Geografi Negara Pecahan Yugoslavia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 21

Geografi Negara Pecahan Yugoslavia

Sebagai sebuah negara resmi, Yugoslavia relatif berumur pendek. Untuk sebagian besar periode antara tahun 1918 dan akhir Perang Dunia II, negara ini dikenal sebagai Kerajaan Yugoslavia, tetapi kemudian direorganisasi sebagai Republik Federal Sosialis setelah kemenangan Sekutu pada tahun 1945.

Dari akhir perang hingga tahun 1992, negara ini terdiri dari enam republik sosialis dan dua daerah otonom. Sebelum pecah, Yugoslavia memiliki populasi lebih dari 21 juta jiwa dan merupakan salah satu negara paling makmur di Eropa Timur. 

Saat ini, keenam republik tersebut telah terpecah menjadi beberapa negara merdeka, dengan Serbia sebagai negara terbesar. Yugoslavia terkenal dengan keragaman etnis dan agamanya, yang masih menjadi ciri khas wilayah Balkan hingga saat ini, bahkan setelah terjadi pergeseran perbatasan dan konflik nasionalis pada tahun 1990-an.
Peta eks Yugoslavia

Serbia
Beograd, ibu kota Serbia modern, dulunya juga merupakan ibu kota Yugoslavia. Terletak di sepanjang Sungai Danube yang terkenal, kota ini tetap menjadi kota terbesar di wilayah ini, dan dikenal dengan kehidupan malamnya yang ramai dan suasana yang ramah terhadap wisatawan.

Novi Sad, kota kedua di Serbia, juga menarik perhatian dunia karena menjadi tuan rumah Festival Exit tahunan yang menarik hampir 200.000 pengunjung. Satu fakta yang tidak banyak diketahui tetapi penting tentang Serbia adalah bahwa negara ini merupakan salah satu penghasil raspberry terpenting di dunia. Meskipun luas wilayahnya jauh lebih kecil, hanya Rusia, Polandia, dan Amerika Serikat yang memproduksi lebih banyak.

Kroasia
Dengan populasi sekitar empat juta jiwa, Kroasia merupakan negara terbesar kedua yang berasal dari bekas negara Yugoslavia. Pada tahun 2013, Kroasia bergabung dengan Uni Eropa, dan pada tahun 2018 menjadi runner-up di Piala Dunia FIFA di Russia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kroasia telah menjadi tujuan wisata yang penting, dengan jutaan orang datang untuk melihat pantai-pantainya yang mengesankan dan arsitektur Romawi kuno. Banyak dari turis tersebut pergi ke tempat-tempat di Pantai Dalmatian, yang memiliki nama yang sama dengan jenis anjing yang terkenal. Menariknya, kota Split di Kroasia adalah rumah bagi sphinx Mesir kuno, yang dibawa oleh Kaisar Romawi sekitar tahun 300 Masehi.

Dengan populasi sekitar empat juta jiwa, Kroasia merupakan negara terbesar kedua yang berasal dari bekas negara Yugoslavia. Pada tahun 2013, Kroasia bergabung dengan Uni Eropa, dan pada tahun 2018 menjadi runner-up di Piala Dunia FIFA.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kroasia telah menjadi tujuan wisata yang penting, dengan jutaan orang datang untuk melihat pantai-pantainya yang mengesankan dan arsitektur Romawi kuno. Banyak dari turis tersebut pergi ke tempat-tempat di Pantai Dalmatian, yang memiliki nama yang sama dengan jenis anjing yang terkenal. Menariknya, kota Split di Kroasia adalah rumah bagi sphinx Mesir kuno, yang dibawa oleh Kaisar Romawi sekitar tahun 300 Masehi.

Slovenia
Slovenia adalah salah satu republik kecil pecahan dari Yugoslavia, tetapi juga yang paling makmur. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004, dan sejak saat itu mendapatkan reputasi sebagai salah satu permata tersembunyi di Eropa, baik untuk anggur dan resor ski yang luar biasa.

Bersama dengan negara-negara Skandinavia, Slovenia juga termasuk di antara negara-negara yang paling ramah lingkungan di Eropa. Hal ini, sebagian, karena negara ini dikenal dengan alamnya yang masih asli, karena lebih dari separuh wilayahnya tertutup hutan. Bahkan ada daerah pantai yang berbatasan dengan Italia, meskipun panjangnya hanya 46 kilometer.

Bosnia dan Herzegovina
Bosnia dan Herzegovina, adalah salah satu negara modern paling kompleks di Eropa. Setelah Yugoslavia runtuh, tiga kelompok etnis utama di negara ini mulai bertikai untuk memperebutkan kendali atas wilayah yang menjadi konflik paling serius di Eropa sejak Perang Dunia II.

Sebagai bagian dari perjanjian perdamaian, saat ini Bosnia beroperasi sebagai dua negara dengan dua pemerintahan yang terpisah. Sebelum perang, Sarajevo, ibu kota Bosnia, menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada tahun 1984 dan memberikan kesan yang baik bagi dunia. Seperti negara tetangganya, Kroasia dan Montenegro, Bosnia memiliki garis pantai di Laut Adriatik, tetapi hanya sepanjang 20 kilometer.

Makedonia
Dengan populasi sekitar dua juta jiwa, Makedonia adalah salah satu negara kecil di Eropa. Pada tahun 1963, saat masih menjadi bagian dari Yugoslavia, gempa bumi dahsyat menghantam Skopje, ibu kotanya, dan meruntuhkan sebagian besar bangunan.

Kota ini dibangun kembali melalui kolaborasi internasional, memberikan perpaduan gaya arsitektur yang menarik. Makedonia juga merupakan rumah bagi Danau Ohrid, yang merupakan salah satu danau tertua dan terdalam di Eropa. Kota Ohrid terkadang disebut sebagai Yerusalem Balkan karena ratusan gereja dan biara yang ada di sana, beberapa di antaranya berasal dari umat Kristen paling awal di Eropa.

Montenegro
Montenegro, yang dikenal dalam bahasa lokal sebagai Gunung Hitam, adalah negara terkecil yang berasal dari bekas negara Yugoslavia. Populasinya yang berjumlah 620.000 jiwa juga menjadikannya salah satu negara terkecil di Eropa.

Setelah Yugoslavia runtuh, Montenegro adalah negara terakhir yang tersisa yang melanjutkan persatuan politik sukarela dengan Serbia, tetapi memilih untuk melepaskan diri pada tahun 2006 meskipun memiliki kesamaan bahasa dan budaya yang signifikan. Negara ini terkenal dengan medannya yang terjal, termasuk Ngarai Tara, yang terbesar di Eropa. Montenegro juga merupakan rumah bagi salah satu dari satu-satunya hutan tua yang tersisa di Eropa.

Kosovo
Meskipun secara resmi masih diklaim oleh Serbia, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 2008 setelah perjuangan militer dengan Serbia dan sejak saat itu telah diakui oleh lebih dari separuh negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bagi mereka yang mengakuinya, Kosovo dikenal sebagai negara termuda di Eropa. Meskipun belum dikenal sebagai tujuan wisata utama, Kosovo memiliki beberapa resor ski yang menarik dan telah menjadi tujuan pendakian yang populer di kalangan mereka yang mencari petualangan. Meskipun statusnya dengan Serbia masih terus dinegosiasikan, Kosovo secara resmi memainkan pertandingan kualifikasi UEFA untuk pertama kalinya pada tahun 2017. Kosovo juga memiliki penerbangan langsung ke beberapa negara di Eropa Barat dari ibu kotanya, Pristina.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close