Berbagai Definisi Penginderaan Jauh Dalam Geografi [Geografi Teknik] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Oktober 12

Berbagai Definisi Penginderaan Jauh Dalam Geografi [Geografi Teknik]

Penginderaan jauh/inderaja atau remote sensing adalah bagian dasar dari ilmu peta dan pemetaan dasar. Inderaja adalah salah satu teknik tentang bagaimana mendapatkan gambaran objek atau fenomena di permukaan bumi tanpa kontak langsung.

Inderaja pada awalnya berkembang di bidang militer saat era perang dunia untuk kepentingan identifikasi musuh. Seiring perkembangan waktu, inderaja berkembang dan digunakan luas di berbagai bidang kehidupan.

Pembuatan peta juga diawali dengan pengumpulan data awal, salah satunya yang didapat dari hasil rekaman penginderaan jauh.

Berikut ini beberapa pengertian atau definisi penginderaan jauh dari para ahli:
Contoh perbandingan citra inderaja sebelum dan sesudah bencana
1. Menurut Lillesand dan Kiefer (1979) penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, wilayah, atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, wilayah, atau gejala yang dikaji. 

2. Menurut Colwell (1984) penginderaaan jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera. 

3. Menurut Curran (1985) penginderaan jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

4. Menurut American Society of Photogrammetry (1983) penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji. 

5. Menurut Avery (1985) penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, menunjukkan (mengidentifikasi) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian. 

6. Menurut Lindgren (1985) penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. 

7. Menurut Campbell penginderaan jauh adalah ilmu untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yang diperoleh dari jarak jauh. 

8. Menurut Lindgren penginderaan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.

9. Menurut Welson Dan Bufon penginderaan jauh adalah sebagai suatu ilmu, seni dan teknik untuk memperoleh objek, area dan gejala dengan menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek, area dan gejala tersebut. 

10. Menurut Everett dan Simonett mengemukakan bahwa hakikat penginderaan jauh sebagai suatu ilmu, karena terdapat suatu sistematika tertentu untuk dapat menganalisis informasi tentang permukaan bumi. 

11. Menurut Rifhi Siddiq penginderaan jauh merupakan suatu ilmu, cara, teknik mengenai upaya memperoleh mendeteksi, dan merekam suatu objek yang kemudian diinterpretasikan sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kajian geografi. 

Dari semua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengindraan jauh adalah ilmu atau seni cara merekam suatu objek tanpa kontak fisik dengan menggunakan alat pada pesawat terbang, balon udara, satelit, atu media lain seperti drone.

Produk inderaja adalah citra yang dapat berupa citra tipe foto dan citra non foto. Untuk perbedaan citra foto dan non foto silahkan baca di artikel berikut: Perbedaan Citra Foto dan Non Foto
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close