Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 1-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Maret 31

Pembahasan Simulasi OSK Kebumian 2023 No 1-10


Halo gaes, kali ini kita bahas soal hots simulasi OSK Kebumian 2023 ya, pastikan untuk pantengin terus blog ini.

Tetap semangat belajar dan jangan menyerah sebelum bertanding. Jangan lupa share postingan ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian.

Pembahasan soal ini saya urut dari nomor belakang, karena kalau bagian astronomi itu lebih sulit. Silahkan disimak dan dipelajari seksama.

1. Termasuk massa udara apakah kondisi massa udara yang hangat, kering, tidak stabil/stabil bersyarat dan biasanya berasal dari gurun Australia atau Sahara?
a. continental tropical (cT)
b. continental subtropical (cST)
c. maritime tropical (mT)
d. maritime subtropical (mST)
e. continental Polar (cP)

Kunci
Massa udara yang hangat, kering, tidak stabil / stabil bersyarat dan berasal dari daerah gurun seperti Australia atau Sahara disebut sebagai massa udara kontinental tropis (cT). Massa udara cT cenderung membawa cuaca yang cerah, kering, dan panas, karena terbentuk di daerah yang kering dan panas. Ketika massa udara cT bertemu dengan massa udara dingin, ini dapat menyebabkan badai petir dan hujan lokal yang kuat. Massa udara cT dapat mempengaruhi iklim di sebagian besar Amerika Utara selama musim panas.

2. Anda melihat pada barometer dan mengamati bahwa tekanan udara menurun dengan cepat. Jenis cuaca yang biasanya terjadi pada kondisi tersebut adalah ....
a. kabut
b. gerimis
c. langit berawan sebagian
d. cuaca cerah
e. thunderstrom

Kunci
Jawaban yang tepat adalah e. thunderstorm.

Penurunan tekanan udara yang cepat biasanya menandakan adanya badai atau thunderstorm yang akan datang. Hal ini disebabkan karena penurunan tekanan udara disebabkan oleh perubahan kondisi udara di atmosfer yang mungkin memicu pembentukan awan-awan gelap dan awan petir yang selalu dikaitkan dengan badai.

3. Clouds that are made of ice crystal due to the cold air in the upper sky and usually has the base of a cloud above the surface can be anywhere. In the tropics from 6.000-18.000 m and ini the polar regions  
from 3.000-8.000m are called ....
a. cumulus
b. stratus
c. cirrus
d. alto stratus
e. nimbus

Kunci
The clouds that are made of ice crystal due to the cold air in the upper sky and usually have the base of a cloud above the surface, and can be found anywhere, including in the tropics from 6.000-18.000 m and in the polar regions from 3.000-8.000m, are called cirrus clouds.

Therefore, the correct answer is c. cirrus.

Cumulus clouds are puffy clouds that usually have flat bottoms and look like cotton. Stratus clouds are low-level clouds that are flat and featureless. Altostratus clouds are gray or blue-gray mid-level clouds that often cover the entire sky. Nimbus clouds are rain-bearing clouds that are typically dark and shapeless.

4. Saat radiosonde bergerak naik, data parameter atmosfer apakah yang akan langsung diberikan?
a. tekanan, temperatur dan kelembaban relatif
b. tekanan, temperatur dan temperatur titik embun
c. nilai stabilitas, temperatur titik embun dan kelembaban relatif
d. kecepatan angin, temperatur dan mixing ratio
e. geser angin (wind shear), suhu dan kelembaban absolut

Kunci
Saat radiosonde bergerak naik, data parameter atmosfer yang akan langsung diberikan adalah tekanan, temperatur, dan kelembaban relatif.

Jadi, jawaban yang benar adalah a. tekanan, temperatur dan kelembaban relatif. Radiosonde adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur parameter atmosfer seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan kecepatan angin saat instrumen tersebut diangkut oleh balon udara yang naik ke atmosfer. Ketika radiosonde bergerak naik, parameter atmosfer seperti tekanan, temperatur, dan kelembaban relatif akan langsung terukur dan diberikan secara real-time melalui pemancar radio yang terdapat pada instrumen tersebut. Parameter lainnya seperti kecepatan angin dan mixing ratio kemungkinan akan diukur dan dilaporkan pada titik-titik tertentu saat radiosonde naik dan turun melalui lapisan atmosfer yang berbeda.

5. Proses adiabatik adalah proses dimana tidak ada energi yang masuk atau keluar dari sistem. Contoh proses adiabatik di atmosfer adalah ....
a. pemanasan/pendinginan radiatif
b. kenaikan plumes konvektif
c. pemanasan/pendinginan permukaan
d. kehilangan air lewat presipitasi
e. penambahan air dari evaporasi presipitasi yang jatuh

Kunci
Proses adiabatik adalah proses dimana tidak ada energi yang masuk atau keluar dari sistem. Contoh proses adiabatik di atmosfer adalah kenaikan plumes konvektif.

Jadi, jawaban yang benar adalah b. kenaikan plumes konvektif. Saat udara panas dan lembab naik ke atas, tekanan atmosfer menurun, dan udara itu akan mengembang dan mendingin. Kondensasi dapat terjadi saat kelembaban relatif mencapai 100%, dan awan terbentuk. Proses ini disebut adiabatik karena tidak ada energi yang masuk atau keluar dari sistem selama kenaikan udara. Contoh lain dari proses non-adiabatik adalah pemanasan/pendinginan radiatif dan pemanasan/pendinginan permukaan, karena energi panas dapat memasuki atau meninggalkan sistem selama proses tersebut.

6. Proses pergerakan udara ke atas yang disebabkan oleh pemanasan permukaan disebut ...
a. adveksi
b. konveksi
c. konvergensi
d. konduksi
e. turbulensi

Kunci
Proses pergerakan udara ke atas yang disebabkan oleh pemanasan permukaan disebut konveksi.

Jadi, jawaban yang benar adalah b. konveksi. Konveksi adalah pergerakan massa udara yang diakibatkan oleh pemanasan yang tidak merata di permukaan bumi. Ketika udara di atas permukaan bumi dipanaskan oleh sinar matahari, maka udara tersebut menjadi lebih panas dan kurang padat. Udara panas dan kurang padat tersebut kemudian naik dan digantikan oleh udara dingin yang lebih padat. Proses ini dikenal sebagai konveksi, dan dapat menyebabkan pembentukan awan dan turunannya. Adveksi adalah pergerakan massa udara secara horizontal, konvergensi adalah pergerakan udara yang saling bertemu, konduksi adalah perpindahan panas melalui material dan turbulensi adalah pergerakan massa udara yang tidak teratur.

7. Manakah kondisi di bawah ini yang paling tepat untuk meggambarkan cuaca yang terbentuk di lintang kuda atau horse latitude?
a. cuaca cerah, angin tenang, sedikit hujan
b. cuaca cerah, angin kencang, banyak hujan
c. cuaca cerah, angin tenang, banyak hujan
d. cuaca berawan, angin tenang, sedikit hujan
e. cuaca berawan, angin tenang, banyak hujan

Kunci
Kondisi yang paling tepat untuk menggambarkan cuaca yang terbentuk di lintang kuda atau horse latitude adalah cuaca cerah, angin tenang, sedikit hujan.

Jadi, jawaban yang benar adalah a. cuaca cerah, angin tenang, sedikit hujan. Lintang kuda adalah daerah di antara 30 derajat dan 35 derajat lintang di belahan bumi utara dan selatan. Di daerah ini, angin cenderung tenang dan cuaca cenderung cerah, tetapi masih ada kelembaban yang cukup untuk menghasilkan sedikit hujan atau kondensasi pada malam hari. Cuaca yang terbentuk di lintang kuda dipengaruhi oleh penurunan suhu yang terjadi karena udara di daerah ini turun dan menjadi lebih padat. Hal ini menyebabkan kelembaban udara menurun dan menjadikan cuaca yang cenderung cerah dan kering.

8. Dalam peta sinoptik, garis yang menghubungkan titik-titik dengan nilai temperatur titik embun yang sama disebut garis ...
a. thermomap
b. isallobar
c. isotherm map
d. isodrosotherms
e. isodewmap

Kunci
Dalam peta sinoptik, garis yang menghubungkan titik-titik dengan nilai temperatur titik embun yang sama disebut garis isodewmap.

Jadi, jawaban yang benar adalah e. isodewmap. Garis isodewmap digunakan untuk menunjukkan daerah dengan kelembaban relatif yang sama, yaitu daerah di mana udara memiliki kelembaban yang sama pada suhu tertentu. Hal ini penting dalam meteorologi karena daerah dengan kelembaban yang sama dapat membantu dalam memprediksi di mana awan dan presipitasi mungkin terbentuk. Thermomap adalah peta yang menunjukkan distribusi temperatur di suatu wilayah, isallobar adalah garis yang menghubungkan titik-titik dengan nilai tekanan atmosfer yang sama pada waktu tertentu, isotherm map adalah peta yang menunjukkan distribusi suhu di suatu wilayah, dan isodrosotherms adalah garis yang menghubungkan titik-titik dengan kecepatan angin relatif yang sama pada waktu tertentu.

9. Dalam peta sinoptik, pada suatu titik lokasi stasiun cuaca dapat diberi simbol-simbol yang menunjukkan kondisi cuaca di wilayah tersebut. Simbol berupa tiga bulatan hitam dan posisinya di sebelah kiri bawah menunjukkan adanya ....
a. hujan ringan
b. hujan sedang
c. hujan lebat
d. awam kumulus
e. cuaca cerah

Kunci
Simbol tiga bulatan hitam dan posisinya di sebelah kiri bawah dalam peta sinoptik menunjukkan adanya hujan ringan.

Jadi, jawaban yang benar adalah a. hujan ringan. Simbol-simbol dalam peta sinoptik digunakan untuk menggambarkan kondisi cuaca di suatu wilayah. Simbol tiga bulatan hitam menunjukkan adanya presipitasi. Posisi dari simbol tersebut menunjukkan jenis presipitasi yang terjadi. Simbol tersebut berada di sebelah kiri bawah dan terdiri dari tiga bulatan hitam yang disusun secara vertikal. Hal ini menunjukkan adanya hujan ringan pada wilayah yang diberi simbol tersebut. Jika hanya terdapat satu atau dua bulatan, maka dapat menunjukkan adanya hujan sedang atau hujan lebat. Sedangkan, awan kumulus dan cuaca cerah biasanya ditunjukkan oleh simbol lain yang berbeda.

Cek keterangannya di bawah ini.

10. Lapisan tanah atau batuan disebut sebagai akuifer yang baik apabila memiliki ....
a. permeabilitas tinggi, porositas rendah
b. permeabilitas tinggi, porositas tinggi
c. permeabilitas rendah, transmisivitas rendah
d. permeabilitas rendah, porositas rendah
e. porositas tinggi, transmisivitas rendah

Kunci
Akuifer yang baik harus memiliki permeabilitas tinggi dan porositas tinggi, sehingga jawaban yang benar adalah b. permeabilitas tinggi, porositas tinggi.

Permeabilitas merujuk pada kemampuan suatu material untuk memungkinkan aliran fluida melalui pori-porinya. Sedangkan, porositas merujuk pada proporsi ruang kosong atau pori dalam material terhadap total volume material. Untuk menjadi akuifer yang baik, suatu material harus memiliki pori-pori yang cukup besar dan saluran atau ruang antar-pori yang cukup lebar agar air dapat mengalir dengan mudah melaluinya. Oleh karena itu, permeabilitas dan porositas yang tinggi sangat penting untuk menentukan keefektifan suatu akuifer sebagai sumber air bawah tanah.

Share with your friends

2 komentar

  1. pembahasan sangat bagus dan mudah dipahami tetapi masi kurang lengkap dan belum mencakup semua soal

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca sampai paragraf akhir artikel, nanti ada link lanjutan pembahasan soalnya. terimakasih

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close