Soal Latihan Prediksi KSN-K Geografi 2022 + Pembahasan [Part 12] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, April 9

Soal Latihan Prediksi KSN-K Geografi 2022 + Pembahasan [Part 12]

Hai kawan-kawan kali ini saya lanjut lagi bagikan soal prediksi OSN Geografi 2022 bagian terakhir ya. Semoga bisa membantu kalian yang sedang berjuang di OSN tahun ini.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lain supaya lebih bermanfaat dan menambah teman diskusi.

56. Berikut ini Diagram Hjulstrom yang menghubungkan kecepatan aliran sungai dengan proses erosi, transportasi dan sedimentasi. Berdasarkan tampilan diagram tersebut, berikut adalah ukuran butir yang membutuhkan energi erosi paling rendah yaitu ....
a. lempung
b. lanau
c. pasir
d. kerikil
e. kerakal

57. Tokoh geografi ekonomi yang percaya bahwa pertumbuhan penduduk dunia yang jauh melampaui kemampuan dunia untuk menciptaka makanan adalah ....
a. Thomas Malthus
b. Ernest W Burgess
c. Carl Sauer
d. J. H von Thunen
e. Karl Ritter

58. Perpidahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya terdiri atas migrasi nasional dan internasional. Manakah yang termasuk ke dalam migrasi internasional?
a. turisme, evakuasi, remigrasi
b. imigrasi, emigrasi, repatriasi
c. migrasi musiman, migrasi sirkuler, migrasi komuter
d. migrasi, emigrasi, migrasi sirkuler
e. urbanisasi, transmigrasi, ruralisasi

59. Berbagai sumber energi baru dan terbarukan di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. Tujuan pengembangan sumber energi tersebut adalah ....
a. memperbesar jumlah konsumsi energi penduduk
b. mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil
c. mendapatkan keutungan bagi para pengusaha
d. meningkatkan pendapatan nasional sebesar-besarnya
e. menambah nilai jual energi untuk penggunaan sektor industri

60. Perhatikan gambar!


Alasan dari banyaknya pohon berdaun jarum tumbuh di bioma boreal/taiga adalah ....
a. untuk menghindari suhu dingin
b. agar dapat melapisi kulit biji agar tidak membusuk
c. melindungi pohon dari tumpukan salju
d. mempermudah untuk memperoleh sinar matahari saat siang hari
e. mempermudah bagi pohon untuk menggugurkan daun ketika musim gugur

Kunci Jawaban
56. Erosi tinggi maka velocity/kecepatan arus yang dibutuhkan semakin besar. Dari diagram terlihat bahwa yang memerlukan kecepatan paling rendah adalah pasir (sand).

57. Thomas Malthus adalah salah satu tokoh ekonomi klasik yang pernah mengemukakan teori bahwa populasi manusia bertambah menurut deret ukur sementara sumber daya bertambah menurut deret hitung. Artinya akan terjadi ketidakseimbangan/krisis di masa depan.

58. Migrasi internasional artinya perpindahan penduduk lintas wilayah negara contohnya emigrasi, imigrasi dan repatriasi.

59. Tujuan pengembangan energi baru dan terbarukan adalah agar kita tidak bergantung pada energi konvensional (fosil) yang mana cadangannya akan habis.

60. Hutan berdaun jarum seperti cemara salah satunya bertujuan agar melindungai pohon dari tumpukan salju. Salju aka mudah turun dari atas ke bawah jika struktur pohon runcing seperti payung dan memiliki daun jarum tipis berlapis lilin. Inilah kekuasaan Allah SWT.
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close