan organik dan kandungan mineral

40. Sistem pertanian yang terdapat di Indonesia antara lain:
a. sawah, tegalan, perkebunan
b. sawah, ladang, pekarangan, perkebunan
c. sawah, ladang, tegal pekarangan, perkebunan
d. sawah, ladang, kebun campuran, tegalan
e. sawah, kebun, tegalan, pekarangan

Kunci Jawaban 
36. Photochemical smog adalah suatu keadaan ketika polutan primer (Oksida nitrogen – NOx dan VOC yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dan biomassa) bereaksi dengan bantuan sinar matahari dan menghasilkan polutan sekunder yang lebih berbahaya. Keadaan ini ditunjukkan dengan adanya kabut tipis di atas langit kota. Biasanya fenomena ini terjadi pada musim panas. Kota-kota besar terutama Jakarta sering mengalami fenomena kabut polutan ini.
Kabut polusi

37. Plasma nutfah adalah suatu substansi sebagai sumber sifat keturunan yang terdapat dalam setiap kelompok organisme. Substansi ini berpotensi untuk dikembangkan atau dirakit guna menciptakan kultivar-kultivar baru melalui pemuliaan tanaman. Menjaga kelestarian pasma nutfah sangat penting agar kebutuhan manusia tercukupi dan kepunahan bisa dihindari.

38. Tanah aluvial berasal dari endapan sedimen sungai, artinya pasti berada di wilayah hilir seperti pantai utara Jawa. 

39. Kesuburan tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pH, kandungan mineral, bahan organik dan keremahan tanah. pH tanah netral adalah di angka 6-8, mineral-mineral penyubur tanah diantaranya boron, klorin, kobalt, besi, mangan, magnesium, molibdenum, zink dan sulfur, humus adalah bahan organik sisa dekomposisi yang sangat baik bagi kesuburan tanah sementara tanah yang remah sangat baik bagi perakaran tanaman.

40. Sistem pertanian di Indonesia adalah sawah, ladang, tegal pekarangan, perkebunan. Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Ladang adalah lahan pertanian yang diolah tanpa sistem perairan.

Ciri Ladang antara lain: tanaman yang ditanam adalah palawija, kawasannya berbukit dan tanah, tempatnya luas hingga 40 hektar.

Tegalan adalah lahan kering yang ditanami tanaman musiman atau/tahunan seperti padi ladang, palawija/holtikultura dan letaknya terpisah dengan halaman sekitar rumah.

Perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai; mengolah, dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut, dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi, permodalan serta manajemen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat. (wikipedia).

DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close