Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 1 No 11-15 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 19

Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 1 No 11-15


Halo gaes, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban soal simulasi OSNP Geografi 2022 selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu pantengin blog guru geografi dan share sebanyak-banyaknya ke medsos kalian.

Masih ada waktu banyak buat ngumpulin amunisi sebelum bertarung di OSNP nanti. Tetap semangat!

11. Gelombang tsunami menjalar dari sumbernya ke daratan dengan kecepatan yang bervariasi. Pada lautan lepas, gelombang tsunami dapat menjalar dengan kecepatan hingga 800 km per jam. Namun demikian saat mencapai daratan kecepatan penjalarannya berkurang secara drastis hingga mencapai 30 km per jam di pesisir. Adanya perubahan kecepatan yang tidak linier ini menyebabkan waktu yang ditempuh tsunami dari sumbernya hingga suatu titik di daratan akan berbeda-beda pula. Selain merupakan fungsi jarak antara sumber dan daratan, waktu tempuh gelombang tsunami juga merupakan fungsi dari ...
a. kedalaman (batimetri) perairan
b. kekuatan penyebab tsunami
c. waktu kejadian penyebab tsunami
d. kondisi atmosferik
e. jenis sedimen dasar laut

Kunci
Ini pernah di bahas di salah satu tipe soal yang mirip di postingan blog ini. Jadi tsunami itu berbeda karakter saat di laut lepas dengan saat mencapai pantai, itu konsepnya ya.

Kalau di tengah lautan tinggi tsunami itu pendek tapi panjangnya bisa puluhan km. Nah saat mencapai daratan atau kaki benua, tinggi gelombang semakin besar/tinggi karena pengaruh kedalaman atua batimeteri lautan, tapi panjang gelombang semakin pendek dan kecepatan berkurang. Artinya kedalaman lautan itu menjadi hambatan gelombang, sama dengan kita kalau naik kendaraan lalu nanjak.

Ilustrasinya di bawah ini ya, silahkan pahami.

12. Perhatikan gambar!

Fenomena di atas adalah tsunami di Jepang. Penamaan 'tsunami' berasal dari bahasa Jepang artinya tsu (pelabuhan) dan nami (gelombang), yang secara literal bermakna gelombang pelabuhan. Secara umum tsunami adalah suatu rangkaian gelombang yang ditimbulkan oleh gangguan yang terjadi secara tiba-tiba pada suatu badan air, baik laut maupun danau. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh gempa bumi, landslide, erupsi, jatuhnya meteor dan sebab lainnya. Pada kasus fenomena tsunami di Selatan Sunda (2018), jenis gangguan yang menyebabkan terjadinya tsunami adalah ..
a. gangguan akibat gempabumi
b. gangguan akibat erupsi vulkanik dan diikuti longsoran
c. gangguan akibat longsoran
d. gangguan akibat erupsi vulkanik
e. gangguan akibat kombinasi gempabumi dan longsoran

Kunci
Tsunami di Anyer tahun 2018 itu karena erupsi Krakatau ditambah longsoran tubuh gunung apinya. Di bawah ini adalah erupsi Krakatau di tahun 2018.

13. Perhatikan gambar berikut yang menunjukkan ragam kenampakan geomorfologi. Gambar yang menunjukkan geomorfologi yang berkembang pada kawasan yang terbentu oleh sebab faktor utama yang berbeda-beda. Kenampakan yang muncul pada kawasan tektonik aktif adalah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 1 dan 3

Kunci
Kalian harus memahami keterkaitan antara hasil gaya endogen/eksogen dengan fenomena yang biasa muncul. Kalau tektonik aktif kan ada tekanan kerak bumi maka logikanya pasti muncul pengangkatan, lipatan atau patahan kulit bumi. Maka gambar no 1 dan 2 yang mengilustrasikannya.

14. Berdasarkan gambar pada nomor 13, kenampakan geomorfologi yang muncul pada kawasan dengan iklim humid adalah ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 3 dan 4

Kunci
Nah ini agak bingung juga kalau literasi kalian minim. Iklim humid itu basah ya gaes, kalau iklim arid itu kering. Saya lebih memilih yang angka 1 karena terdapat perbukitan dengan alur-alur lembah yang sering dijumpai di pegunungan tropis. Kalau gambar 3 kan itu seperti Grand Canyon Colorado (iklim arid), kalau nomor 3 seperti patahan, nomor 4 seperti kawah gunung api. 

15. Perhatikan gambar!

Gambar di atas menunjukkan bagian jalan suatu kawasan perbukitan yang hancur akibat peristiwa masswasting. Faktor-faktor yang meyebabkan peristiwa tersebut adalah ...
a. angin dan aliran sungai meander
b. gravitasi dan tanah jenuh air
c. angin dan pergerakan es
d. gravitasi dan peledakan batuan dasar untuk tambang
e. gravitasi dan angin

Kunci
Masswasting itu pergerakan massa batuan, tanah, kerikil dari suatu perbukitan karena pengaruh gravitasi dan tanah jenuh air (saat hujan besar biasanya).

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close