Pembahasan Kunci OSK Geografi 2014 No 21-25 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 21

Pembahasan Kunci OSK Geografi 2014 No 21-25

Halo teman, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban OSK Geografi 2014. Jangan lupa untuk selalu pantengin blog ini dan share ke medsos kalian.

Sering-seringlah juga untuk memahami lokasi-lokasi negara dan lanskap dunia di google map atau google earth.

21. Proses yang melarutkan batuan membentuk bentang alam karst biasa terjadi pada:
a. Basalt
b. Batupasir
c. Batugamping
d. Tuf
e. Sabak

Kunci
Karst adalah jenis lanskap di mana pelarutan batuan dasar telah menciptakan lubang runtuhan, sungai yang tenggelam, gua, mata air, dan fitur karakteristik lainnya. Karst diasosiasikan dengan jenis batuan yang mudah larut seperti batu kapur/gamping, marmer, dan gipsum.

22. Suatu daerah relatif datar dengan jenis batuan sejenis, umumnya akan membentuk pola aliran sungai:
a. Sejajar (paralel)
b. trelis
c. radial
d. dendritik
e. rektangular

Kunci
Pastinya pola dendritik ya kawan-kawan. Pola drainase dendritik adalah bentuk yang paling umum dan terlihat seperti pola percabangan akar pohon. Pola ini berkembang di daerah yang didasari oleh material yang homogen. Artinya, geologi bawah permukaan memiliki ketahanan yang sama terhadap pelapukan sehingga tidak ada kontrol yang jelas terhadap arah yang diambil oleh anak sungai.

23. Pola aliran sungai anular biasanya terjadi pada:
a. gunung api muda
b. kubah yang tererosi
c. perbukitan lipatan
d. dataran aluvial
e. lereng sesar

Kunci
Pola annular, juga dikenal sebagai 'pola melingkar' terbentuk ketika anak sungai dari aliran utama berkembang dalam bentuk lingkaran. Pola sungai annular berkembang di atas gunung kubah yang sudah matang dan dibedah, yang dicirikan oleh serangkaian pita-pita batuan keras dan lunak yang bergantian.
Pola sungai annular

24. International Geography Olympiad 2015 akan diselenggarakan di Moskwa, Rusia. Manakah kota yang kurang lebih memiliki garis lintang yang sama dengan kota Moskwa?
a. Kopenhagen, Denmark
b. Roma, Italia
c. Madrid, Spanyol
d. Istanbul, Turki
e. St. Petersburg, Rusia

Kunci
Kopenhagen, Denmark, dan Edinburgh, Skotlandia. Ketiga kota tersebut berada pada 55 derajat lintang utara sama seperti Moskwa.

25. Manakah yang bukan merupakan bekas konstituen Republik Federasi Sosialis Yugoslavia?
a. Kroasia
b. Slovenia
c. Slowakia
d. Serbia
e. Makedonia

Kunci
Yugoslavia merupakan negara di Eropa yang kini telah pecah menjadi beberapa negara (Slovenia, Kroasia, Makedonia Utara, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, Serbia, Kosovo).

Pecahnya negara Yugoslavia disebabkan oleh serentetan gejolak dan konflik politik pada awal tahun 1990-an. Mengikuti krisis politik pada tahun 1980-an, republik anggota dari Republik Federal Sosialis Yugoslavia terpecah belah, tetapi masalah-masalah yang tak tertangani mengakibatkan perang antaretnis Yugoslavia yang sengit. Jadi Slowakia bukan negara bekas Yugoslavia tapi Cekoslwakia.
Negara pecahan Yugoslavia

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close