Soal Latihan Prediksi KSN-K Geografi 2022 + Pembahasan [Part 10] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, April 7

Soal Latihan Prediksi KSN-K Geografi 2022 + Pembahasan [Part 10]

Halo adik-adik lanjut lagi kita bahas soal prediksi KSN/OSN Geografi ya biar tambah banyak lagi bahan belajarnya.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian. Selamat berlatih!.

46. Lalo adalah seorang mahasiswa asal Sumedang. Setiap hari Lalo berangkat dari Sumedang untuk mengikuti kuliah di kampus yang ada di kota Bandung. Setelah selesai kuliah ia pulang kembali ke rumah. Jenis migrasi yang dilakukan Lalo adalah ....
a. nomaden
b. komuter
c. migran
d. ruralisasi
e. perantau

47. Bahan bakar berikut ini bukan berasal dari sumber daya terbarukan yaitu ...
a. petrodiesel
b. biosolar
c. biofuel
d. fuel cell
e. bioethanol

48. Berikut ini karakteristik bentang alam:
1. adanya bukit membundar terisolir
2. mempunyai perlapisan batuan sedimen sejajar
3. puncak datar atau hampir datar
4. pola sungai trelis
5. dibatasi lereng sangat terjal atau vertikal
Ciri morfologi plato adalah ....
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 2,3,5
d. 2,4,5
e. 3,4,5

49. Seorang tokoh yang pernah menulis buku "The Wealth of Nation" yang berisi teori invisible hand yang menjelaskan bahwa ekonomi tidak perlu diatur oleh negara, dicetuskan oleh ....
a. Keynes
b. Adam Smith
c. Karl Marx
d. David Ricardo
e. Malthus

50. Alamanda sudah lama bermimpi ingin mengunjungi tempat wisata yang kemudian ia tulis dalam diary nya. Ia merahasiakan hal ini dari kakaknya dan keluarganya. Satu-satunya petunjuk yang ia ketahui kakanya adalah negara ini tidak mengandalkan listrik sebagai energi utama melainkan kayu bakar. Negara tersebut adalah ....
a. Korea utara
b. Bhutan
c. Mongolia
d. Yaman
e. Afganistan

Kunci Jawaban
46. Perpindahan penduduk tidak permanen dalam satu hari atau 24 jam disebut migrasi komuter. Hal ini banyak ditemukan saat ini pada masyarakat urban. Jika perpindahannya lewat 24 jam, misal malam harinya nginap dulu di teman kemudian esok hari pulang ke rumah maka jenisnya adalah sirkuler. Jadi bedanya adalah durasi waktu.

47. Sumber daya energi terbarukan adalah sumber energi yang asalnya dari sumber daya alam dan tidak akan habis. Hal tersebut dikarenakan sumber energi ini terbentuk melalui proses alam yang berkelanjutan. Contohnya adalah semua yang depannya ada "bio" yaitu bioetanol, biodiesel, biosolar dll. Fuel cell adalah alat pengubah hidrogen menjadi energi kimia atau listrik. Jadi yang bukan energi terbarukan adalah petrodisesel (petro=minyak, ini masih sama dengan petroleum).

48. Plateau sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang berarti 'meja tanah'. Dataran tinggi (plato) tidak semuanya merupakan daerah yang datar secara sempurna, tetapi lebih mengacu kepada relief yang rendah diatas ketinggian. Ciri plato adalah 1,2,3.

49. Pada tahun 1776, Adam Smith, seorang ekonom klasik, menerbitkan buku yang berjudul The Wealth of Nations, dimana salah satu prinsip yang ditawarkan adalah kebebasan pasar. Smith menyatakan bahwa dengan mengimplementasikan pasar bebas justru akan mendorong teralokasinya sumber daya dengan efektif dan efisien. Permintaan dan penawaran pasar adalah “tangan tak terlihat” (invisible hand) yang akan menstimulus pasar menunju kesetimbangannya. Prinsip ini menolak campur tangan pemerintah, karena justru akan mengganggu mekanisme pasar itu sendiri. Prinsip ini juga sering dikenal dengan laissez-faire (let it be). Konsep ini berkembang pesat dan klimaksnya adalah munculnya revolusi industri.

50. Negara kecil tersebut adalah Bhutan. Negara di kaki Himalaya yang masyarakatnya banyak bermukim di pedesaan. Kayu bakar adalah sumber energi utama.

Lanjut: Soal Part 11
Peta lokasi Bhutan
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close