40 Soal Sumatif Tengah Semester Ganjil Kelas 10 Sejarah Peminatan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, September 10

40 Soal Sumatif Tengah Semester Ganjil Kelas 10 Sejarah Peminatan

Soal penilaian tengah semester atau sumatif tengah semester sejarah peminatan kelas 10 ini disusun untuk bank soal sekolah atau latihan siswa mandiri.

Topik bab pertama sejarah peminatan adalah tentang dasar-dasar penelitian sejarah. Disini siswa harus mampu menguasai tentang seluk-beluk cara meneliti peristiwa sejarah.

Konsep-konsep sejarah mulai dari kronologi, heuristik, historiografi dan lainnya perlu dipahami agar siswa tahu tentang bagaimana seharusnya menjadi seorang sejarawan.

Silahkan pelajari soal sumatif tengah semester sejarah peminatan semester ganjl berikut ini. Jangan lupa share ke teman-teman lain di grup medsos.

Instruksi: Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Dalam menulis sejarah, sejarawan dituntut menyajikan peristiwa yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, sejarawan perlu …
A. Memahami konsep diakronik, sinkronik, kausalitas, dan periodesasi dalam sejarah
B. Memiliki kedekatan emosional dan intelektual dengan objek dan tema yang dikaji
C. Menggunakan pendekatan dan ilmu bantu yang berkaitan dengan tema kajian
D. Menghilangkan unsur subjektivitas dalam interpretasi atau penafsiran fakta
E. Mengumpulkan sumber-sumber baik sumber tertulis maupun sumber lisan

2. Sumber sejarah memiliki dua sifat. Sifat sumber sejarah tersebut didasarkan pada …
A. Keaslian sumber sejarah
B. Penggunaan sumber sejarah
C. Usia pembuat sumber sejarah
D. Sudut pandang pembuat sumber
E. Ingatan pembuat sumber sejarah

3. Sumber-sumber sejarah masa lampau dapat berupa barang peninggalan yang tertulis maupun tidak tertulis. Berikut ini peninggalan sejarah yang termasuk inkripsi antara lain ….
A. tulisan yang ditorehkan pada benda keras, seperti batu, logam, dan kayu
B. dokumen resmi tentang suatu persetujuan, pengakuan, dan pemberian hak
C. barang-barang cetakan yang ditemykan di lapisan bumi tertentu
D. naskah-naskah yang berisi perjalanan sejarah tokoh-tokoh tertentu
E. seluruh peninggalan tertulis maupun gambar yag telah dibukukan

4. Sumber sejarah dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dengan tujuan …
A. Memudahkan sejarawan menggunakan sumber tersebut
B. Menghasilkan fakta-fakta yang reliable
C. Memudahkan sejarawan melakukan penelitian
D. Membantu sejarawan menemukan fakta-fakta
E. Mengurangi risiko sumber tidak valid

5. Faktor yang menyebabkan perbedaan informasi sumber sejarah dari surat kabar satu dengan surat kabar yang lain adalah …
A. Sumber yang digunakan berbeda-beda
B. Cara penyampaian informasi yang berbeda
C. Interpretasi yang berbeda dari penulis artikel
D. Penyajian pendapat tiap surat kabar berbeda
E. Perbedaan pola pemikiran redaktur surat kabar

6. Sumber sejarah sangat berguna bagi sejarawan untuk …
A. Memandu proses penelitian sejarah
B. Memperkuat pendapat sejarawan
C. Menguji kebenaran pendapat saksi sejarah
D. Merekonstruksi peristiwa masa lalu
E. Mengetahui karya peninggalan sejarah

7. Berdasarkan urutan penyampaiannya, sumber berupa buku-buku yang disusun berdasarkan laporan penelitian sejarah tanpa melakukan penelitian langsung disebut sumber …
A. Manuskrip
B. Sekunder
C. Primer 
D. Tersier
E. Arsip

8. Keterangan lisan yang langsung didapat dari pelaku ataupun saksi peristiwa yang terjadi dimasa lalu merupakan …
A. sumber tertulis
B. artefak
C. sumber lisan
D. sumber primer
E. sumber sekunder

9. Sumber primer dalam penelitian sejarah dapat diartikan sebagai …
A. Sumber yang menjadi acuan utama dalam penulisan kisah sejarah’
B. Sumber yang berasal dari pelaku/saksi peristiwa sejarah
C. Sumber utama yang diperoleh dari surat kabar
D. Sumber tulisan yang diterbitkan pemerintah’
E. Sumber lisan melalui wawancara

10. Kakek buyut Sehun adalah mantan prajurit gerilya dibawah pimpinan Jenderal Sudirman. Sehun mewawancarai kakek buyutnya mengenai perang gerilya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. berdasarkan sifatnya, informasi yang diperoleh Sehun merupakan sumber …
A. Tersier  
B. Primer
C. Benda
D. Tertulis
E. Sekunder

11. Contoh sumber sekunder yang dapat digunakan sebagai sumber sejarah yaitu …
A. Buku-buku hasil penelitian sejarah
B. Terjemahan kitab-kitab kuno
C. Naskah-naskah kuno
D. Buku-buku teks sejarah
E. Surat kabar dan majalah

12. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Berdasarkan sifatnya, peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai …
A. Opini
B. Inferensi
C. Fakta lunak
D. Fakta Keras
E. Fakta Mental

13. Upaya sejarawan untuk menghasilkan rekonstruksi sejarah dilakukan dengan cara…
A. Mengadakan penelitian sejarah berdasarkan metode sejarah
B. Melakukan penulisan sejarah sesuai fakta yang ditemukan
C. Menentukan topik yang belum pernah dikaji peneliti lain
D. Mengumpulkan sumber sebanyak-banyaknya
E. Mengkritisi sumber yang telah ditemukan

14. Sejarawan perlu berhati-hati dalam menggunakan surat kabar sebagai sumber sejarah karena …
A. Informasi dalam surat kabar ditulis berdasarkan wawancara
B. Informasi dalam surat kabar ditulis oleh pelaku peristiwa
C. Surat kabar terbit dibawah kendali pemerintah
D. ├Źnformasi dalam surat kabar memuat fakta dan opini
E. Surat kabar ditulis oleh orang-orang profesional

15. Penelitian sejarah yang dilakukan dengan meneliti kehidupan seseorang dan hubungannya dengan masyarakat disebut penelitian …
A. Komparatif
B. Bibliografis
C. Biografis
D. Histroris
E. Yuridis

16. Pada penulisan deskriptif analisis peneliti harus memiliki kemampuan yang bersifat analisis untuk …
A. Menjelaskan proses dan perkembangan
B. Menghasilkan tulisan yang kronologis
C. Menjawab perntanyaan penelitian
D. Menjelaskan sebab dan akibat
E. Membuat tulisan sistematis

17. Seorang peneliti menemukan laporan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Ketidaksesuaian tersebut kemungkinan terjadi karena …
A. Data yang dikumpulkan tertukar dengan data yang lain
B. Data tidak sesuai dengan tahun dicantumkan
C. Ada data yang hilang ketika penyusunan laporan
D. Kesalahan dalam penyusunan laporan
E. Keteledoran penyusun dalam membuat laporan

18. Salah satu jenis penelitian sejarah yang dilakukan untuk menyelidiki hal-hal yang menyangkut masalah hukum adalah penelitian …
A. Yuridis
B. Historis
C. Biografis
D. Komparatif
E. Bibliografis

19. Urutan langkah dalam penelitian sejarah yang benar adalah ....
A. Heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
B. Verifikasi, heuristik,  interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
C. Pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi.
D. Pemilihan topik, heuristik, interpretasi, verifikasi, historiografi.
E. Historiografi, heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik

20. Seorang peneliti akan memilih topik yang baru dan belum pernah diteliti orang lain. Tindakan tersebut dilakukan peneliti dengan tujuan …
A. Menarik minat pembaca
B. Merekonstruksi kisah sejarah
C. Memudahkan pengumpulan sumber
D. Memudahkan menyusun kesimpulan
E. Memperlancar proses penelitian sejarah

21. Pemilihan topik hendaknya disesuaikan dengan latar belakang pengetahuan, kecakapan, dan kemampuan penulis. Hal tersebut sesuai dengan syarat pemilihan topik yaitu …
A. Significance of topic
B. Interested of topic
C. Manageable of topic
D. Important of topic
E. Obtainable data

22. Judul penelitian sejarah hendaknya mencantumkan angka tahun. Tindakan tersebut dilakukan untuk …
A. Menunujukkan kronologi suatu peristiwa
B. Menunjukkan waktu penelitian yang dilakukan 
C. Memberi kesimpulan sementara bagi para pembaca
D. Memberi kesempatan bagi para pembaca untuk melanjutkan penelitian
E. Menenjukkan kedekatan intelektual antara peneltiti dan objek penelitian

23. Dalam bagian pendahuluan, peneliti wajib mencantumkan tujuan penelitian. Pada umumnya tujuan utama sebuah penelitian adalah …
A. Mengungkapkan fakta sejarah yang tersembunyi
B. Menambah khazanah ilmu pengetahuan 
C. Menemukan fakta sejarah yang baru
D. Mengasah kemampuan berpikir kritis
E. Melatih kemampuan menulis ilmiah

24. Johan Budi berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan Reformasi. Kegiatan Johan tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut …
A. Heuristik
B. Historiografi
C. Ekskavasi 
D. Verifikasi
E. Interpretasi

25. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah
(2) Menghimpun jejak-jejak sejarah
(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen
(4)Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau
(5) Mencari informasi sejarah

Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

26. Menentukan usia suatu benda atau sumber sejarah dapat ditentukan berdasarkan bentuk atau tipe benda tersebut. Cara tersebut dinamakan …
A. Arkeologi
B. Stratigrafi
C. Tipologi
D. Kimiawi
E. Epigrafi

27. Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan dokumen dengan isi dokumen. 
Hal ini dilakukan untuk melihat….
A. otentisitas sumber       
B. kredibilitas sumber 
C. kesalahan heuristik
D. reliabilitas sumber
E. kesalahan interpretasi

28. Kritik intern terhadap sumber lisan salah satunya dilakukan dengan melihat usia informan. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan …
A. Mempermudah peneliti mencari informan selanjutnya
B. Melakukan cek silang terhadap informasi yang dituturkan informan
C. Membantu peneliti dalam menyusun daftar pertanyaan
D. Memastikan kebenaran informasi yang dituturkan informan
E. Memastikan peran dan ingatan informan terhadap peristiwa sejarah

29. Setelah pengumpulan sumber, sejarawan akan melakukan kritik sumber. Tujuan utama kritik sumber adalah …
A. Memaparkan data-data dari sumber sejarah
B. Menguji keaslian sumber-sumber sejarah
C. Menyeleksi data hingga memperoleh fakta
D. Menyalin sumber sejarah dalam laporan
E. Mengklasifikasi sumber-sumber sejarah

30. Kritik intern terhadap sumber sejarah dilakukan untuk menguji …
A. Elektabilitas
B. Autentisitas
C. Kredibilitas 
D. Integritas
E. Stabilitas 

31. Ketika melakukan kritik ektern sumber sejarah, muncul pertanyaan; apakah sumber itu masih utuh atau sudah diubah-ubah. Persoalan ini menyangkut ….
A. Autentisitas 
B. Reliabilitas
C. Kredibilitas  
D. Orisinalitas 
E. Integritas 

32. Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan  dokumen dengan isi dokumen. Hal ini dilakukan untuk melihat 
A. otentisitas sumber
B. kredibilitas sumber
C. kesalahan narasi
D. kesalahan interpretasi
E. kesalahan heuristik

33. Menurut Kuntowijoyo, tahapan penelitian sejarah terdiri atas pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Tujuan tahap interpretasi adalah …
A. menguji keabsahan sumber
B. melengkapi hasil penelitian
C. mengumpulkan sumber
D. menyusun karya tulis
E. menafsirkan data

34. Yang dimaksud interpretasi dalam metode penulisan sejarah adalah.....
A. kegiatan penafsiran sumber-sumber sejarah yang telah diseleksi untuk disusun sebagai fakta
B. menentukan kebenaran suatu peristiwa dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah
C. kegiatan menyeleksi sumber-sumber sejarah
D. kegiatan merangkai fakta-fakta sejarah melalui laporan sejarah
E. kegiatan mengumpulkan  informasi berbagai bentuk sebagai sumber sejarah

35. Dalam tahap interpretasi, sejarawan perlu menghubungkan antara sumber satu dan sumber lainnya untuk membuktikan adanya hubungan sebab akibat atau hubungan saling memperkuat data. Proses tersebut dinamakan …
A. Resume
B. Analisis
C. Sintesis
D. Hipotesis
E. Apersepsi
36. Sejarah lisan mempunyai keunggulan sebagai sebuah metode karena …
A. Dapat menghasilkan informasi yang relevan
B. Mampu menyajikan informasi secara lebih akurat
C. Mampu memprediksi peristiwa masa depan dengan tepat
D. Mampu menghindari kesalahan dalam penulisan sejarah
E. Dapat menyajikan kandungan emosional dari penutur sejarah

37. Daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada informan sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal tersebut dilakukan sejarawan dengan tujuan …
A. Membandingkan informan satu dengan yang lain
B. Menjaga fokus kajian agar tidak melebar dari topik
C. Menggali ingatan dari informan sebanyak mungkin
D. Menetapkan informan yang diwawancarai selanjutnya
E. Melihat kebenaran fakta yang diungkapkan informan

38. Penguasaan, penggunaan, dan pengembangan system aksara dalam menulis karya-karya historiografi di Indonesia pada masa Hindu-Buddha menandakan bahwa….
A. Karya-karya historiografi tradisional dipengaruhi oleh kebudayaan asing
B. Sistem aksara telah diakui sebagai komponen utama pendukung historiografi tradisonal
C. Sebagian besar karya historiografi tradisonal menjelaskan perkembangan sistem aksara
D. Kisah legitimasi raja dalam historiografi tradisional dipengaruhi perkembangan sistem aksara
E. Perkembangan historiografi pada masa Hindu-Buddha memengaruhi perkembangan kebudaayan

39. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Memberikan legitimasi yang kuat bagi  penguasa
(2)  Untuk mengetahui asl-usul dari sebuah suku bangsa berdasarkan fakta dan data sejarah yang ada
(3)  Meningkatkan solidaritas dan integritas di bawah pemerintah pusat
(4)  Untuk mengutarakan kebenaran sejarah apa adanya
(5)  Simbol identitas dan gengsi baru
Arti dan fungsi penulisan historiografi tradisional adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (1), (3), dan (5)
E. (2), (3), dan (5)

40. Penulisan sejarah mengalami perkembangan pada masa kolonial. Penulisan sejarah yang berkembang pada masa ini bertujuan….
A. Memperkuat kepentingan dan mengukuhkan penguasa colonial di tanah jajahannya
B. Memberikan pengetahuan terhadap rakyat mengenai kajian sejarah yang ditulis
C. Menegaskan bahwa bangsa Belanda merupakan bangsa bermartabat
D. Menyajikan kajian sejarah yang terbebas dari unsur subjektivitas
E. Menghilangkan unsur mistis dalam karya penulisan sejarah
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close