Tips Mencari dan Memilih Judul Penelitian Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Januari 6

Tips Mencari dan Memilih Judul Penelitian Geografi


Di semester genap ini tentunya anak-anak kelas 10 sudah harus belajar bagaimana menjadi seorang peneliti geografi. Dasar-dasar mengenai penelitian harus dipahami dan nantinya akan menjadi bagian dari proses untuk memecahkan masalah geosfer.

Seringkali saat guru memberikan tugas proyek penelitian kecil pada siswa maka seketika mereka bingung harus bagaimana mencari judul penelitian. Benar kan?.

Darimana kita bisa mengetahui judul penelitian geografi?. Mengapa saya sulit membuat judul penelitian?. Ya ini pertanyaan lumrah bagi siswa kelas 10, bahkan mahasiswa sekalipun. Jadi kuncinya adalah membiasakan diri untuk berlatih perlahan.

Sebelum saya berikan tips mencari judul penelitian geografi yang relevan saat ini, siswa harus paham dulu bahwa dalam membuat karya tulis/penelitian itu ada metode yang harus dipahami. Ada yang hanya menggunakan metode pustaka saja, ada yang harus menarik sampel lalu diuji dengan kuesioner, sampai dengan eksperimen.

Nah untuk level awal, siswa itu sebenarnya cukup menggunakan metode pustaka saja. Artinya pertanyaan penelitian yang kalian buat akan dijawab dengan mencari sumber pustaka yang relevan. Kalian tidak harus pergi ke lapangan untuk wawancara atua sebar kuesioner.

Untuk level dasar, maka cobalah untuk menggunakan studi pustaka saja. Yang paling penting adalah bagaimana kalian mampu menjawab pertanyaan sesuai kaidah penelitian dari mulai membuat latar belakang, tujuan, rumusan masalah, kajian teori sampai pembahasan dan simpulan.

Itulah sebenarnya makna dari kalian belajar metode penelitian geografi di kelas 10 yaitu kalian mampu memahami dan mempraktikkan langkah-langkah urutan penelitian dari awal sampai akhir sesuai kaidah yang berlaku. Untuk teorinya silahkan cek di buku tulis, cek di youtube dan lainnya pasti banyak.

Nah kembali ke judul, bagaimana saya bisa mendapatkan judul penelitian geografi?. Caranya adalah dengan banyak mengamati/observasi hal-hal yang ada di sekitar kalian. Ingat bahwa kajian geografi itu luas bisa seputar fenomena fisikal dan fenomena manusia/budaya.

Kalian coba pahami dulu, saya itu kira-kira lebih tertarik untuk meneliti fenomena alam atau seputar manusia/dinamika kota/budaya misalnya. Kalau sudah tahu minat kalian maka akan lebih mudah untuk mencari fenomena terkait. Selain itu kalian juga harus rajin membaca dan menulis supaya saat dapat ide langsung bisa ditulis agar mudah diingat.

Berikut ini saya berikan contoh judul penelitian yang bisa dijadikan referensi anak geografi. Untuk rumusan pertanyaan penelitian bisa nanti dibuat sendiri sambil diskusi dengan guru atau teman. 

Fenomena Fisikal
1. Pengaruh Cuaca Iklim Terhadap Pola Pertanian 
2. Faktor Perubahan Pola Musim di Indonesia
3. Kota-Kota Yang Terancam Tenggelam di Jawa

Fenomena Sosial
1. Pengaruh Kemacetan dan Tingkat Stress Pelajar
2. Kaitan Kerifan Lokal dan Konservasi Tanah
3. Dampak Pandemi Covid Terhadap Prestasi Belajar Siswa 
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close