Tips Strategi Lolos OSN Geografi Tingkat Kota/Kabupaten 2022 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Mei 1

Tips Strategi Lolos OSN Geografi Tingkat Kota/Kabupaten 2022


Udah tanggal 1 Mei aja nih teman-teman dan OSN 2022 udah di depan mata, gimana nih masih bingung bikin strategi belajaranya karena sibuk mau lebaran?.

Tenang aja ya, silahkan bersuka ria dulu menyambut idul fitri tapi setelah itu harus langsung fokus ke OSN di akhir bulan ini.

Lalu apa saja sih yang perlu disiapkan supaya kalian itu bisa juara atau lolos OSN di tingkat kota/kabupaten?. Saya akan kasih tau beberapa strategi yang bisa kau coba aplikasikan.

Ingat bahwa tidak ada keberhasilan itu tanpa tata laksana perencanaan dan strategi yang matang. Main bola aja perlu strategi jitu buat membobol gawang lawan, apalagi mau juara OSN yang soalnya sulit-sulit, ya gak sih?.

Berikut persiapan yang harus kamu coba perhatikan buat lolos OSN tahun ini.
1. Cari Silabus OSN
Nah yang pertama kamu harus cari silabus materi OSN dulu ya gaes. Banyak sih blog-blog yang upload silabus materi OSN sesuai mapelnya. Dengan memahami silabus maka minimal di otak kita sudah menemukan pola sebaran materi sehingga tidak akan terlalu blank. Untuk silabus OSN Geografi tenang aja udah saya upload di blog ini. Cek linknya berikut: SILABUS OSN GEOGRAFI

2. Download Soal dan Kunci Jawaban OSN Tahun Sebelumnya
Langkah selanjutnya adalah download soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya, usahakan minimal 5 tahun terakhir dapat. Kenapa begitu, karena pola soal itu sama dari tahun ke tahun dan mungkin saja ada soal yang sama ditampilkan lagi. Ini akan menjadi keuntungan bagi kamu buat mendapatkan poin. Untuk soal OSN Geografi tenang saja karena di blog ini sudah saya upload banyak, tinggal koreh-koreh saja. Contohnya di link berikut: File Soal OSK Geografi 2020

3. Buat Rangkuman Konsep-Konsep Materi 
Siswa juara biasanya pasti yang rajin menulis, so kamu harus persiapkan buku tulis khusus buat catat konsep-konsep baru yang ditemukan dalam soal-soal geografi yang kamu bahas. Karena gak semua materi itu ada di buku paket SMA kan, materi OSN terlebih geografi itu banyak muncul dari materi kuliahan. Jadi banyak-banyak juga download diktat dan modul kuliah yang bisa kamu cari di google. Saya sudah pernah ulas caranya di youtube Guru Geografi, dijamin tokcer.

4. Banyak Diskusi Dengan Teman
Terakhir adalah buat circle belajar yang baik, alias cari teman diskusi seperjuangan. Karena kalau belajar sendiri dan biasanya suka stuck, kita gak bisa nyari refleksi. So kita butuh partner, siapa tahu teman kita itu wawasannya lebih luas jadi kita bisa mendapatkan materi baru. Jadi saling melengkapi satu sama lain, apalagi dalam tim sekolah. Kurangi nongkrong, main game yang gak penting mending fokus buat pertemuan buat diskusi bareng ngebahas soal OSN Geografi misalnya. Jangan gadaikan masa depan kamu dengan kegiatan-kegiatan tak berguna.

5. Doa
Terakhir adalah minta doa kepada oang tua agar diberikan kemudahan dalam menghadapi dan menjawab soal OSN nanti. Bisa jadi karena doa orang tua kamu kemudian Tuhan memberikan keberkahan ilmu kepada kamu dan akhirnya dengan pertolonganNya bisa dengan mudah melahap soal OSN. 

Itulah sedikit tips singkat bagaimana strategi lolos OSN Geografi tahun ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk dapat pembahasan video OSN Geografi bisa kunjungi juga youtube Guru Geografi di bawah ini. Jangan sungkan untuk share blog ini ke grup medsos teman kalian.

Untuk try out online OSN Geografi, silahkan cek di link berikut: Try Out OSN Geografi Gratis

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close