Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 1 No 6-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 19

Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 1 No 6-10


Halo adik-adik, gas lagi yuk bahas soal simulasi OSP Geografi kemarin. Kita sekarang akan bahas soal nomor 6-10 ya.

Jangan lupa untuk selalu share blog guru geografi dan follow terus biar update materi dan pembahasna OSNP Geografi dari saya.

6. Indonesia memiliki visi pengembangan pertanian untuk lumbung pangan dunia pada tahun 2024. Ketersediaan lahan pertanian yang ada saat ini masih terbatas di bagian-bagian wilayah padat penduduk dan cenderung terancam perubahan pemanfaatannya untuk sektor pembangunan yang lain. Potensi pengembangan lahan pertanian yang besar ada pada kawasan lahan basah yang saat ini relatif belum termanfaatkan untuk berbagai sektor pembangunan dan masih berpenduduk jarang. Pengembangan sektor pertanian pangan di kawasan lahan basah menghadapi beberapa ancaman keberlanjutan dalam hal pemanfaatannya. Potensi lahan basah sebagai lumbung pangan dapat dimanfaatkan dengan efektif jika diawali dengan ...
a. penyediaan bibit tanaman unggul
b. penguasaan teknologi pembibitan modern
c. pembangunan jalur telekomunikasi dan distribusi yang pesat
d. pembangunan industri pengolahan hasil pertanian skala besar
e. pengaturan operasi tata air yang disiplin dan baik

Kunci
Lahan basah itu kan unik dan jika ingin menjadi sekotr unggulan pertanian Indonesia maka harus disiapkan dulu medan perangnya. Artinya pengaturan tata kelola airnya harus handal dulu. Lahan basah rawan beberapa fenomena seperti air tergenang tidak bersikulasi, kebakaran lahan dan lainnya. Jadi perlu disiapkan dengan sedemikian rupa manajemen tata kelola airnya sebelum ditanami.

7. Fenomena gempa bumi acapkali mengakibatkan adanya korban jiwa dalam jumlah cukup besar. Sebagai contoh fenomena gempa bumi besar terkini yang melanda Haiti pada Agustus 2021 lalu berkekuatan 7,2 skala richter dan menimbulkan korban jiwa sedikitnya 1.300 orang. Tidak hanya itu pada tahun 2010, Haiti juga pernah dilanda gempa bumi besar dengan kekuatan 7,0 SR dan menewaskan sedikitnya 315.000 jiwa. Besarnya jumlah korban jiwa akibat gempa bumi umumnya disebabkan oleh ....
a. kuatnya getaran gempa bumi
b. material penyusun lokasi yang bersifat lunak dan unconsolidated
c. buruknya konstruksi bangunan tempat masyarakat beraktifitas
d. terjadinya likuifaksi
e. terjadinya longsoran

Kunci
Gempa tektonik itu gempa yang memang paling merusak diantara jenis gempa lain (vulkanis, runtuhan). Kenapa bisa demikian?. Ada dua faktor, yang pertama memang karena kekuatan getarannya besar kemudian keadaan tata ruang di atasnya.

Ini kaitannya dengan konstruksi bangunan yang buruk. Bangunan kita sekarang itu kebanykan tidak didesain sesuai kaidah kearifan lokal dan tidak bersifat tahan gempa. Coba bandingkan dengan rumah tradisional nenek moyang kita seperti Joglo, Rumah Gadang, Rumah Panggung dll. Itu semua didesain untuk meredam getaran gempa sehingga meminimalisir resiko ambruk.

Jadi memang kesalahan kita gaes yang lebih mementingkan tampilan dibandingkan fungsi. Mari belajar lagi ke nenek moyang kita.

8. Dalam rangka penanggulangan bencana perlu dilakukan beberapa rangkaian aktivitas salah satunya adalah aktivitas kesiapsiagaan. Kegiatan di bawah ini yang bukan merupakan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam aktivitas kesiapsiagaan adalah ....
a. penyiapan sarana telekomunikasi
b. penyiapan lokasi evakuasi dan huntara
c. evaluasi masyarakat terdampak
d. pemetaan daerah rawan bencana
e. pemasangan alat-alat early warning system

Kunci
Kesiapsiagaan itu kan di awal, jadi yang bukan termasuk hal tersebut adalah yang evaluasi. Evaluasi itu selalu di akhir kegiatan ya gaes.

9. Peristiwa gempa bumi di Sulawesi Tengah pada 2018 lalu dicirikan dengan adanya fenomena likuifaksi yang cukup masif. Fenomena likuifaksi memiliki probabilitas besar untuk terjadi pada kawasan yang ....
a. tersusun oleh material yang unconsolidated dan memiliki sistem air tanah yang relatif dangkal
b. tersusun oleh material yang masif dan consolidated serta memiliki sistem air tanah yang relatif dangkal
c. tersusun oleh material yang unconsolidated dan memiliki sistem air tanah relatif dalam
d. tersusun oleh material yang masif dan consolidated serta memiliki sistem air tanah yang relatif dalam
e. tersusun oleh materi yang loose serta memiliki sistem airtanah yang relatif dalam

Kunci
Likuifaksi itu fenomena pencairan tanah karena getaran dan formasi tanah yang lunak (biasanya tipe sedimen halus) dan kondisi air tanah dangkal melimpah. Jadi probabilitas terbesar pastinya adalah daerah yang memiliki material unconsolidated (tidak kokoh) dan sistem air tanah dangkal. 

Kalau material tanah itu kokoh (consolidated) maka mau ada getaran apapun tidak akan berubah posisi dan mengalami pengadukan dengan air tanah. 

10. Perhatikan gambar!.

Gambar menunjukkan ekosistem hutan bakau yang tumbuh di suatu kawasan pesisir Bali. Dengan memperhatikan kenampakan hutan bakau tersebut, alasan utama hutan bakau mampu mengurangi resiko akibat tsunami pada kawasan pesisir yang memiliki mangrove belt adalah ...
a. memperindah pantai
b. meredam tinggi gelombang dan menghambat penjalaran gelombang tsunami
c. mencegah erosi pantai
d. banyak terdapat ikan yang menghalangi penjalaran gelombang tsunami
e. banyak ular yang hidup di hutan bakau sehingga minim populasi manusia

Kunci
Kalau ini pasti ngerti lah ya, mangrove itu ya dapat meredam tinggi gelombang dan menghambat penjalaran tsunami karena formasi tubuh vegetasinya seperti pagar dengan akar-akar yang merambat banyak dan menggantung di atas air.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close