Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 51-60 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Mei 22

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 51-60

Hai gaes, assalamualaikum wr wb, gimana nih masih tetap optimis kan menghadapi OSN Geografi besok?. Kalau gitu kita lanjutkan lagi ya pembahasan soal simulasinya.

Kali ini kita bahas no 51-60, topiknya bergeser ke geografi ekonomi dan mulai ada dinamika kependudukan. Pastikan untuk selalu update blog guru geografi ya, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya.

51. Negara yang bukan menjadi anggota BRICS adalah ...
a. India
b. Tiongkok
c. Russia
d. Brazil
e. Swedia

Kunci
Ini soal OSK tahun sebelum-sebelumnya. BRICS itu kerjasama ekonom Brasil, Russia, India, China/Tiongkok, South Africa. Ini kalian kalau tau bendera negara di atas sih ga bakal susah.

52. Weber adalah salah satu pakar lokasi industri yang dikenal dengan faktor-faktor lokasi industri. Yang tidak termasuk dalam faktor ini adalah ...
a. pasar
b. bahan baku
c. tenaga kerja
d. infrastruktur dan lahan
e. perijinan

Kunci
Teori Weber tersebut dapat diambil intisarinya bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi lokasi industri yaitu biaya trasportasi, upah tenaga kerja, dan aglomerasi. Biaya trasportasi dan upah tenaga kerja merupakan faktor umum yang menentukan lokasi industri dalam kaitannya dengan kerangka geografi. 

Biaya trasportasi merupakan faktor yang utama atau pertama dari langkah menentukan lokasi industri karena biaya transportasi bertambah ketika jarak pun bertambah jauh, dan faktor upah tenaga kerja dan faktor aglomerasi merupakan faktor yang mendorong modifikasi dalam lokasi industri.

Jadi nampaknya perijinan gak masuk kriteria teori Weber.

53. Aglomerasi adalah salah satu kecenderungan dalam tatanan bisnis yang perlu dikenali dan difasilitasi agar perekonomian kota berlangsung optimal. Karakteristik utama dalam konsep aglomerasi adalah ...
a. perusahaan sejenis saling bersaing maka lokasi perlu dipisah
b. perusahaan sejenis cenderung untuk saling mendekati
c. kawasan harus berisi berbagai jenis perusahaan agar terjadi value chain
d. kawasan ekonomi hendaknya bebas tidak perlu diarahkan
e. harus ada hierarki pada setiap kawasan

Kunci
Menurut Kolehmainen (2002) aglomerasi berarti industri tidak berlokasi secara merata pada seluruh wilayah, akan tetapi mengelompok secara berdekatan pada bagian tertentu di wilayah tersebut. Dalam aglomerasi industri terdapat interaksi yang saling terkait antara skala ekonomi, biaya transportasi dan permintaan. Jadi C jawabannya.

54. Gambar menunjukan pekerja yang disebut juga "gold collar". Termasuk aktifitas ekonomi apakah gambar tersebut?

a. primer
b. sekunder
c. tersier
d. kuartener
e. kuartener

Kunci
Istilah Gold Collar ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1985 dan merujuk pada pekerja mudah dengan gaji rendah namun gemar memberi barang mewah. Tidak hanya itu, istilah pekerja gold collar juga bisa diperuntukkan orang-orang yang sangat terampil dan pandai. Misalnya pengacara, periset, dan dokter. Jadi Gold Collar masukya industri kuartener.

Sektor kuarterner adalah sektor ekonomi yang mencakup penyediaan jasa dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan. Sektor ini merupakan pengembangan dari sektor tersier dengan melibatkan kekayaan intelektual.

Coba kalian cari lagi istilah pekerja itu ada blue collar, white collar, black collar, gold collar dan lainnya. Di google cari blog yang bahas istilah tersebut.

55. Kesempatan berusaha harus dibuka seluas-luasnya melalui fair trade yaitu sistem perdagangan berkelanjutan yang berusaha membantu produsen yang terpinggirkan melalui sistem pembayaran yang adil, kondisi tempat kerja layak, bantuan teknis, program sosial, sosial kesetaraan, transparansi, saling mempercayai dan menjaga lingkungan (pekerti). Yang tidak menunjang hal ini adalah adanya ....
a. menjaga nilai-nilai tradisional-lokal
b. monopoli
c. penciptaan pasar baru
d. ekonomi berkelanjutan
e. kooperasi

Kunci
Ya monopoli lah, kan ini satu produsen menguasai pasar ekonomi jadinya gak adil dong. 

56. Pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pengaruh berbagai faktor seperti kondisi fisiografis, biologis, sosial, ekonomi dan budaya. Salah satu contoh nilai-nilai budaya yang bersifat pro natalis adalah ....
a. peningkatan kualitas sumber daya insani
b. perluasan akses memperoleh layanan pendidik berkualitas
c. anak dipandang sebagai investasi hari tua
d. pemerataan kesempatan memperoleh pekerjaan yang layak
e. kearifan lokal memelihara lingkungan setempat

Kunci
Pro natalitas itu kan yang meningkatkan angka kelahiran jadi ya salah satunya pandangan bahwa anak itu adalah investasi keluarga. Makin banyak anak maka masa depan akan cerah. Kalau saya sih setuju, asal dengan diimbangi pendidikan yang berkualitas ya baik agama maupun duniawi.

57. Malthus merupakan tokoh pertama yang memberikan kritik terhadap bahaya laju pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan peningkatan pangan. Rekomendasi Malthus yang cenderung masih diimplementasikan di sebagian besar negara-negara berkembang, terutama terkait sikap anti natalis adalah ....
a. redistribusi kepemilikan tanah
b. peningkatan akses perdagangan internasional
c. diversifikasi peluang kerja sektor informal
d. gerakan KB
e. diversifikasi produk pangan

Kunci
Teori Thomas Robert Malthus (1798) menyatakan bahwa peningkatan produksi pangan mengikuti deret hitung dan pertumbuhan penduduk mengikuti deret ukur sehingga manusia pada masa depan akan mengalami ancaman kelaparan. Ini adalah teori ekonomi klasik yang mengesampingkan kemajuan teknologi pangan, kreatifitas manusia, perubahan ideologi ekonomi dan lainnya. Jadinya dulu Malthus itu menyarankan adanya gerakan keluarga berencana atau pembatasan kelahiran.

58. Perhatikan piramida penduduk berikut.

Piramida penduduk di atas pada umumnya masih mendominasi negara-negara berkembang. Jika dilihat dari indikator kualitas penduduk, piramida penduduk di atas menunjukkan ....
a. kebutuhan lapangan kerja semakin meningkat
b. ketimpangan angka harapan hidup
c. rendahnya kualitas kesehatan
d. peningkatan kebutuhan pemenuhan pangan
e. ancaman terhadap ketahanan pangan

Kunci
Ini soal menganalisa ya gaes, membaca data lalu menyimpulkan. Ini kan piramida tipe ekspansi, coba lihat semakin usia tua makin sedikit kan penduduknya. Simpulannya berarti negara ini kulaitas kesehatannya rendah jadi pasti angka harapan hidup rendah. 

59. Perhatikan data di bawah!


Data di atas menampilkan 5 provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi di Indonesia. Pengukuran indeks kebahagiaan di dasarkan pada dimensi ...
a. kepuasan hidup, perasaan dan makna hidup
b. kepuasan hidup, perasaan dan indeks kematian bayi
c. perasaan, indeks kematian bayi dan melek huruf
d. indeks kematian bayi, melek huruf, dan pendapatan per kapita
e. melek huruf, pendapatan per kapita dan lamanya pendidikan

Kunci
Dilansir dari BPS, Indeks Kebahagiaan 2017-2021 diukur menggunakan 3 (tiga) dimensi: Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Sementara Metode sebelumnya (2014), Indeks Kebahagiaan hanya diukur menggunakan satu dimensi yaitu Kepuasan Hidup (Life Satisfaction).

60. Perhatikan gambar!

Jika memperhatikan gambar di atas, masa yang paling berpeluang terjadi ledakan penduduk adalah ....
a. 2a dan 4a
b. 2b dan 2c
c. 2c dan 4a
d. 3a dan 4a
e. 3b dan 4c

Kunci
Ini kan soal yang ada di soal latihan simulasi yang udah saya upload kan?. Ledakan penduduk itu terjadi jika kelahiran masih level atas sementara kematian menurun. Lihat aja grafiknya yang menunjukkan gap kelahiran dan kematian adalah 2b dan 2c. Ingat cara membaca grafik data, pahami cara menganalisis model ginian ya, pasti nanti muncul soal model gini. Ini akan model AKM literasi data.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close