Kiat dan Tips Jadi Juara OSN Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Desember 24

Kiat dan Tips Jadi Juara OSN Geografi

Perhelatan Olimpiade Sains Nasional atau OSN memang masih tahun depan, namun para pejuang OSN tentu tidak boleh diam begitu saja apalagi karena sekarang lagi libur panjang.

Kali ini saya akan berikan kiat khusus dan trik untuk menjadi juara di OSN tahun depan. Ingat ya, info OSN biasa muncul di Januari - Februari.

Saya akan berikan tips untuk menjadi juara OSN Geografi di tahun depan.
1. Download Soal-Soal OSN Sejak Awal
Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menyiapkan soal sebanyak mungkin.  Unduh soal-soal OSN Kota/Kab sampai Provinsi minimal 5 tahun ke belakang.

Coba kuasai dam pahami pola soal dan kunci pembahasannya. Bukan hanya kunci ya, tapi pembahasan konsep yang muncul di setiap opsi jawaban.

Saya sudah pernah bahas hal ini di youtube Guru Geografi. Petakan soal dari tipe mudah ke paling sulit.

2. Siapkan Buku Catatan Pribadi
Jangan harap jadi juara kalau gak punya buku catatan rangkuman materi geografi sendiri. Ingat, 50% materi akan otomatis tertancap di otak jika belajar kamu dibarengi dengan menulis. Jadi yang malas menulis sorry tp say goodbye aja, mimpi di siang bolong mau juara.

3. Catat Fenomena Kekinian
Di soal geografi, sering muncul tentang fenomena geosfer kekinian biasanya 1 tahun terakhir. Cari dan catat semuanya, entah itu siklon, erupsi, banjir rob, atau apa saja. Diskusikan dan cari sumber jawaban terakurat bersama pembimbing atau teman kamu. 

Kalau misal fenomena terkait meteorologi, maka kamu bisa baca-baca teorinya di web BMKG. 

4. JANGAN LAST MINUTE
Nah ini kebiasaan orang Indo banget, rame belajar kalau mau ujian besoknya. Gak akan mungkin kamu bisa menguasai materi sebanyak yang ada di silabus OSN hanya dalam waktu seminggu atau sehari.

Jadi persiapkan dari sekarang, niatkan sungguh-sungguh untuk berkompetisi maksimal. Juara Piala Dunia saja bertarungnya habis-habisan untuk jadi juara. Maka gak ada alasan kita tidak melakukan hal yang sama.

5. Kuasai Landmark Dunia
Beberapa soal Geografi sering mencantumkan wilayah-wilayah atau lamdmark terkenal atau bahkan unik di dunia. Tugas kamu untuk mencari tahu tentang hal tersebut. Contohnya ada soal tentang Situs Petra, Danau Aral, Negara Nauru dan lainnya. 

Seperti misal tahun ini ada Piala Dunia di Qatar, maka bisa jadi ada soal muncul tentang geografis, budaya, ekonomi atau wisata di Qatar. Cari tahu materinya di google.

Untuk baca contoh pembahasan soal OSN Geografi silahkan cek di menu search pojok kanan atas, ketik saja pembahasan OSN, nanti muncul banyak. Selamat berlatih, jangan menyesal di akhir. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close