Faktor Perbedaan Insolasi di Permukaan Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Januari 14

Faktor Perbedaan Insolasi di Permukaan Bumi


Insolasi berasal dari kata "solar" yaitu matahari, jadi insolasi artinya level intensitas panas yang diterima permukaan bumi. Materi insolasi ini sering muncul di soal OSN Geografi sub topik tentang dinamika iklim.

Nah, insolasi yang diterima permukaan bumi itu bervariasi diakibatkan oleh pengaruh derajat kemiringan sumbu rotasi bumi dan eksentrisitas lintasan planet bumi.  Eksentrisitas bumi bernilai 0,0167 bukan bulat sempurna atau nol. Maka ada kalanya bumi berada jauh dari matahari dan dekat dengan matahari. Ilustrasi eksentrisitas bumi ada di bawah.

Insolasi dapat digambarkan sebagai energi matahari yang masuk yang mencapai atmosfer dan permukaan bumi. Energi ini dilepaskan dari matahari dalam gelombang pendek dan bergerak melalui ruang angkasa hingga mencapai atmosfer luar bumi (Termosfer) dari mana ia dapat diserap, dipantulkan, atau diteruskan langsung ke permukaan bumi. 

Jadi tidak semua energi matahari yang masuk ke bumi itu diterima oleh permukaan bumi, tapi ada yang dikembalikan lagi, hilang, dipantulkan awan dan lainnya. Diagram persentase insolasi di bawah.

Beberapa radiasi yang diserap mencapai permukaan bumi sebagai radiasi menyebar tetapi secara total hanya 46% dari energi yang diterima di atmosfer luar diterima oleh permukaan bumi. Ini dikenal sebagai kaskade energi matahari tetapi tidak konstan selama periode waktu yang berbeda juga tidak konstan untuk lokasi yang berbeda di seluruh dunia.

Wilayah ekuator menerima insolasi rata-rata tertinggi sepanjang tahun dibandingkan wilayah lain seperti substropis dan kutub. Di belahan bumi utara dan selatan tentu level insolasi bervariasi mengikuti gerak semu tahunan matahari. Gambar gerak semu tahunan bisa dilihat di bawah ini.

Pada 21 Juni tepat Summer Soltice atau matahari tepat berada di titik balik utara (Tropic of Cancer) jadi bumi utara mendapatkan insolasi maksimum dibanding selatan dan kutub selatan tidak menerima sama sekali insolasi sementara kutub utara mendapat matahari sampai ketinggian horison mata kita.

Setelah itu matahari kembali bergerak ke tengah dan di 23 September berada di titik ekuator. Fenomena ini dinamakan juga ekuinoks. Ekuinoks adalah fenomena ketika kedudukan Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Fenomena ini juga ditandai dengan Matahari yang terbit dan tenggelam tepat di posisi timur dan barat. Oleh sebab itu, panjang siang dan malam sama-sama 12 jam. 

Di posisi ekuinoks ini wilayah ekuator sedang puncak-puncaknya menerima insolasi matahari alias maksimum. Pada saat ekuinoks September belahan bumi utara sedang musim gugur sementara belahan bumi selatan sedang musim semi.

Lalu matahari akan tepat berada di garis balik selatan (Tropic of Capricorn) pada 22 Desember. Maka belahan bumi selatan akan mengalami insolasi maksimum sementara belahan bumi utara minimum. Lalu matahari kembali berjalan balik ke utara dan kembali di ekuator pada 23 Maret dan menuju garis balik utara di 21 Juni. 

Di sisi lain karena faktor kelengkungan bumi, maka area yang menerima panas matahari akan bervariasi sesuai dengan posisi bumi sesuai gerak semu tahunan matahari di atas yang sudah dijelaskan.

Seperti yang Anda di bawah karena kurva Bumi, sinar matahari Insolasi yang mengenai Bumi pada garis lintang yang lebih tinggi harus menyebar ke area permukaan yang lebih besar daripada yang mencapai Khatulistiwa.

Dengan demikian maka akan menurunkan jumlah Insolasi per km persegi di garis lintang yang lebih Utara dan Selatan. Selain itu, karena insolasi mengenai atmosfer pada sudut yang lebih besar di garis lintang yang lebih utara dan selatan, ia memiliki lebih banyak atmosfer untuk dilalui meskipun atmosfer bawah (troposfer) lebih tebal di ekuator dibanding di wilayah kutub. 

Dampaknya adalah akan lebih banyak hamburan dan penyerapan di lintang tinggi sehingga mengurangi level insolasi. Gambar contoh bagaimana variasi sudut insolasi di ekuator dan di wilayah lintang tinggi ada di bawah.

Bagaimana sudah mulai paham tentang konsep insolasi di permukaan bumi?. Jangan lupa like dan share postingan blog ini ke teman-teman kamu ya!. 

Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/58/Earth_tilt_animation.gif/640px-Earth_tilt_animation.gif
https://quizlet.com/ca/350367196/the-atmosphere-the-sun-diagram/
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close