Data Penting Dalam Penilaian Kerja Kepala Sekolah [PKKS] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Januari 18

Data Penting Dalam Penilaian Kerja Kepala Sekolah [PKKS]


Penilaian Kerja Kepala Sekolah adalah kegiatan evaluasi kinerja kepala sekolah selama menahkodai sekolah dalam satu tahun.

Tentunya kepala sekolah akan disbukan dengan berbagai data yang harus ditampilkan dan dipertanggungjawabkan selama presentai di depan pengawas.

Kegiatan PKKS ini sangat penting bagi sekolah sebagai monitoring dan rencana pengembangan sekolah ke depannya.

Lalu apa saja data yang harus disiapkan sebelum melakukan penilaian kinerja kepala sekolah?. Berikut ini pengalaman saya selama menemani pelaksanaan PKKS di sekolah.

1. Data Profil Sekolah Lengkap
2. Data Kegiatan Diseminasi Kepala Sekolah
3. Data Tim Pengembang Kurikulum Sekolah
4. Data Inovasi Kegiatan Sekolah 
5. Program Sekolah

Untuk data profil sekolah lengkap tentunya ini sudah ada di bagian operator. Saya yakin ini tidak akan terlalu bermasalah, tinggal cari di database dapodik.

Kemudian yang lainnya adalah data pengembangan diri kepala sekolah yang dibuktikan dengan sertifikat, surat undangan, rundown materi dan foto saat pelaksanaan. Misalnya kepala sekolah menjadi narasumber dalam diseminasi pengajar praktik atau apa gitu. Nah semuanya harus ada data pendukung, jangan asbun aja karena pengawas akan meminta data tersebut untuk dilaporkan ke dinas.

Kemudian di sekolah harus adalah istilah tim pengembang sekolah yang terdiri atas beberapa guru yang ditunjuk kepala sekolah. Tim Pengembang ini yang akan berkolaborasi untuk mengembangkan kurikulum dan kegiatan sekolah dari tahun ke tahun. Harus ada SK nya, nama ketua tim pengembang dan program kerjanya. 

Data inovasi kegiatan sekolah adalah, program yang tadinya tidak ada di tahun lalu tapi di tahun ini ada dan dibuktikan dengan foto, atau dokumen program kerja. Contohnya apa pak?. Misalnya dulu tidak ada program pembinaan OSN berkelanjutan, nah tahun ini diadakan. Dibuktikan dengan adanya proposal, jadwal, dan tujuan program. 

Atau misalnya dulu tidak ada program peduli lingkungan, tahun ini ada dengan berbagai kegiatan seperti membuat kebun sekolah, hidroponik dan lainnya. 

Kemudian kepala sekolah juga harus membuktikan adanya program kerja jangka pendek, menengah, panjang sekolah. Program ini tertuang dalam laporan yang terdiri atas kata pengantar, pendahuluan, tujuan hingga deskripsi lengkap program kerja. Notulen, dokumentasi dan presensi rapat.

Tidak dipungkiri banyak kepala sekolah yang masih malas membuat contoh-contoh di atas, jadinya saat pelaksanaan PKKS jadi bingung dan ngomongnya ngalor ngidul. 

Jadi jika anda kepala sekolah yang baik maka buatlah program kerja sekolah sesuai panduan yang diberikan oleh dinas pendidikan. Suntikan inovasi yang anda punya ke dalam program kerja yang tertuang jelas di dokumen kerja anda.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close