Sejarah, Makna Filosofis Asal Mula Bendera Merah Putih Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juni 21

Sejarah, Makna Filosofis Asal Mula Bendera Merah Putih Indonesia


Mungkin masyarakat Indonesia sebagian besar sampai saat ini masih belum tahu sejarah mengapa bendera Indonesia itu merah putih, kok tidak warna warni seperti Italia, Jerman, Perancis atau seperti Amerika Serikat ada garis-garis dan lainnya.

Ternyata warna merah putih itu memiliki makna filosofis dan historis yang saling berkaitan satu sama lain, tidak bisa terpisahkan.

Nah saya coba berikan ringkasan sejarah mengenai asa usul bendera merah putih Indonesia yang sakral. Lahirnya bendera merah putih tidak terlepas dari sejarah janji kemerdekaan dari Jepang tahun 1944.

Jadi warna bendera itu memiliki makna filosofis, tidak asal tiba-tiba lahir begitu saja. Indonesia memilih merah putih karena merah melambangkan keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Jadi merah putih melengkapi satu sama lain seperti jiwa dan raga. Indonesia sudah sangat lama dijajah bangsa asing dan dengan perjuangan darah dan segenap tulang tubuh mati-matian keluar dari belenggu tersebut.

Ternyata warna merah putih juga berdasarkan catatan sejarah, pernah digunakan oleh berbagai kerajaan besar seperti Majapahit, Sriwijaya, Bugis dan lainnya sebagai panji kerajaan dan dibawa saat perang.

Istri Soekarno yaitu Fatmawati adalah orang pertama yang menjahit bendera pusaka Merah Putih Indonesia dan dikibarkan saat proklamasi 17 Agustus 1945.

Kekalahan Jepang di Perang Pasifik membuat mereka tersudut setelah bom atom menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. Lalu Jepang kemudian memberikan janji kemerdekaan dan direspon oleh Soekarno, Hatta dan founding father lain.

Selanjutnya diadakanlah sidang tidak resmi oleh Chuo Sangi In (Badan pembantu pemerinah pendudukan Jepang). Sidang dihelat pada 12 September 1944 dipimpin langsung oleh Soekarno dengan agenda pembahasan tentang bendera dan lagu kebangsaan Indonesia.

Bendera Merah Putih berbahan katun halus hasil jahitan Fatmawati (setara dengan jenis primissima untuk batik tulis halus) dengan panjang 300cm dan lebar 200cm akhirnya berhasil dibuat. Pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, bendera merah putih tersebut dikibarkan oleh Latief Hendraningrat dan Suhud

Hingga sekarang bendera merah putih menjadi lambang resmi negara Indonesia. Itulah sedikit sejarah singkat bendera merah putih Indonesia, jadi kita harus menghormati perjuangan para pendiri bangsa yang telah mengorbankan darah dan kesucian mereka demi tegaknya negara Indonesia.

Oh..iya bagi yang sekarang sedang mencari bendera buat 17 Agustusan atau keperluan lain, silahkan cek promonya di shopee berikut >> Promo Bendera Merah Putih
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close