Makna, Faktor dan Potensi Integrasi Nasional - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juli 26

Makna, Faktor dan Potensi Integrasi Nasional

Integrasi nasional adalah salah satu bagian penting dalam pembentukkan bangsa dan negara Indonesia. Integrasi Nasional berasal dari 2 kata, yakni Integrasi dan Nasional. 

Integrasi ini berasal dari Bahasa Inggris (integrate) yang memiliki arti menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integrasi memiliki arti pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata Nasional itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris juga (Nation) yang berarti Bangsa.

Makna Integrasi Nasional 
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integrasi Nasional memiliki arti yang politis dan antropologis. Secara Politis Integrasi Nasional memiliki arti bahwa penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. 

Secara Antropologis Integrasi Nasional berarti bahwa proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan masyarakat.

Makna Integrasi Nasional Menurut Para Ahli 
1. Howard Wriggins 
Integritas nasional berarti penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak menjadi satu kesatuan bangsa.
2. Myron Weiner 
Menurutnya Integrasi menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. 
3. Dr. Nazaruddin Sjamsuddin 
Integrasi nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional 
Tidak semua bangsa atau negara dapat menjaga integrasi nasionalnya lho!. Contohnya di negra-negara seperti Timur Tengah, konflik terus terjadi dalam internal masyarakat. Beberapa syarat keberhasilan Integrasi di dalam suatu negara, diantaranya ialah: 
1. Anggota masyarakat merasa bahwa mereka semua berhasil untuk saling mengisi kebutuhan-kebutuhan yang satu dengan yang lainnya. 
2. Terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan menjadi suatu pedoman. 
3. Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan yang baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.

Potensi dari Integrasi Nasional 
Keberhasilan dari suatu Integrasi Nasional yang kuat dapat memberikan keunggulan/potensi beberapa hal yaitu: 
a. Kekayaan, Pengelolaan yang baik dan cermat terhadap Sumber DayaAlam yang dimiliki oleh negara 
b. Kekuasaan, Terciptanya pemerintahan yang kuat 
c. Kesejahteraan, Dari pengelolaan Sumber DayaAlam yang baik dan pemerintahan yang kuat dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat

Baca Juga Ya!

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close