Solusi OSN Geografi: Menentukan Azimuth Dua Titik Koordinat Kartesius - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, April 5

Solusi OSN Geografi: Menentukan Azimuth Dua Titik Koordinat Kartesius

Halo adik-adik sekalian kali ini saya akan coba bahas tentang solusi soal OSN Geografi peta dan pemetaan dasar. Biasanya soal pemetaan itu gak banyak sih, tapi kalau betul kan lumayan juga butat poin.

Jadi contoh soal yang akan berikan adalah soal tentang menentukan sudut azimuth dua titik koordinat peta yang ada pada diagram kartesius.

Contoh soal OSN peta dan pemetaannya di bawah ini:
47. Diketahui dua buah titik yang diketahui koordinatnya yaitu koordinat A (200,100) dan koordinat B (-300, -400). Maka azimuth AB adalah ....
a. 225⁰
b. 180⁰
c. 135⁰
d. 45⁰
e. 30⁰

Pembahasan
Untuk menjawab soal ini kamu harus memahami koordinat kartesius dan cara menentukan sudut azimuth pada peta. Koordinat kartesius adalah koordinat yang diwakili x (horizontal) dan sumbu y (vertikal).

Sementara itu sudut azimuth adalah sudut yang dihitung dari utara kompas searah jarum jam. Jadi langkah pertama kita buat dulu koordinat lokasinya, hasilnya seperti di bawah.
Koordinat Geografi di Kartesius

Setelah itu ikuti patokan sudut azimuth seperti di bawah ini. 
Sudut azimuth peta

Jadi kalau melihat posisi A dan B di diagram kartesius tadi maka azimuth A ke B itu bernilai sekitar 225⁰. Gambar lengkapnya di bawah, mudah kan?. Jangan lupa share ke teman-teman lain ya!.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close