Mengenal Enam Tipologi Kota - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, September 20

Mengenal Enam Tipologi Kota

Kota memiliki berbagai macam jenis fungsi sesuai dengan tujuan dari pengembangan kota itu sendiri. Ada banyak pendapat tentang pengelompokkan tipologi kota.

Salah satu indikator untuk meentukan tipologi kota adalah fungsi. Dalam hal ini, Aurousseau menggambarkan 6 tipologi kota sebagai berikut:

1. Kota administratif adalah kota yang menjadi pusat ibukota suatu wilayah. Fungsi utama kota administratif adalah mengelola negara atau unit administratif lainnya seperti Bandung sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat. Kota administratif harus berada di lokasi yang strategis dan memiliki kemudahan dalam aksesibilitas komunikasi dan mobilitas ruang.

2. Kota pertahanan adalah kota yang memiliki fungsi dominan yang berkaitan dengan keamanan dan pertahanan suatu negara. Kota pertahanan sering berukuran kecil dengan keunggulan strategis militer. Berbagai fasilitas mulai dari landasan pacu, pelabuhan tempur, pangkalan militer dan markas tentara biasa dijumpai di kota pertahanan. Contohnya adalah kota-kota pangkalan militer di pulau-pulau Pasifik.

3. Kota budaya adalah kota dengan tujuan sebagai pusat budaya. Kota budaya dicirikan dicirikan dengan kemampuan mereka melalui periode panjang sejarah peradaban. Banyak kota budaya berasal dari masa lalu seperti Jerusalem, Yogyakarta, Milan.
Bangunan kota tua di Maroko

4. Kota produksi adalah kota yang berkaitan dengan kegiatan industri manufaktur atau kerajinan khas daerah. Kota model ini sering dicirikan dengan fasilitas modern namun untuk pusat kerajinan maka aspek tradisional juga sering dimunculkan. Bahan baku juga penting dalam pengembangan sebuah kota produksi. 

5. Kota komunikasi adalah kota yang bertindak sebagai penghubung dalam rantai komunikasi. Secara ekonomi cuku penting dan kota komunikasi berkaitan dengan hasil produksi dan distribusi barang. Internet berkecepatan tinggi dengan listrik yang super kuat tentu diperlukan untuk kehidupan di kota ini.

6. Kota rekreasi adalah kota dengan tujuan wisata termasuk di dalamnya wisata budaya, alam, keseharan atau judi. Kota ini menawarkan daya tarik kuat bagi orang tentang kondisi alam indah, budaya yang mengakar atau fasilitas yang super class.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close