Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 2 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Agustus 21

Pembahasan Simulasi OSN-Provinsi Geografi 2022 Sesi 2 No 1-5

Halo adik-adik yuk gas lagi kita bahas kunci soal simulasi bagian sesi kedua. Kita coba buka kunci soal nomor 1-5 dulu ya.

Semoga bisa membantu kalian yang sedang berjuang di OSN Geografi Provinsi tahun ini. Jangan lupa juga kunjungi chanel youtube Guru Geografi buat lihat pembahasan versi video dan tips trik OSN Geografi dari saya.

1. Penggunaan energi baru dan terbarukan secara global mulai makin masif dilakukan setelah Paris Agreement beberapa tahun lalu. Potensi energi angin di Indonesia cukup baik untuk wilayah-wilayah tertentu misalnya di lepas pantai Nusa Tenggara Timur. Masalahnya investasi pembangunan energi angin butuh biaya yang besar. Saat ini sudah didirikan Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Sidrap Sulawesi Selatan dengan kapasitas 75 MW. Dalam jangka panjang, pembangunan PLT angin ini bisa dibangun pada skala yang lebih kecil namun berjumlah banyak misalnya di perumahan-perumahan atau pada skala rukun tetangga. Hal ini bisa dilakukan bila ada ...

a. sensor angin yang sangat sensitif
b. arah angin yang terus menerus dari satu arah
c. kecepatan angin yang besar
d. tidak ada rintangan di sekitar PLT angin
e. angin yang kontinyu dan sensor angin yang baik

Kunci
Kunci utama pembangkit listrik angin itu kan adanya tenaga angin yang nantinya akan menggerakan kincir yang kemudian akan memutar turbin. Setelah itu turbin akan mengubahnya menjadi listrik siap pakai. Jadi kecepatan angin kuncinya.

Menurut U.S. Energy Information Administration, lokasi yang baik untuk turbin angin adalah di mana kecepatan angin rata-rata tahunan setidaknya sembilan mil per jam.

Jadi nih tempat yang tepat untuk kincir angin yang tepat adalah daerah dengan aliran angin yang cukup kuat. Disadur dari Sciencing, turbin angin membutuhkan aliran udara (angin) yang tidak berubah dan tidak terputus untuk bekerja secara efektif. Hal tersebut berarti kincir angin harus ditempatkan di daerah yang aliran anginnya tidak terganggu oleh penghalang apa pun termasuk kincir angin lain.

Jadi pemukiman yang tidak ada hambatan gedung-gedung tinggi atau pepohonan bisa dibuat kincir angin, tapi kalau udah ada banyak hambatan ya nanti mau angin bergerak bagus gimana, kena rintangan di sana sini.

2. Energi radiasi matahari juga bisa digunakan di Indonesia mengingat wilayah kita mendapatkan radiasi matahari sepanjang tahun. Seperti juga energi angin, untuk membangun PLTS membutuhkan investasi besar. Jika terjadi revolusi dalam perkembangan teknologi PLTS maka untuk membangun PLTS akan jauh lebih murah. Menurut saudara, yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah adalah ...
a. memberikan iklim investasi yang baik untuk membangun PLTS
b. mendorong agar tercipta teknologi PLTS yang revolusioner
c. meningkatkan kuantitas SDM yang berpikiran progresif
d. mensubsidi masyarakat agar bersedia memanfaatkan energi surya
e. tidak ada jawaban di atas yang tidak betul

Kunci
Nampaknya semua jawaban betul, jadi E.

3. Sebagai kawasan yang dilalui ring of fire, Indonesia memiliki potensi panas bumi (geotermal) yang besar namun sebagai sumber energi yang terbarukan perkembangan energi panas bumi belum sepesat yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena ....
a. ketersediaan lahan yang cocok untuk eksploitasi kurang
b. teknologi belum sepenuhnya tersedia dalam eksplorasi
c. biaya eksplotasi yang tinggi sehingga harga jual ikut tinggi
d. lokasi biasanya terpencil dan membahayakan
e. sering terjadi konflik penggunaan lahan

Kunci
Sumur geotermal itu kebanyakan lokasinya jauh di pedalaman hutan, nah ini bisa jadi konflik penggunaan lahan. Nanti hutan lindung yang fungsinya buat ekologis dan lainnya, disulap jadi PLTG ya harus dibabat habis vegetasi penutupnya.

Ingat ya bahwa jangan pikir semua lokasi gunung api itu bisa dijadikan PLTG. Hanya sumur geotermal bertipe ledok/basin/cekungan seperti katel raksasa yang bisa dieksplorasi. 

4. Pembangkit energi terbarukan yang relatif sederhana dan dapat dibangun dalam skala yang relatif kecil serta dapat tersebar di seluruh wilayah nusantara adalah ...
a. wind energy
b. hydro energy
c. geotermal
d. nuclear energy
e. solar energy

Kunci
Ini kayaknya solar panel. Di toko online juga bisa beli tinggal pasang di atap, lalu buat inverternya. Setiap daerah di Indonesia kan menerima matahari yang sama 12 jam stabil sepanjang hari.

5. Berdasarkan grafik produksi listrik dunia tahun 2020, rasio produksi energi listrik yang berasal dari sumber daya alam terbarukan terhadap energi non terbarukan adalah ...
a. 4%
b. 13%
c. 44%
d. 62,5 %
e. 188%

Kunci
Kalian harus bisa baca indikator di data supaya ketemu mana data yang dibutuhkan.
EBT = energi baru terbarukan
Jadi 4,1: 21,2+327+47,7
        = 4,1:95,9 
        = 4,1/95,9 x 100% = 4,2 (dibulatkan 4%)

Lanjut: Soal No 6-10
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close