Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 61-70 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Mei 22

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 61-70

Yuk gaes kita gas lagi bahas kunci jawaban simulasi OSN Geografi 2022 buat nemenin kamu belajar, bentar lagi hari H pelaksanaan OSN lho!.

Jangan lupa untuk share blog ini ke teman-teman lain ya di grup medsos kalian, semoga membantu buat bahan belajar.

61. Hasil sensus penduduk 2020 menunjukkan bahwa sex ratio penduduk Indonesia sebesar 102. Data tersebut menunjukkan kecenderungan perubahan dibandingkan sensus sebelumnya. Terjadinya kecenderungan tersebut sangat dimungkinkan seiring dengan ....
a. peluang karir di luar rumah bagi perempuan semakin terbuka
b. kesempatan kerja tidak lagi bias gender
c. peningkatan angka harapan hidup laki-laki
d. keberhasilan gerakan KB
e. meningkatnya kesadaran produktifitas di kalangan penduduk

Kunci
Sex ratio 102 itu artinya kan tiap 100 wanita terdapat 102 laki-laki, artinya persentase laki-laki lebih banyak dibanding wanita. Awalnya kan SR Indonesia itu di bawah 100, kalau meningkat berarti angka harapan hidup laki-laki bertambah, benar gak sih?.

62. Indonesia telah mengalami baby boom sebanyak dua kali dan diprakirakan akan mengalaminya kembali untuk yang ke 3. Terjadinya baby boom ketiga karena faktor ....
a. situasi tenang dampak kemerdekaan negara
b. pengaruh faktor geografis dan demografis Indonesia
c. pertumbuhan ekonomi dunia ke 3
d. dampak baby boom pertama
e. budaya pronatalitas yang sulit diminimalisasi

Kunci
Baby boom itu kan ledakan penduduk, nah di Indonesia itu sejarah baby boom pertama itu kurun 1950an, setelah kemerdekaan masih belum fokus ngurus penduduk yang ada mempertahankan kemerdekaan jadi terjadi ledakan penduduk.

Baby boom kedua itu terjadi karena budaya pronatalis yang sulit diminimalisir sejak era orde baru sampai reformasi. Kalau baby boom ketiga mungkin saja karena pertumbuhan ekonomi dunia ketiga.

Saya belum dapat data pastinya di berbagai sumber.

63. Menurut Malthus terdapat dua cara untuk menekan angka kelahiran yaitu dengan preventive checks dan positive checks. Tragedi pada gambar seringkali disebut Holodomor merupakan salah satu kebijakan positive checks rezim penguasa yang terjadi pada tahun 1932-1933 di negara ...


a. Ukraina
b. Irlandia
c. Rumania
d. Bulgaria
e. Slowakia

Kunci
Holodomor itu masuk kategori genosida, merupakan peristiwa pembunuhan dan kelaparan massal di Ukraina pada tahun 1932—1933. Kejahatan ini dipimpin oleh Joseph Stalin, diktator asal Uni Soviet, dengan jumlah kematian mencapai 7 juta orang. Kebanyakan dari mereka meninggal akibat kelaparan parah. Coba baca lagi sejarah genosida lain ya kaya Holocaust dll, barangkali nanti muncul di soal.

64. Dibandingkan dengan MEDCs,, pernyataan yang benar terkait LEDCs adalah ....
a. angkatan kerja yang bekerja pada sektor primer pertanian lebih besar
b. piramida penduduknya memiliki dasar yang lebih ramping
c. konsumsi energi per kapitanya lebih tinggi
d. pertumbuhan penduduk naturalnya rendah
e. angka kelahirannya lebih rendah

Kunci
MEDCs itu kepanjangan 'more economically developed country' alias negara maju, kalau LEDCs 'less economically developed country' atau negara miskin/berkembang. LEDCs cirinya salah satunya angkatan kerja dominan di sektor primer atau agraris dibanding sektor sekunder/tersier.

65. PBB menciptakan IPM sebagai indikator tingkat perkembangan, menggabungkan faktor-faktor ....
a. pendapatan/pengeluaran, pendidikan, harapan hidup
b. pendapatan/pengeluaran, GDP, harapan hidup
c. pendidikan, GDP, harapan hidup
d. literasi, pendidikan, harapan hidup
e. literasi, kesehatan, pendidikan

Kunci
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar yaitu harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak.  Jika diuraikan komponennya menjadi berikut:

a. Angka Harapan Hidup
Angka Harapan Hidup (AHH) pada waktu lahir merupakan rata-rata perkiraan banyak tahun yang dapat ditempuh oleh seseorang selama hidup.
b. Angka Melek Huruf
Angka melek huruf adalah persentase penduduk usia 15 tahun keatas yang dapat membaca dan menulis huruf latin dan atau huruf lainnya.
c. Rata-Rata Lama Sekolah
Rata-rata lama sekolah menggambarkan jumlah tahun yang digunakan oleh penduduk usia 15 tahun keatas dalam menjalani  pendidikan formal.
d. Pengeluaran Riil per Kapita yang disesuaikan
UNDP mengukur standar hidup layak menggunakan Produk Domestik Bruto (PDB) riil yang disesuaikan, sedangkan BPS dalam menghitung standar hidup layak menggunakan rata-rata pengeluaran per kapita riil yang disesuaikan dengan formula Atkinson.

66. Garis Brandt membagi negara-negara dunia menjadi dua kelompok ...
a. negara global north dan global south
b. negara dengan angka harapan hidup tinggi dan rendah
c. negara anggota dan bukan anggota G20
d. negara anggota dan bukan anggota OECD
e. negara anggota dan bukan anggota G8

Kunci
Ini pernah ada di soal OSK sebelumnnya. Garis Brandt adalah gambaran kesenjangan di antara negara-negara Utara dan Selatan berdasarkan PDB per kapita. Garis ini diusulkan oleh Willy Brandt pada tahun 1980-an. Jadi jawabannya A.

67. Perhatikan data tabel:
Negara A mampu memproduksi TV dengan biaya 50% dari biaya negara B untuk produksi barang yang sama. Sementara negara B mampu memproduksi pensil dengan biaya 70% dari biaya negara A untuk produksi barang yang sama. Oleh sebab itulah terjadi pertukaran barang diantara dua negara. Konsep David Ricardo yang terdapat pada skenario tadi adalah ...
a. Absolute Advantage
b. Comparative Advantage
c. Direct Foreign Investement
d. Footloose Industry
e. Substitution Principle

Kunci
Keunggulan komparatif yaitu kemampuan milik pribadi, perusahaan, badan, maupun negara untuk memproduksi barang atau jasa dengan ongkos produksi yang lebih rendah dibandingkan kompetitornya. Dengan begitu, harga jual barang atau jasa menjadi lebih rendah dan margin penjualan menjadi lebih kuat. Contoh kasus seperti pada soal, jadilah terbentuk interaksi pertukaran barang.

68. Istilah yang tepat untuk negara yang mengalami transisi kegiatan ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier adalah ....
a. negara berkembang
b. negara industri baru
c. negara maju
d. negara manufaktur
e. negara terbelakang

Kunci
Negara Industri Baru adalah newly industrialized country yaitu negara berkembang yang semula struktur ekonominya didominasi sektor pertanian mulai didorong ke arah struktur ekonomi industri yang ditandai dengan meningkatnya hasil ekspor di sektor industri dibandingkan dengan hasil ekspor di sektor pertanian.

Negara-negara yang dikategorikan sebagai negara industri baru atau NIC (Newly Industrialized Country) di kawasan Asia adalah India, Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok, Thailand, Malaysia dan Filipina.

69. Alasan tingkat kemelekan huruf dipergunakan sebagai salah satu ukuran pembangunan suatu negara adalah ....
a. jika tingkat melek huruf naik maka GDP menurun
b. orang berpendidikan tinggi berhak menuntut gaji yang tinggi di tempat kerjanya
c. orang yang hobi membaca hanya terdapat di negara maju
d. persentase buta huruf yang rendah akan menurunkan beban pemerintah
e. tingkat melek huruf menunjukkan masyarakat yang terampil dan berpendidikan

Kunci
Semakin tinggi angka melek huruf atau kecakapan baca tulis, maka semakin tinggi pula mutu dan
kualitas SDM. Penduduk yang bisa baca tulis diasumsikan memiliki kemampuan dan keterampilan karena dapat menyerap informasi baik itu lisan maupun tulisan. Jadi lebih ke jawaban E.

Namun di situs BPS angka melek huruf udah mulai diganti. Beberapa indikator sudah tidak tepat untuk digunakan dalam penghitungan IPM. Angka melek huruf sudah tidak relevan dalam mengukur pendidikan secara utuh karena tidak dapat menggambarkan kualitas pendidikan. Selain itu, karena angka melek huruf di sebagian besar daerah sudah tinggi, sehingga tidak dapat membedakan tingkat pendidikan antardaerah dengan baik. Angka Melek Huruf pada metode lama diganti dengan Angka Harapan Lama Sekolah 

69. Pada tahun 1990an, pemerintah Inggris memberi Malaysia sejumlah besar uang untuk membantu pembangunan pembangkit listrik tenaga air. Sebagai gantinya, Inggris menuntut agar Malaysia membeli perlengkapan militer dan senjata dari Inggris. Jenis bantuan yang dimaksud adalah ....
a. charitable long-term aid
b. conditional aid
c. emergency aid
d. multilateral aid
e. mutual aid

Kunci
Kalau lihat bahasa inggrisnya sih ya batuan bersayarat alias 'conditional aid'. Bantuan bersyarat diberikan oleh negara donor ke negara penerima untuk membiayai proyek-proyek di negara itu. Sebagai imbalannya negara penerima biasanya harus setuju untuk membeli produk lain dari negara donor atau memiliki persyaratan-persyaratan khusus. Jaman now itu mana ada yang gratis, rugi lah bandar.

Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close