CPC Blog/Web Turun Drastis di Awal Tahun, Normalkah? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Januari 13

CPC Blog/Web Turun Drastis di Awal Tahun, Normalkah?

Awal tahun ini seperti biasa para blogger biasa mengeluh mengenai CPC blog yang anjlok, apalagi blog berbahasa Indonesia.

CPC blog Indonesia memang terkenal lebih kecil dibandingkan negara lain, ditambah lagi jika bukan high paying keyword. Lalu apa sih penyebab dari anjloknya CPC blog saat awal tahun?.

Jawabannya adalah normal saja, dan nanti perlahan di triwulan kedua berjalan biasanya akan kembali bergerak naik.

Dalam dunia adsense dikenal istilah advertiser dan publisher. Advertiser adalah pihak pengiklan dan publisher adalah penampil iklan seperti kita para blogger.

Nah di awal tahun ini biasanya para advertiser belum panas dan masih menyusun anggaran dana untuk iklan dalam satu tahun ini. Jadi mereka tidak akan jor-joran untuk mematok harga iklan tinggi dulu.

Para advertiser akan mulai menaikan harga iklan setelah mengamati pola perilaku market di triwulan pertama biasanya. CPC Blog akan naik drastis di triwulan terakhir.

Jadi bagi para blogger Indonesia, jika di bulan Januari ini CPC kalian drop (seperti punya saya juga) jadi bersabarlah sejenak.

Gunakan waktu saat awal tahun ini untuk membaca peluang dan strategi pengembangan blog kedepannya. Meratapi CPC blog di awal tahun hanya akan membuat anda stres.

Niche blog seperti pendidikan terutama memang pasti akan sangat ngenes karena CPC nya relatif kecil dibandingkan niche HPK macam asuransi, otomotif atau kesehatan.

Ingat kembali bahwa tujuan kita ngeblog untuk apa, kalau hanya sekedar mencari adsense memang akan terus terbebani.

Fokuslah memberikan konten positif kepada pembaca, dan jika trafik sudah banyak dan pengunjung suka maka uang akan datang dengan sendirinya. Salam.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close